Cara Membuat Kandang Kambing Etawa Untuk Pebisnis Pemula

0
547

Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menjelaskan bagaimana cara membuat kandang kambing etawa. Masalah kandang pada usaha peternakan memang menempati posisi penting. Kandang yang nyaman dan sehat akan memberi pengaruh besar terhadap produktivitas ternak yang hidup di dalamnya. Kandang sendiri penting perannya untuk memaksimalkan pengawasan dan perawatan terhadap hewan ternak, dalam hal ini tentu saja kambing etawa.

Hal penting yang menjadi catatan Anda di sini adalah bagaimanapun Anda harus menjadikan kandang ta ubahnya dengan rumah bagi kambing. Jangan sampai kambing kehilangan esensi mereka akan rumah yang nyaman dan sehat. Dan sudah tentu kita perlu mempertimbangkan bagaimana standar kenyamanan dan hunian sehat sesuai kebutuhan kambing.

Cara Membuat Kandang Kambing Etawa Untuk Pebisnis Pemula
Cara Membuat Kandang Kambing Etawa Untuk Pebisnis Pemula

Dan beberapa aspek yang perlu menjadi perhatian Anda mengenai kebutuhan kambing akan kandang yang nyaman dan sehat antara lain :

  1. Kambing etawa membutuhkan kandang yang memiliki sirkulasi udara yang memadai tetapi tidak terlalu terpapar angin karena kadang ini malah bisa memberi efek kembung pada kambing, apalagi di malam hari.
  2. Kambing etawa memiliki toleransi rendah terhadap kandang yang kotor dari kambing biasa. Kandang yang kotor dan beraroma tajam membuat mereka kurang nyaman dan kadang tidak selera makan. Selain itu kotoran akan membuat kandang mudah didatangi bakteri yang tidak sehat dan bisa mengkontaminasi susu yang dihasilkan.
  3. Sebaiknya hindari kawasan pemukiman karena aroma kambing bagaimanapun juga akan mengganggu kenyamanan. Padahal aroma kandang kambing relatif sangat tajam dan bisa menjadi di musim penghujan.
  4. Kambing etawa berukuran besar, jadi akan membutuhkan ruang yang relatif besar pula untuk ruang gerak dan mereka juga lebih nyaman tinggal dalam kandang yang bersekat untuk tiap kambing dari pada Anda jadikan satu.
  5. Kambing etawa tidak disarankan untuk digembalakan karena etawa membutuhkan nutrisi dan pakan yang sangat terjaga dengan baik. Sementara bila Anda gembalakan Anda tidak bisa mengendalikan pakan kambing, sehingga bukan mustahil akan terasup makanan yang berbahaya bagi kesehatannya.

Itulah beberapa aspek yang perlu menjadi perhatian Anda sebelum mulai merancang dan membangun sebuah kandang kambing etawa. Berdasar pada beberapa aspek di atas berikut ini adalah gambaran dari pembuatan kandang kambing etawa.

  1. Buat berbentuk panggung
    Demi memudahkan proses pembersihan akan lebih efektif kalau kandang Anda buat berpanggung. Kotoran bisa langsung turun ke dasar kandang dan tidak lagi bersentuhan dengan kambing. Selain itu dengan konsep ini mereka juga bisa lebih terlindung dari serangan binatang dan memudahkan Anda untuk memberi pengawasan.
  2. Buat lantai kandang miring
    Lantai kandang sebaiknya miring jadi aliran air dan kotoran akan mudah mengalir ke bawah dan tidak mengendap pada lantai. Cara ini juga memudahkan Anda ketika membersihkan kandang. Selain itu, lantai kandang juga sebaiknya dibuat berongga namun tidak terlalu longgar. Ini membantu kotoran mudah jatuh ke dasar kandang.
  3. Buat dasar kandang lebih rendah dari permukaan kandang
    Pada dasarnya dasar kandang sebaiknya bisa menjadi cerukan yang memudahkan Anda menampung kotoran. Anda bisa pula membuat model parit sehingga lebih mudah untuk Anda bersihkan setiap hari. Perhatikan sifat tanah, bila cukup baik untuk menyerap tak ada salahnya tetap membiarkan dasar kandang berupa tanah, tetapi kadang melapisinya dengan semen bisa menjadi lebih efektif.
  4. Buat sket berjarak 1,5 m
    kambing etawa kurang suka hidup dalam satu kandang bersama-sama tanpa ruang individu. Itu sebabnya sebaiknya buat sket untuk tiap kambing setidaknya 1,5 meter. Gunakan sket dari kayu atau bambu yang mudah Anda geser dan lepaskan tetapi juga tidak mudah dilepaskan oleh kambing. Kadang kalah sket perlu Anda lepas untuk proses perkawinan atau masa menyusui.
  5. Pasang eternit
    Biasanya kandang kambing menggunakan atap asbes, hanya saja asbes mengandung residu udara yang tidak sehat. Untuk mengurangi resiko, sebaiknya lapisi asbes dengan papan tipis tak perlu dari kualitas baik, karena fungsinya hanya menekan interaksi kambing dengan residu asbes.
  6. Perhatikan ukuran ceruk pakan
    masalah ceruk pakan juga perlu menjadi perhatian Anda, perhatikan rata-rata ukuran kepala kambing supaya ceruk makan cukup nyaman untuk kepala mereka. Perhatikan jarak list kayu supaya kambing juga mudah mengeluarkan dan memasukan kepalanya untuk makan.

Baca juga : Usaha budidaya ikan koi

Itu tadi 6 macam hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam merancang sebuah kandang kambing etawa dengan berdasar 5 aspek penting dalam kebutuhan kambing etawa akan hunian yang nyaman bagi mereka.

Sumber gambar : www.kambingetawa.org

kandang kambing etawa dari bambu, kandang kambing dari bambu, cara membuat kandang kambing dari bambu, cara membuat kandang dari bambu, Cara bikin kopi panggung

LEAVE A REPLY