Berapa Modal Buka Usaha Ternak Jangkrik Rumahan?

Baca Juga :

Buka Usaha Ternak Jangkrik – Jumlah penggemar burung kicau di Indonesia terus meningkat dengan tajam. Namun semua burung kicau memerlukan pakan yang mengandung protein tinggi yaitu jangkrik. Jika anda mencari ide usaha yang mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar, ternak jangkrik bisa menjadi solusinya. Ternak jangkrik adalah usaha rumahan yang bisa mendatangkan keuntungan yang relatif stabil.

Berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ternak jangkrik? Usaha ternak jangkrik anda membutuhkan modal sebesar Rp 8.500.000. Dengan modal tersebut, anda bisa membuat kandang dan rak Rp 2.500.000, membeli benih jangkrik Rp 2.000.000 dan membuat media jangkrik Rp 700.000. Modal awal ini juga akan digunakan untuk biaya operasional selama 4 minggu.

Buka Usaha Ternak Jangkrik

Berapa modal buka usaha ternak jangkrik?

Bagi kebanyakan orang membuka usaha bukanlah pekerjaan yang mudah. Ragu-ragu dan khawatir gagal adalah kendala utama bagi seseorang yang ingin membuka sebuah usaha. Selain ketakutan akan kegagalan, kendala utama seseorang ketika ingin membuka usaha adalah ketiadaan modal yang memadai. Padahal banyak jenis usaha yang memerlukan modal kecil tetapi bisa mendatangkan persentase keuntungan yang besar.

Ternak jangkrik adalah usaha modal kecil dengan persentase profit yang sangat besar. Nah jika anda tertarik membuka usaha ternak jangkrik, dibawah ini adalah rincian modal usaha dan peruntukannya:

Nama ItemHargaTotal
Pembuatan kandang jangkrikRp 1.500.000 
Pengadaan benih jangkrikRp 2.000.000 
Pembuatan media jangkrikRp 700.000 
Perlengkapan kandang jangkrik seperti timba, slang dan lain lainRp 700.000 
Jumlah Rp 4.900.000

Selanjutnya kita juga harus menyiapkan dana operasional untuk 30 hari kedepan. Biaya operasional ini sangat penting dan dipergunakan untuk berbagai macam keperluan seperti:

  • Air dan listrik sebesar Rp 500.000
  • Vitamin dan obat obatan Rp 300.000
  • Sayuran Rp 1.500.000
  • Konsentrat Rp 800.000
  • Biaya tak terduga Rp 500.000
  • Total Rp 3.600.000

Dimanakah lokasi strategis membuka usaha ternak jangkrik?

Jangkrik adalah hewan liar yang biasanya hidup di pekarangan, kebun atau tempat lain yang jarang terkena matahari tetapi memiliki sirkulasi udara yang baik. Predator jangkrik sangat beragam seperti ayam, burung, ular dll. Saat ini jangkrik banyak dibudidayakan untuk pakan burung. Asalkan masih ada orang yang memelihara burung berkicau, maka permintaan akan jangkrik akan terus ada.

Agar bisa berhasil, usaha ternak jangkrik harus dilakukan ditempat yang strategis. Lokasi strategis ternak jangkrik adalah membuat tiruan lingkungan kehidupan jangkrik di alam bebas. Jangkrik biasanya tidak suka dengan tempat yang terlalu banyak sinar matahari. Jangkrik juga tidak suka dengan kebisingan.

Jika anda tinggal di pedesaan yang jauh dari jalan raya, kandang belakang rumah merupakan lokasi ideal untuk budidaya jangkrik. Kandang jangkrik harus di atur sedemikian rupa agar tidak terpapar dari sinar matahari.

Kandang tersebut juga harus jauh dari predator dan memiliki sirkulasi udara yang bagus. Jika berada di lokasi yang baik, jangkrik bisa cepat berkembang biak.

Banyaknya penggemar burung berkicau membuat peternak jangkrik bisa dengan mudah memasarkan hasil ternaknya. Untuk menjual jangkrik, anda cukup menghubungi para pecinta burung berkicau. Anda juga bisa menjual jangkrik hasil ternak ke toko pakan burung yang ada di daerah anda.

Ternak jangkrik merupakan usaha rumahan yang bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Jika di ternak di tempat yang benar, jangkrik bisa cepat berkembang biak dan usaha ternak anda bisa berkembang dengan pesat.

Baca Juga :