5 Tips Ampuh Pemasaran Untuk Peluang Usaha Kerajinan Tangan

Peluang usaha kerajinan tangan juga bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda yang tertarik dengan dunia semi dan kreatifitas. Bisnis ini kadang lebih membutuhkan kreatifitas yang besar ketimbang modal yang besar. Semakin unik dan kreatif produk yang Anda hasilkan semakin baik pula hasil yang bisa Anda peroleh.

Peluang usaha kerajinan tangan juga sangat luas bidangnya. Anda bisa memulai bisnis ini dari bidang kreasi yang sesuai dengan ketertarikan Anda. Anda bisa membuat usaha kreasi perhiasan, produk perabot kayu, kreasi perca, kreasi logam, sulam tangan, aksesoris, pembuatan bingkisan, sampai seni lukis unik pada kaca atau gerabah.

Tanggapan pasar terhadap produk kerajinan tangan juga cukup baik. Banyak orang tertarik untuk memiliki berbagai produk kerajinan tangan karena pesona kecantikan dari olahan kerajinan tangan ini. Terutama kalau Anda juga mengutamakan kualitas dari produk kerajinan tangan, sehingga tetap tahan lama dan tidak mudah rusak.

“Tetapi banyak pelaku usaha kerajinan tangan yang rupanya tidak bisa mereguk sukses dengan peluang usaha kerajinan tangan yang mereka kembangkan. Meski diakui memiliki potensi besar, rupanya tidak sesederhana itu untuk membuat produk kerajinan tangan laku di pasaran”

Ada beberapa tips khusus supaya produk ini bisa terjual keras di pasaran. Dan berikut ini adalah beberapa tips pemasaran yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan peluang usaha kerajinan tangan.

# Utamakan kualitas
Banyak pelaku usaha kerajinan tangan memiliki kemampuan tinggi untuk terus berkreasi, amun kurang perhatian dengan masalah kualitas. Pastikan pengerjaan Anda rapi dengan detail yang baik. Minimalkan kerusakan pengerjaan yang terlihat dengan mudah pada produk.

Produk kerajinan yang mudah rusak otomatis akan membuat konsumen kapok membeli pada Anda. Selalu gunakan bahan baku yang baik, material berkualitas dan selalu lalukan ujicoba untuk melihat sebaik apa ketahanan produk. Ini juga bisa berkaitan dengan teknik terbaik dalam berproduksi.

# Jangan remehkan urusan pemasaran
Banyak pelaku usaha kerajinan lebih tekun berproduksi dari pada memasarkan. Padahal keduanya merupakan aspek yang sama pentingnya dalam usaha. Bila perlu ajak rekan Anda atau kerabat Anda untuk membantu Anda dalam aspek pemasaran.

Anda juga perlu aktif pada komunitas pengrajin dan pebisnis kerajinan untuk mendapatkan informasi termasuk berkaitan dengan event pemasaran. Dari sana Anda bisa temukan beberapa informasi terkait pameran kerajinan tangan yang bisa menjadi ajang pemasaran produk Anda.

# Manfaatkan dunia digital
Beberapa pelaku usaha kerajinan tangan mengaku usahanya justru jauh mendapat tanggapan positif dari pasar internasional. Da untuk bisa melebarkan sayap pada pasar internasional Anda bisa memanfaatkan media digital. Karena dengan bantuan internet Anda bisa menyentuh pangsa pasar global tanpa batas.

Buka website pemasaran berbahasa Inggris yang mudah dipahami oleh konsumen dunia, buka beberapa akun dalam instagram dan pinterest karena konon di sana banyak dilirik oleh konsumen dan pembeli global.

Manfaatkan juga beberapa portal jual beli internasional untuk penawaran terbuka yang juga tidak kalah efektif. Kadang Anda perlu memanfaatkan bantuan tenaga pemasar atau penulis berbahasa Inggris untuk upaya pemasaran ini.

# Pahami selera pasar
Banyak pelaku usaha kerajinan tangan memiliki idealisme tinggi dan akhirnya terjebak dalam produksi yang kurang sesuai dengan selera pasar. Bila Anda masih berorientasi pada keuntungan, Anda perlu pahami juga selera pasar juga kebutuhan pasar, termasuk pula memahami gerakan trend yang ada.

Lalu suntikan pengetahuan ini dalam porsi wajar pada produk kerajinan yang Anda buat. Jangan buat kreasi Anda terlalu pasaran karena akhirnya produk Anda tidak istimewa, justru idealisme ini yang membuat produk Anda berbeda dan istimewa.

# Jalin kerjasama
Beberapa pelaku usaha mendapatkan peningkatan penjualan justru dengan menjalin kerjasama. Misalkan kerjasama dengan perusahaan perhotelan dengan menjadi supplier souvenir hotel bagi para tamu yang berkunjung. Konsep serupa juga bisa dijalankan dengan pengelola sebuah destinasi wisata.

Kerjasama dengan event organizer juga bisa menjadi pilihan cerdik untuk mendapatkan pesanan souvenir untuk acara gathering. Biasanya dengan model pesanan ini, Anda juga perlu memahami keinginan dan kebutuhan konsumen karena nantinya idealisme Anda harus diarahkan untuk selaras dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Baca juga : peluang usaha rokok herbal

Itulah tadi beberapa tips yang bisa menjadi rujukan Anda ketika Anda memulai bisnis kerajinan tangan. Peluang usaha kerajinan tangan bisa optimal memberi Anda keuntungan bila Anda jalankan dengan pemasaran yang memadai. -Semoga Bermanfaat-

Pencarian Terkait :

Apakah kerajinan sabun dapat menguntungkan atau tidak Dan apakah pemasarannya itu tinggi, marketing produk kerajinan tangan, Peluang dan cara pemasaran kerajinan sabun, pemasaran usaha kerjainan tangan, strategi pemasaran produk kerajinan tangan, strategi pemasaran yang ampuh dalam kerajinan tangan, tips jualan kerajinan tangan, tips memasarkan bisnis kerajinan, tips memasarkan produk kerajinan, usaha kerajinan pemasaran, kerajinan tangan laku di olshop, kerajinan tangan dengan pemasaran terbagus, kerajinan tangan dan pemasarannya, Cara memasarkan produk kerajinan, cara memasarkan produk kerajinan dengan baik