Ini Dia Analisa Modal Dan Keuangan Peluang Usaha Cuci Motor

Beberapa kali kami sempat mengulas topik mengenai peluang usaha cuci motor, seperti mengenali tips dalam menyukseskan bisnis cuci motor. Dan kali ini kami akan mencoba mengulas mengenai analisa permodalan dan keuntungan dari peluang usaha cuci motor.

Peluang usaha cuci motor memang masih menjadi salah satu yang menjanjikan saat ini. Tak terkurung oleh persaingan yang ketat, terbukti meski banyak pendatang baru, pasar masih sangat mampu menampakan potensiny untuk menghasilkan keuntungan menjanjikan.

Peluang Usaha Cuci Motor

Ini karena perkembangan konsumen yang juga makin besar. Dari tahun ke tahun pembelian motor baru terus saja berkembang, ini menjadikan jumlah pengguna motor meningkat pesat. Tidak perlu mengambil sampel terlalu jauh, dalam satu keluarga, keluarga Anda misalkan, bisa jadi terdapat 2 – 4 motor. Berbeda dengan kepemilikan mobil yang rata-rata hanya 1 saja untuk satu keluarga.

Dengan disertai fakta lain mengenai semakin bergesernya pola masyarakat menjadi serba praktis dan mudah, kebanyakan orang sudah terlalu repot untuk mencuci sendiri motor mereka disela kesibukan mereka yang padat. Jadilah permintaa atas jasa pencucian motor juga turut berkembang pesat.

Baca juga : Lezatnya Peluang Usaha Murah Dengan Bisnis Mini Burger

Hal ini diamini oleh seorang pelaku usaha pencucian motor di kawasan Tajem Yogyakarta yang mengakui tahun ini permintaan jasa pencucian motor semakin meningkat. Padahal persaingan justru makin ketata, di kawasan ini setidaknya tersedia 5 jasa pencucian motor yang membangun gubuk jasa mereka secara berderet.

Tetapi tak jauh dari deretan tersebut berdiri setidakny 3 gubuk jasa pencucian motor lain yang dibangun terpisah. Ketiga gubuk itu adalah pendatang baru dalam bisnis ini di kawasan tersebut.

Baca juga : Peluang Usaha Home Industri 

Yang menarik, faktanya ke delapan jasa pencucian motor tersebut relatif ramai pengunjung. Apalagi di waktu akhir pekan, kelihatannya itu adalah puncak dari permintaan mereka, karena pada akhir pekan antrian tampak lebih panjang di ruang tunggu.

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana membangun usaha pencucian motor ini? Berapa modal yang Anda perlukan untuk mewujudkan peluang usaha cuci motor ini? Dan seberapa besar estimasi hasil yang bisa Anda harapkan dari peluang usaha cuci motor?

Kami akan mencoba membantu menjawab semua pertanyaan Anda sebagai berikut ini.

Modal awal peluang usaha cuci motor

Sewa lahan                                                         2.500.000
Pembangunan gubuk                                            2.600.000
Instalasi air                                                          400.000             
Peralatan kompresor dan steam                             5.000.000

Total biaya                                                          10.500.000

Biaya sewa lahan untuk peluang usaha cuci motor cenderung miring, karena biasanya hanya berupa lahan kosong tepat di tepi jalan ramai. Kadang beberapa pemilik tanah sengaja mengkavling tanahnya sebagian yang memang berhadapan langsung dengan jalan raya untuk disewakan tahunan.

Dan biasanya sejalan dengan biaya sewa lahan yang miring, biaya renovasi dan pembangunan gubuk juga terbilang miring. Pasalnya di sini bangunan yang perlu Anda siapkan hanya bangunan non permanen dari bambu, kayu dan anyaman.

Kemudian hal signifikan lain yang penting Anda siapkan adalah sebuah instalasi sistem aliran air Biasanya pihak penyedia lahan sudah menyediakan jalur air yang siap Anda jadikan sebuah sistem instalasi air dalam gubuk. Sementara untuk operasional pencucikan maka peran kompresor dan steam untuk penyemprotan air pada motor sangat besar. Sehingga muncul pada biaya, akun biaya bahan bakar untuk bahan bakar kompresor.

Kadang beberapa pelaku usaha cuci motor ini bisa menekan modal awal ketika mengambil alih lahan bekas penggarapan usaha cuci motor lain yang sudah tutup. Sisa gubuk yang sudah dibangun sebelumnya bisa menurunkan biaya pembangunan gubuk. Meski biasanya harga sewa tanah meningkat menjadi kisaran 4 jutaan.

Perhitungan Biaya awal dari peluang usaha cuci motor

Biaya bahan bakar                            400.000
Biaya air                                         250.000
Biaya obat cuci DLL                           250.000
Tenaga kerja 2 orang                      1.600.000
Administrasi                                       50.000

TOTAL                                                   2.550.000

 

Estimasi penjualan

35 konsumen x 5000                       = 175.000

Total 1 bulan                                 = 5.250.000

Estimasi keuntungan                      = 3.300.00

Estimasi pengembalian modal         = 3 bulan

Anda bisa lihat bagaimana prosentasi keuntungan dari peluang usaha cuci motor ini sangat besar, bahkan melebihi angka 50%. Itu sebabnya bisnis ini cenderung cepat balik modal. Modal awalnya juga relatif kecil dan terjangkau. Jadi jelas kan peluang usaha cuci motor memang menjanjikan.

Sumber gambar : www.youtube.com

Pencarian Terkait :

usaha cuci motor, Bisnis Cuci motor, usaha steam motor, modal usaha cuci motor sederhana, analisa usaha cuci motor, hitungan usaha cuci motor, peluang usaha cuci motor, wiraswasta 2016, Usaha pencucian motor, modal usaha cuci motor, usaha cucian motor, modal usaha steam motor, bisnis cucian motor, bisnis steam motor, usaha stea