Ikan Cupang Giant Sebagai Komoditas Usaha Sampingan Potensial

Bila Anda sedang mencari ide usaha sampingan yang tidak akan memakan banyak tempat dan sesuai Anda kerjakan di rumah Anda hanya untuk mengisi waktu senggang Anda, maka usaha satu ini bisa jadi cocok untuk Anda. Usaha pembiakan ikan cupang Giant.

Anda pasti taka sing dengan nama ikan cupang, tapi sedikit berkerut dengan nama ikan cupang giant. Apa istimewa dan perbedaannya ikan cupng biasa yang Anda kenal dengan ikan cupang giant ini? Untuk itu mari kita coba melihat lebih jauh soal ikan cupang giant dan potensi yang tersimpan di dalamnya.

Ikan Cupang Giant Sebagai Komoditas Usaha Sampingan Potensial
Ikan Cupang Giant Sebagai Komoditas Usaha Sampingan Potensial

Ikan Cupang Giant, adalah jenis ikan cupang dengan ukuran tubuh paling bongsor. Ketika kebanyaan ikan cupang lokalan berukuran sekitar 3 – 4 cm, maka yang satu ini bisa tembus sampai angka 12 cm, meski rata-rata tubuhnya memiliki panjang 7 – 8 cm.

Baca juga : Tips Sukses Peluang Usaha Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Bentuknya sebenarnya hampir serupa dengan kebanyakan cupang yang Anda kenal. Ekornya yang berjurai dengan bentuk bergelombang dalam paduan warna yang cantik memang selalu menjadi pesona dari ikan cupang dan meyebabkannya dicintai penggemarnya.

Bentuk ekor dari jenis ikan cupang giant memang tak semegah jenis cupang halfmoon atau se unik bentuk serit. Bahkan bentuknya tak lebih menarik dari corak plakat, tetapi yang satu ini jagoannya dalam dunia aduan.

Baca juga : Desain Kolam Ikan Koi Minimalis Dalam Hunian Modern

Bentuknya yang besar lengkap dengan ekor cantik yang lebih simpel membuat jenis ini cupang giant banyak digemari para pecinta ikan aduan. Polahnya yang atraktif dan agresif juga mendukung kemampuannya dalam berkelahi. Dan yang pasti dengan besarnya ikan ini memiliki cukup kekuatan untuk menyerang sekaligus bertahan, sekaligus untu berhadapan dengan jenis aduan cupang giant lain.

Mari sekarang kita coba melihat ikan cupang giant dari sudut pandang peluang usaha. Berdasar harga pasaran rata-rata akan jenis ikan cupang giant ini dipasaran, harganya berkisar antara 20 ribuan untuk kelas berkualitas rendah dan kisaran 50 ribuan untuk jenis sedang. Sedang harag termahal bisa mencapai ratusan bahkan jutaan perekor.

Biasanya standar penilaian terhadap ikan cupang giant ini adalah tampilan fisiknya dan kemampuannya dalam beradu. Biasanya untuk jenis giant maka masalah fisik hanya didasarkan pada keutuhan ekor dan bentuk tubuh yang terkesan gagah berotot.

Sedang kemampuan adunya dilihat dari kelincahannya, kegesitan dan kemampuannya berenang. Kecenderungannya untuk lebih menunjukan agresi ketika disandingkan pada ikan cupang lain juga menjadi penilaian sampai kemampuannya dalam berkelahi.

Untuk itu, biasanya untuk meningkatkan nilai jual penting untuk Anda yan berminat terjun dalam bisnis ini untuk selalu mengikuti beragam kontes aduan cupang. Kontes ini memberi banyak manfaa bagi Anda terutama untuk seornag yang terjun dalam bisnis cupang dalam tingkat awal.

Anda bisa memperkenalkan usaha Anda pada para pecinta ikan cupang, sekaligus meningkatkan pamor usaha Anda dengan menaikan peringkat ikan cupang giant Anda. Bagus lagi bila berhasil menjuarai satu ajang aduan. Ini akan semakin membantu nama usaha ternak Anda dikenal orang sekaligus meningkatkan harga jual ikan cupang giant yang Anda miliki.

Untuk Anda yang berkeinginan menjalankan usaha ini sebagai usaha sampingan, Anda tak perlu khawatir masalah kontes aduan ini akan mengusik waktu Anda. Karena biasanya ajang aduan akan diselenggarakan pada akhir pekan.

Tak hanya itu kemudahan yang bisa Anda dapatkan dari usaha sampingan dengan ikan cupang giant. Karena sebagaimana usaha ternak ikan cupang lain, Anda bisa menjalankan usaha ini tanpa harus memakan biaya listrik besar dan tidak pula memakan tempat di rumah Anda.

Cukup dengan memakai rak-rak dimana Anda bisa menyimpan akuarium kaca ukuran 20 x 20 x 30 cm untuk tiap satu ekor ikan. Anda tidak membutuhkan sistem aerator dan sanitasi rumit untuk merawat cupang.

Soal pakan juga terbilang mudah, cacing merah bisa menjadi pilihan untuk membantu ikan Cupang Giant mengeluarkan warnanya lebih kuat. Selain itu tambahkan saja kutu air, jentik nyamuk dan beberapa seranga kecil lain. Kadang cukup dengan mencarinya di sawah atau di kolam-kolam dekat rumah.

Bagaimana potensi dari ikan cupang giant? Bukankah sangat menarik menjalankan usaha sampingan dengan produk ikan yang memikat macam ikan cupang giant ini? Sudah menguntungkan tak memakan banyak biaya pula.

Sumber gambar : bangcupang.wordpress.com

Pencarian Terkait :

cupang giant, usaha sampingan ikan cupang