Cara Memutihkan Kulit Efektif Dengan Vitamin C

Cara memutihkan kulit – Bila selama ini Anda mengetahui vitamin C merupakan salah satu vitamin penting untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, maka informasi ini mungkin cukup mengejutkan. Bahwa dengan mengasup vitamin C setidaknya lebih dari 1000mg dalam tiap harinya akan menjadi cara memutihkan kulit dan anti aging yang efektif dan alami.

Cara Memutihkan Kulit Efektif Dengan Vitamin C
Image : beautybyzoe.co.uk

Banyak wanita terobsesi memiliki kulit yang lebih cerah dan kerap menghabiskan lebih banyak dana mereka untuk melakukan perawatan yang cukup menguras kantung. Padahal  cara memutihkan kulit  dengan memaksimalkan asupan vitamin c saja Anda sudah bisa membantu kulit untuk lebih cerah dan tampak lebih putih.

Apa sebenarnya vitamin C?

Vitamin C adalah sejenis senyawa dengan kandungan anti oksidan yang biasa disebut dengan asam ascorbic. Vitamin C bekerja ganda, sebagai vitamin yang berfungsi mendorong kerja beberapa fungsi tubuh seperti pada sistem imunitas, sistem pencernaan dan membantu produksi colagen.

Sedang di sisi lain vitamin sendiri bekerja melawan radikal bebas macam polutan, residu tubuh dan beberapa toksin yang mengendap dalam darah dan tubuh.

Vitamin C adalah jenis vitamin yang larut dalam air, karena memang berfungsi membantu menarik radikal bebas untuk turut terbawa oleh vitamin C menuju ginjal dan akhirnya dapat terbuang melalui air seni.

Sayangnya, karena sifatnya ini, vitamin C kerap mudah hilang akibat terbawa oleh air seni, seperti pada kasus ketika seseorang tengah mengkonsumsi obat diuretik. Vitamin C juga mudah hilang dalam proses masak karena proses perendaman dan terlarut oleh uap air.

Dalam fungsinya terhadap kulit, vitamin C berperan besar dalam membantu pembentukan kolagen. Kolagen adalah salah satu bagian penting dari sel, termasuk sel kulit. Kolagen berperan membantu ikatan antar sel, menjaga elastisitas dari tiap sel dan membantu kondisi sel tetap segar dan tidak mudah rusak.

Baca juga :  Pantai Bandealit, Pantai Perawan Dibalik Hutan Lindung Meru Betiri

Kolagen dalam kulit sangat berperan untuk membantu menjaga keremajaan sel kulit, mencegah kematian sel dini dan membantu proses regenerasi sel kulit berjalan dengan lancar.

Vitamin C sebagai cara memutihkan kulit  dengan pengangkat kotoran juga bisa bekerja pada kulit. Akhirnya akan membantu kulit mengalami pengelupasan kulit mati, membantu mengangkat sel kulit yang sudah mati dan membantu mempercepat proses pembentukan sel kulit baru.

Vitamin C juga membantu memperbaiki tekstur kulit dan mengecilkan pori-pori dengan bantuan senyawa-senyawa dalam sumber vitamin C.

Vitamin C juga membantu memudahkan Anda untuk mengangkat toksin dan kotoran yang melekat pada wajah sehingga biasanya juga membantu mencegah jerawat.

Sifat vitamin C yang membantu meningkatkan imunitas juga akan membantu menjaga kondisi kulit dari serangan bakteri penyebab munculnya jerawat.

Vitamin C juga berperan dalam pembentukan gluthathione dalam darah dan menekan produksi enzim tirosinase. Kedua senyawa unik ini bersifat sebagai enzim yang mengatur produksi pigmen pada kulit.

Sebelum memahami lebih baik peran keduanya dalam pengaturan produksi pigmen pada kulit, perlu Anda pahami bahwa penggelapan warna kulit berkaitan erat dengan produksi pigmen kulit yang juga dikenal dengan istilah melanin. Melanin diproduksi atas perintah tirosinase sebagai bentuk perlindungan diri terhadap kerusakan kulit akibat paparan UV.

Untuk informasi lain, perlu juga Anda ketahui bahwa melanin sendiri terbentuk dalam dua formula. Formula pertama berwarna kekuningan dengan nama pheomelanin dan untuk jenis yang lain cenderung lebih gelap disebut dengan nama eumelanin. Gluthathione adalah senyawa unik yang menekan produksi eumelanin.

Manfaat vitamin C sebagai cara memutihkan kulit adalah dengan menekan produks tirosinase yang sehingga menekan pembentukan melanin. Meski fungsi melanin memang sebagai bentuk alami perindungan diri, tetapi Anda jangan khawatir bilapun karena asupan vitamin C Anda tidak memproduksi melanin.

Baca juga :  Pantai Plengkung Banyuwangi, Surga Pecinta Selancar

Karena vitamin C mendorong produksi kolagen sehingga membantu mencegah kerusakan kulit akibat UV, meremajakan sel kulit dan membantu regenerasi sel kulit.

Sedang berkat meningkatkan gluthathione dalam darah maka sekalipun terbentuk proses pigmentasi, maka pigmen yang terbentuk tidak terlalu gelap. Kulit hanya akan sedikit berwarna gelap tetapi tidak menghitam.

Malah paparan vitamin C baik itu dengan dikonsumsi langsung atau dengan pengolesan oral pada kulit akan membantu mengatasi luka dan iritasi yang muncul pada kulit, memudarkan bekas luka dan membantu memperbaiki tekstur kulit.

Jadi kalau Anda ingin mengetahui cara memutihkan kulit yang aman, sehat dan alami tanpa banyak paparan senyawa kimia pada kulit Anda. Caranya sangat sederhana, cukup tambahkan saja asupan vitamin C dalam menu Anda sehari-hari, tambahkan suplemen vitamin C dan tambahkan perawatan kulit yang kaya vitamin C.

SHARE