Berapa Modal Buka Usaha Budidaya Ulat Jerman?

Buka Usaha Budidaya Ulat Jerman – Ulat adalah hewan melata yang sebagian besar orang akan merasa jijik menyentuhnya. Ulat jerman adalah salah satu jenis ulat yang bisa mendatangkan keuntungan yang berlimpah bagi pemiliknya. Banyak peternak ulat jerman yang sukses meraup keuntungan besar karena permintaan ulat jerman jauh lebih besar dari yang tersedia di pasaran.

Berapakah modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka usaha budidaya ulat jerman? Untuk membudidayakan ulat jerman anda akan memerlukan modal awal sebesar Rp 6.700.000. Biaya ini diperlukan untuk membuat rak dan kotak budidaya Rp 1.500.000, kumbang jerman siap telur Rp 1.000.000 dan lain sebagainya. Modal awal ini juga sudah mencakup biaya operasional sebulan.

Berapa modal buka usaha budidaya ulat jerman?

Permintaan ulat jerman terus meningkat dengan tajam karena ulat jenis ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Selain bisa digunakan untuk pakan ternak, ulat jerman juga bisa digunakan sebagai umpan memancing hingga dipakai sebagai campuran bahan pembuat kosmetik. Karena permintaan ulat jerman terus meningkat, usaha budidaya ulat jerman ini sangat menguntungkan.

Buka Usaha Budidaya Ulat Jerman

Untuk membuka budidaya ulat jerman, anda tidak harus memiliki modal yang terlalu besar. Anda cukup menyediakan modal awal yang akan digunakan membeli berbagai macam kebutuhan seperti di bawah ini:

Nama ItemHargaTotal
Membuat kotak dan rak budidayaRp 1.500.000 
Kumbang jerman siap telurRp 1.000.000 
Pembuatan mediaRp 500.000 
TimbanganRp 200.000 
Perlengkapan ternak lainnyaRp 500.000 
Total Rp 3.700.000

Selain harus memenuhi berbagai macam kebutuhan ternak seperti di atas, anda juga harus menyiapkan biaya operasional dalam sebulan yang meliputi:

  • Pakan ulat Rp 1.000.000
  • Pakan tambahan Rp 500.000
  • Obat obatan Rp 500.000
  • Biaya untuk air dan listrik Rp 500.000
  • Biaya tak terduga Rp 500.000
  • Total biaya operasional Rp 3.000.000

Dimanakah lokasi usaha budidaya ulat jerman?

Siapa saja bisa membudidayakan ulat jerman karena budidaya ulat yang satu ini bisa dibilang mudah. Pada dasarnya budidaya ulat jerman bisa dilakukan dimana saja asalkan ada lahan kosong yang memiliki atap. Anda bisa membudidayakan ulat jerman di kandang belakang rumah, garasi dll. Tempat yang dibutuhkan juga tidak terlalu luas karena kotak budidaya ulat bisa disusun secara vertikal.

Lokasi strategis untuk memasarkan ulat jerman adalah di dekat pasar burung atau dekat toko ikan hias. Jika anda tidak mau ribet anda bisa menjualnya ke penjual pakan burung. Banyak juga peternak ulat jerman yang memasarkan ulatnya ke pengepul. Memang harga yang ditawarkan pengepul sedikit lebih murah dari harga di pasaran.

Sama seperti beternak pada umumnya, budidaya ulat jerman juga memerlukan kesabaran dan ketelitian. Selain memerlukan pakan secara rutin, peternak juga harus memperhatikan populasi kumbang jerman dalam satu kotak. Kumbang jerman inilah yang akan menghasilkan telur dan menetas menjadi ulat jerman.

Media yang digunakan untuk ternak jerman adalah polar gandung yang memiliki kadar protein dan pati yang tinggi. Jika kesulitan mendapatkan polar gandung para peternak biasanya menggunakan media dedak sebagai penggantinya. Setelah 15 hari telur kumbang jerman akan menetas dan memerlukan asupan nutrisi yang seimbang.

Anda bisa memberikan potongan buah buahan dan juga sayuran. Agar ulat jerman bisa cepat tumbuh dan berkembang anda bisa memberinya polar secara rutin. Usaha budidaya ulat jerman sebenarnya tidak terlalu sulit. Jika dilakukan dengan serius budidaya ulat jerman bisa menjadi sumber penghasilan keluarga.