6 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Menjual Rumah Anda

0
504

Menjual rumah bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Sama seperti pertandingan sepakbola yang membutuhkan strategi untuk mendapatkan gol, jika ingin menjual rumah maka dibutuhkan sebuah rencana yang matang agar terjual dengan cepat.

Dimulai dari menentukan harga yang tepat agar tidak merugi, hingga melakukan proses pemasaran yang tepat sasaran. Tapi untuk melakukan semua itu juga dibutuhkan pengalaman.

6 HAL YANG HARUS DIKETAHUI SEBELUM MENJUAL RUMAH ANDA

Lalu bagaimana solusi untuk yang belum berpengalaman di dunia properti dan ingin menjual rumah? Apa saja yang harus dipersiapkan? Dilansir oleh Tim Lifull.Id, Berikut adalah 6 Hal yang sebaiknya Anda ketahui sebelum menjual rumah

# Pastikan kembali keputusan Anda ingin menjual rumah

Hal pertama dimulai dari diri sendiri. Tingkatkan kepercayaan diri Anda tentang keputusan penjualan rumah ini dan mulai prosesnya secepat mungkin. Menjual rumah memang bukanlah keputusan yang mudah. Ada banyak faktor yang bisa masuk ke diri Anda sebelum pada akhirnya benar-benar memutuskan untuk menjual rumah.

Faktor besar seperti emosi dan memori, terkadang akan menyulitkan. Tapi kembali lihat jangka pendek yang sudah disiapkan demi kebaikan orang disekitar Anda termasuk keluarga.

Ini adalah langkah pertama dan yang terpenting. Apabila keputusan untuk menjual sudah pasti, jangan menunda-nunda lagi, segera lakukan hal-hal yang sudah seharusnya dilakukan.

# Sadarilah bahwa hal-hal kecil juga penting

Membersihkan isi rumah secara keseluruhan merupakan hal kecil yang sering dilupakan. Kebanyakan rumah dijual dengan kondisi apa adanya. Selain itu, ganti seluruh keran yang sudah tidak layak dan periksa kembali fungsi pintu dan jendela rumah Anda.

Semua hal-hal kecil tersebut dapat membuat perbedaan besar dalam keputusan calon pembeli rumah Anda nantinya. Apalagi biaya yang dibutuhkan juga tidak besar. Jadi apakah Anda masih berniat meninggalkan rumah yang akan dijual dengan kondisi apa adanya?

Ingat hal-hal kecil adalah kunci ketika Anda ingin hal-hal besar terjadi.

# Hargai rumah Anda berdasarkan nilai pasar sewajarnya, bukan berdasarkan sisi emosional

Pembeli akan membayar rumah Anda hanya berdasarkan nilai pasar. Pembeli sama sekali tidak memiliki keterikatan emosional terhadap rumah, seperti yang Anda miliki. Untuk mendapatkan nilai pasar sewajarnya Anda dapat melihat dan membandingkan nilai rumah yang ada di wilayah anda melalui internet. Apabila masih tidak yakin dengan nilai rumah Anda, silahkan hubungi agen-agen properti lokal yang terpercaya dan terdapat di wilayah Anda.

Masukkan dari agen properti akan sangat membantu Anda agar rumah cepat terjual.

# Dapatkan informasi tentang proses penjualan rumah

Ini penting untuk diketahui! Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum menjual rumah? Pelajari mulai dari persiapan surat dan dokumen apa saja yang dibutuhkan. Di internet telah banyak media yang memberikan informasi tentang hal ini. Dengan mengetahui prosesnya secara detail, dapat mengurangi tingkat kecemasan Anda saat melakukan transaksi.

# Daftarkan rumah anda melalui situs portal properti LIfull.id

Dari sekian banyak situs portal properti di Indonesia, Lifull.id dapat menjadi pilihan untuk memasarkan rumah Anda. Didukung fitur-fitur pencarian terkini, Lifull Rumah merupakan situs portal properti di Indonesia yang merupakan bagian dari situs properti No. 1 di Jepang.

Lifull.id memiliki fitur pencarian properti yang lebih lengkap dan dapat menemukan penawaran properti seperti rumah dijual, apartemen disewa, perumahan baru dan lainnya. Fitur-fitur pencarian properti terkini yang bisa dilakukan diantaranya pencarian berdasarkan daerah, pencarian berdasarkan lajur transportasi, pencarian dengan menggunakan kriteria, hingga pencarian berdasarkan universitas terdekat.

Lifull Rumah juga mempunyai fitur pencarian perumahan baru dan telah bekerja sama dengan banyak developer perumahan baru di Indonesia, total perumahan baru yang terdapat di laman Lifull.Id sebanyak 517 lists dan akan terus bertambah setiap harinya

# Pastikan calon pembeli Anda

Anda sudah menerima tawaran seorang pembeli, tapi setelahnya mereka menunda-nunda proses yang ada. Hal tersebut sangat buruk karena dapat menganggu Anda untuk sesegera mungkin menjual rumah.

Harusnya setiap calon pembeli rumah sudah menyediakan segala kepentingan. Sehingga prosesnya tidak akan terhambat.

Akan lebih baik jika dibuat perjanjian hitam diatas putih, agar kita yakin pembeli kita memang serius dan telah menyiapkan segala sesuatunya. Jangan terlalu mudah percaya.

Itu tadi 6 hal yang harus diperhatikan jika ingin menjual rumah. Semoga rumah Anda bisa cepat terjual dan rencana Anda kedepannya dapat terus berjalan dengan sukses!

SHARE
Founder sekaligus content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia teknologi, startup dan science. Kebahagiaan terbesar adalah ketika bisa berbagi dan memberikan solusi untuk sesuatu yang bermanfaat, itulah modal terbesar dalam membangun sebuah startup.

LEAVE A REPLY