Ini Dia Inspirasi Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga Paling Menguntungkan

0
272

Membuka sebuah bisnis rumahan ibu rumah tangga sebenarnya tak berbea jauh dengan bisnis model lain. Bilapun ada hal yang perlu menjadi perhatian Anda adalah bahwa dengan mengemban profesi sebagai ibu rumah tangga, ada kondisi-kondisi khusus yang perlu Anda adaptasi dalam bisnis yang akan Anda jalankan.

Demikian pula ketika bisnis ini sudah Anda beri tajuk bisnis rumahan ibu rumah tangga, yang artinya tak hanya bisnis ini dibatasi oleh tugas Anda sebagai ibu rumah tangga, tetapi juga dibatasi oleh ruang lingkup rumahan.

Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga

Konsep dari bisnis rumahan adalah bisnis dimana operasionalnya bisa dimaksimalkan tanpa harus banyak meninggalkan rumah. Artinya baik pengelolaan manajemen sampai pelayanan terhadap konsumen semua dapat Anda rampungan cukup dalam ruang lingkup rumah saja.

Dengan keterbatasan ini, sebenarnya tak lantas membuat bisnis rumaha menjadi usaha yang sempi dan tidak dapat berkembang. Apalagi dewasa ini dunia internet sudah demikian berkembang, sehingga selama kediaman Anda sudah terakses internet dengan memadai, maka bisnis rumahan Anda bisa mecakup pasar potensial yang luas.

Hal lain yang menjadi catatan di sini, sebagai pelaku usaha, Anda sudah diembeli status ibu rumah tang. Artinya sejak awal, Anda sudah berkomitmen menjalankan bisnis rumahan ini dengan tidak meninggalkan kewajiban sebagai ibu rumah tanga. Tidak mustahil memang, bahkan sangat mungkin, karena ada banyak bisnis yang bisa Anda jalankan dengan waktu yang fleksibel, sehingga cukup mampu Anda jalankan beriringan dengan tugas rumah tangga.

Untuk itu, cara terbaik dalam menjalankan bisnis rumahan ibu rumah tangga adalah dengan melihat dan memulai dari sekitar Anda. Atau oleh banyak pakar kerap disebut dengan istilah “mulailah dari dekat”.

Karena dari sanalah Anda nantinya bisa menemukan pasar potensial Anda. Mulai dari tetangga di sekitar Anda atau malah dengan mereka dengan kondisi dan profesi yang sama dengan Anda . Bisa pula berangkat dari bidang atau dunia yang Anda pahami dengan baik.

Seperti kami jelaskan sebelumnya, di era digital seperti sekarang menjalankan bisnis dengan internet itu sangat mungkin. Tetapi satu masalah dalam bisnis online, apapun bidangnya adalah sulitnya membangun dan membina kepercayaan. Dan salah satu cara mutakhir dalam membentuk kepercayaan adalah mulai untuk mendapatkan klien atau konsumen secepat mungkin dan buat konsumen pertama Anda ini terpuaskan.

Dan salah satu cara paling praktis untuk mendapatkan konsumen tercepat adalah dengan membuka penawaran pada tetangga sekitar Anda. Puaskan kebutuhan mereka dan hubungan baik Anda dan tetangga akan memudahkan Anda untuk mendapatkan testimoni awal untuk penawaran online Anda.

Pendapatan yang Anda dapatkan dari penjualan terdekat ini akan menjadi tambahan modal untuk memulai bisnis dengan lebih luas dan professional, baik secara online atau konvensional.

Jadi coba pahami apa yang menjadi kebutuhan atau justru produk apa yang sekiranya mudah menarik minat pasar sekitar Anda. Ada banyak hal yang bisa Anda jajal dengan pemikiran demikian seperti membuka usaha kue dan jajanan anak, kelontong, usaha kerajinan dan makanan homemade, makanan beku dan siap saji serta banyak alternatif lain lagi.

Baca juga : 5 Tips Tepat Temukan Supplier Untuk Pelaku Bisnis Online

Cara lain adalah menemukan ide-ide bisnis dalam sekitaran kehidupan ibu rumah tangga. Anda sebagai ibu rumah tangga jelas memahami dengan baik, apa yang sekiranya Anda butuhkan dan apa yang sekiranya akan menarik minat Anda. Misalkan dengan membuka usaha reseller produk rumah tangga, sprei, produk mainan anak, penjualan produk plastik bebas BPA dan masih banyak lagi.

Pilihan ini akan sangat memudahkan Anda, karena dalam masa promosi Anda bisa memanfaatkan sudut pandang Anda sendiri dalam menemukan konsumen dan mendorong mereka tertarik pada produk yang Anda jual.

Baca juga : Ini Dia Analisa Modal Dan Keuangan Peluang Usaha Cuci Motor

Dan Anda juga akan lebih mudah menemukan pasar potensial Anda, cukup dengan bermodal pada pertemanan yang Anda miliki, seperti teman sesama orang tua murid, teman sesame anggota ikatan istri karyawan sampai teman-teman lama masa SMA dulu yang kini kembali akrab di facebook dan Instagram. Atau malah teman-teman baru yang Anda dapatkan dari komunitas tertentu seperti kelompok pengajian, penggemar idola dan sebagainya.

Pilihan lain adalah dengan mengandalkan kebisaan dan kemampuan Anda. Sayang sekali kalau Anda sudah mengenyam kuliah tinggi untuk sarjana akuntansi Anda kalau akhirnya tak terpakai. Manfaatkan saja sebagai peluang bisnis rumahan ibu rumah tangga dengan membuka jasa pembukuan online atau sebagai konsulta lepas usaha-usaha UKM di seitar hunian Anda.

Jadi memulai bisnis rumahan ibu rumah tangga sebenarnya tak sulit, Anda hanya harus tekun dan siap membaca peluang yang tersedia disekitar Anda. Jangan berpkir terlalu jauh kalau sebenarnya peluang besar ada di depan mata Anda.

SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY