Desain Kolam Ikan Koi Minimalis Dalam Hunian Modern

0
821

Menempatkan Desain Kolam Ikan Koi Minimalis ke dalam taman rumah memang bisa menyulap kawasan rumah menjadi terasa lebih asri dan nyaman. Dan salah satu jenis ikan yang kerap menempati kolam semacam ini adalah ikan koi. Ikan koi begitu akrab menghias hunian modern dengan konsep minimalis.

Desain Kolam Ikan Koi Minimalis Dalam Hunian Modern
Desain Kolam Ikan Koi Minimalis Dalam Hunian Modern

Yang kerap menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara membuat desain kolam ikan koi minimalis yang sesuai untuk hunian dengan desain bergaya minimalis modern? Bagaimana menghadirkan nuansa alami yang tetap mengedepankan kesan simpel dan elegan yang merupakan ciri khas dari gaya minimalis modern ini?

Baca juga : Tips Sukses Peluang Usaha Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Kebanyakan orang kemudian menterjemahkan konsep minimalis ini dengan membuat desain kolam ikan koi minimalis berbentuk kotak kaku. Meski memang konsep ini selaras dengan gaya modern dan minimalis, tetapi kadang kesan kaku ini membuat kolam tak mencerminkan nuansa natural.

Itu sebabnya perlu lebih dari sekedar konsep bangunan kolam yang berstruktur kotak kaku belaka untuk bisa memberi nuansa yang tepat dan sesuai untuk taman minimalis modern. Anda perlu sentuhan yang mengentalkan nuansa natural tanpa meninggalkan kesan minimalis modern.

Terkesan rumit untuk Anda terjemahkan bukan? Untuk itu kami akan mencoba membantu Anda menemukan gambaran tepat untuk membangun dan membuat desain kolam ikan koi minimalis yang sesuai. Dan konsep tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Pahami dulu konsep kolam dan taman
    Satu aspek penting dalam taman hunian minimalis modern adalah pentingnya keselarasan yang dinamis antara bangunan keras dengan ruang terbuka. Dan kolam pada rumah minimalis modern akan hadir dengan memiliki dua unsur sekaligus. Kolam menjadi bagian dari sisi alami rumah namun dengan unsur pembentuk dan konsep bangunan yang merupakan bagian dari sisi bangunan keras.

    Jadi perlu dipastikan ukuran kolam tidak memakan lahan terbuka atau malah terkesan rumah tak memiliki lahan hijau karena habis untuk bangunan keras. Buat taman dengan nuansa yang kental dengan alam meski Anda bangun dengan konsep kotak kaku.
    Misalkan dengan menggunakan batu alam, menambahkan beberapa tanaman hijau di beberapa sudut kolam atau dengan memberi nuansa pancuran alami dengan bambu yang muncul dari balik rimbun tanaman.
  2. Perhatikan desain hunian
    Salah satu aspek penting untuk menciptakan keselarasan dalam hunian adalah dengan membuat desain kolam ikan koi minimalis yang sesuai dan berpadu baik dengan konsep desain bangunan secara keseluruhan. Sebaiknya baik sisi interior dan eksterior rumah bisa berada dalam garis merah yang selaras dan itu sebabnya Anda harus membuat desain kolam dan taman yang sesuai dengan konsep desain rumah itu sendiri.

    Penambahan unsur alam pad ataman menjadi nilai penting sehingga ada perkawinan antara konsep keseluruhan bangunan dengan nuansa natural. Tetapi meski demikian penting untuk Anda perhatikan bahan-bahan yang Anda gunakan tidak akan menyulitkan Anda pada saat prosses pembersihan kolam. Kadang beberapa material kolam justru terlalu sulit untuk dibersihkan sehingga memberi kesan jorok dan berlumut.
  3. Perhatikan kebutuhan ikan koi
    Ikan koi membutuhkan asupan matahari yang cukup untuk membantunya menampakan warna yang lebih cerah ada sisiknya, Jadi sebaiknya tempatkan kolam pada lokasi dimana ikan dalam menerima pancaran matahari dengan memadai.

    Lapisi kolam dengan semen yang sudah di aci atau dengan batuan dengan permukaan halus. Sisik ikan koi cenderung sensitive terhadap geseka jadi sebaiknya hindari permukaan kasar yang bisa merusak sisik ikan koi.
    Ikan koi juga tidak nyaman hidup di air kotor yang tidak mengalir dengan kadar oksigen rendah dan toksin yang tinggi. Jadi pastikan kolam memiliki sistem sanitasi yang sangat baik disertai sistem filter memadai dan pengelolaan aliran air yang baik supaya kondisi air tetap terjaga. Jangan lupa untuk menempatkan ikan koi secukupnya saja dalam kolam karena ikan akan merasa tidak nyaman bila harus berdesakan dalam kolam.

Itulah beberapa aspek yang perlu Anda pahami ketika Anda berbicara soal desain kolam ikan koi minimalis. Satu hal yang bisa Anda pilih ketika Anda mulai ragu dalam membuat desain kolam ikan koi, ada baiknya Anda memilih menggunakan jasa pembuat taman dan kolam yang banyak tersebar di kota-kota besar.

Baca juga : Tips Jitu Usaha Budidaya Ternak Kacer Poci Juara

Atau malah ide untuk membuat usaha jasa pembuatan kolam dan taman rumah terlihat menarik untuk Anda jajal? Kenapa tidak kalau Anda cukup memahami teknik sanitasi dan memiliki daya kreatif tinggi dalam membuat desain kolam ikan koi minimalis dan desain kolam lainnya.

Sumber gambar : www.tamankolamminimalis.com

kolam ikan koi, desain kolam dalam rumah, desain kolam ikan minimalis di dalam rumah, kolam ikan koi kotak, kolam ikan minimalis kaca, kolam minimalis 2018, taman dan kolam minimalis di lahan sempit

LEAVE A REPLY