Tips Sukses Promosi Produk – Instagram, hampir seluruh manusia di bumi ini tahu akan aplikasi tersebut. Bahkan aplikasi Instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial terpopuler selain Facebook dan Twitter. Ini terbukti dari banyaknya pengguna Instagram di seluruh belahan dunia.

Tak bisa dipungkiri aplikasi Instagram ini tidak luput dari kegiatan kita sehari-hari. Sehari tidak membuka aplikasi Instagram rasanya seperti ada yang kurang, apa lagi bagi orang-orang yang Instagram addict pastinya hal yang wajib untuk membuka aplikasi ini dan upload-upload momen di akun Instagramnya.

Pada awal mulanya Instagram hanya digunakan usernya untuk sarana berbagi moment dalam bentuk foto, gambar, vidio. Namun kini tak hanya sebatas sharing moment, banyak user yang juga memakai akun Instagram untuk online shop, baik itu dari kalangan online shop kelas pemula hingga brand kelas ‘kakap’.

Semua dapat kita lihat ketika membuka Instagram, biasanya di beranda Instagram terpampang iklan-iklan dari suatu produk. Jika melihat fakta yang ada memang tidak bisa ditepiskan bahwa Instagram telah banyak menghasilkan online shop yang berkualitas dan tenar (banyak memiliki followers dan interaksi).

Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan tips bagi Anda yang ingin mencoba atau mungkin ingin menaikan reputasi akun jualan dengan promosi produk supaya produk yang Anda jual dilirik, diminati dan akun jualan Anda juga populer. Mari simak tips di bawah ini yang telah dilansir dari laman plaza-bisnis.com:

1. Lengkapi Akun Instagram Anda dengan Keterangan Sejelas-jelasnya

Supaya akun dan produkmu dipercaya dan dilirik orang mulailah dari melengkapi keterangan akun Instagram Anda, tuliskan yang sejelas-jelasnya mulai dari foto profil, biodata dan keterangan website Anda bila memilikinya.

Ketika akun Anda jelas maka akun Instagram Anda tersebut akan terlihat authority-nya, dan tentunya hal ini membuat siapa saja yang melihat akan mulai memperhitungkan akun Instagram Anda.

2. Tentukan Tema Konten Pada Akun Instagram Bisnis Anda

Mencontoh akun-akun besar yang memiliki banyak followers yaitu mereka sering share konten yang bermanfaat. Namun konten tersebut juga memiliki tema dan meraka konsisten. Inilah yang memudahkan followers untuk mengetahui ciri khas dari suatu akun Instagram.

Related Post

Anda dapat menerapkannya pada akun Instagram Anda, sebagai contoh tema yang Anda usung adalah kuliner, kuliner yang Anda pilih dan share adalah camilan pedas. Anda harus rajin melakukan promosi setiap harinya dengan mengupdate konten yang telah Anda tentukan di akun Instagram Anda.

3. Posting Secara Konsisten

Ketika Anda rajin melakukan posting secara konsisten di akun Instagram Anda, maka akun bisnis Anda tersebut akan dilihat niat dalam melakukan interaksi dengan followers yang telah didapatkan.

Ini juga membuktikan bahwa Anda selalu ada untuk para followers akun bisnis Anda. Selain itu, manfaat lainnya yaitu akun Instagram Anda akan terlihat eksis di dunia Instagram dan kemungkinan untuk mendapatkan banyak followers akan terwujud.

4. Hashtag (#) itu Penting!

Dalam mempromosikan produk di Instagram, tanda hashtag (#) itu penting untuk memasukkan postingan Anda kedalam kategori-kategori yang terdapat pada seluruh postingan Instagram, baik itu yang di dalam maupun yang di luar Indonesia.

Dengan Anda menyertakan hashtag, ini akan membantu mempermudah para Instagram user untuk menemukan postingan mengenai produk yang Anda jual diantara tumpukan ratusan juta gambar/foto/vidio dari para user yang mengupload di Instagram.

5. Berikan Promosi Khusus dengan Syarat

Hal ini sering berlaku pada setiap sosial media, yaitu dengan memberikan promosi khusus baik itu berupa discount maupun free item yang memberlakukan syarat dan ketentuan didalamnya. Entah itu dapat berupa harus kasih tanda Love di postingan terlebih dahulu, atau folow terlebih dahulu dan pastikan pula ada syarat untuk regram postingan Anda.

6. Bagikan Konten Visual Dengan Logo Brand

Share-lah di akun bisnis Anda konten-konten visual hasil karya original team, maupun orang lain (pastinya dengan izin terlebih dahulu) seperti Gambar Unik, Infographic, dan lain sebagainya, dan jangan lupa berikanlah juga logo brand Anda.

Saat postingan tersebut di-share oleh akun lain (di regram). maka akun Intagram lainnya akan melihat logo brand Anda beserta nama akun Instagram Anda.

Itulah tadi 6 tips yang dapat Anda coba supaya sukses dalam mempromosikan produk jualan Anda di Instagram. Semoga artikel ini bermafaat dan selamat mencoba!