10 Tempat Jual Beli Online Gratis Terpopuler Dan Terbesar di Indonesia

0
636

Jual Beli Online – Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk ke-4 terbesar di dunia, sehingga kesempatan untuk menjadi entrepeneur dalam bidang jual beli sangatlah berpeluang besar. Maka tidak heran kini bermunculan startup yang memberikan penjual perorangan atau pembeli untuk melakukan jual beli online dengan praktis dan dapat dilakukan lewat smartphone.

Berikut ini adalah 10 tempat jual beli online gratis yang terpopuler dan terbesar di Indonesia sekarang ini, yaitu:

  1. Olx.co.id

Olx sekarang ini sepertinya lebih memfokuskan untuk jual beli online barang bekas contohnya kendaraan motor, gadget ataupun perabotan rumah tangga. Meski memang barang barupun masih dapat dijual lewat olx, akan tetapi penjualan yang diberikan barang bekas masih lebih banyak jika dibandingkan barang baru.

Berdasarkan pengalaman, olx sangatlah bermanfaat menjual produk bekas ataupun baru, karena rangkingnya yang baik dan memungkinkan lebih banyak orang untuk bisa melihat produk kita.

  1. Bukalapak.com

Bukalapak seperti mulai menyusul kepopuleran tokopedia dan berniaga.com yang sekarang ini menempati ranking ke #23 di Indonesia. Jika diperhatikan bukalapak lebih kepada penjualan produk-produk hobi.

Contohnya sepeda, kamera, gadget, komputer dan lainnya. Meski produk fashion juga bisa menjadi salah satu produk dimana penjual dapat melakukan penjualan online lewat bukalapak.

Berbeda dengan berniaga, bukalapak, elevenia dan lainnya berperan hanya sebagai perantara terpercaya, dimana pembeli akan melakukan transfer pembelian produk lewat rekeking bukalapak.

  1. Tokopedia.com

Tokopedia adalah salah satu tempat berjualan online paling aman dan juga nyaman. Sesuai dengan konsepnya yaitu sebagai mall online di Indonesia, tokopedia menjadi wadah yang bisa memberikan fasilitas terbaik untuk penjual dalam menjual produknya. Sekarang ini ranking alexa tokopedia menurun dari #34 menjadi #41 di Indonesia.

  1. Lazada.co.id

Sejak dirilis awal tahun 2014, lamido mampu bersaing denga elevenia dan market online gratis lainnya. Lazada yang masih ada diposisi #245 dalam ranking alexa di Indonesia, terus melakukan inovasi dari segi fasilitas, ataupun marketingnya. Saya merasakan kepuasan tersendiri dalam membeli produk-produknya. Transaksinya cukup mudah dan gratis tanpa biaya apapun.

  1. Elevenia.co.id

Elevenia adalah situs baru tapi sukses menarik perhatian dengan berbagai macam fasilitas yang diberikan kepada penjual ataupun pembeli. Saat ini ranking alexa untuk elevenia.co.id masih di bawah tokopedia, yaitu #97.

Tapi demikian, Elevenia sebagai bagian dari XL juga memberikan bukti bahwa mereka bisa memfasilitasi penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi dengan mudah dan memiliki beragam pilihan produk.

  1. Mataharimall.com

Matahari sekarang memiliki mall online yang beralamatkan di mataharimall.com. Diresmikan akhir tahun 2015, mataharimall.com bisa bersaing dengan marketplace yang lain contohnya lazada, qoo10, elevenia dan tokopedia.

Sekarang ini Mataharimall menyediakan lapak untuk penjual online yang mempunyai produk untuk dijual. Daftar gratis tapi wajib deposit 500.000 rupiah yang dipotong dari hasil penjualan pada bulan pertama.

  1. Qoo10.co.id

Qoo10 berasal dari korea dan berjaya sebagai situs jual beli diberbagai negara khususnya Asia, seperti singapura, malaysia sampai Indonesia. Terbukti dengan banyaknya penjual dan pembeli yang melakukan transaksi melalui Qoo10. Sekarang ini ranking alexanya ada diposisi ke #160, cukup menjadikan untuk Qoo10 sebagai pilihan menjual produk ataupun berbelanja online.

  1. FJB Kaskus

Ranking alexa untuk kaskus.co.id menempati angka #8 yang merupakan nilai tertinggi diantara tempat jualan online yang lainnya. Transaksi pembeliannya dapat langsung dengan penjual atau lewat rekening bersama. Kelebihannya adalah karena sifatnya forum, maka transparansi sangatlah kuat tapi untuk terkenal di FJB harus aktif dan memiliki produk unik dan juga review yang banyak.

  1. Blanja.com

Blanja.com adalah tempat jual beli online baru seperti jualo.com. Tidak ada salahnya berjualan di blanja.com karena kesempatan bisa ada dimana saja dan mungkin saja di blanja.com atau yang lainnya. Ranking alexa blanja.com juga menyatakan sebagai mitra dari ebay ini ada diurutan #397 di Indonesia.

  1. Jualo.com

Diurutan terakhir ada jualo.com yang baru dirilis beberapa bulan lalu. Situs ini persis dengan yang lainnya menjual berbagai macam produk lokal sampai branded. Hari ini jualo menempati ranking alexa #358. Persaingan ketat sudah dilakukan oleh jualo.com ataupun situs jual beli online lainnya dengan berbagai macam keunikan dan penawaran untuk penjual ataupun pembeli.

Bagi yang mau berjualan online gratis, silahkan mencoba untuk berbisnis online dengan menjajakan dagangan kita melalui sepuluh tempat jual beli online gratis di atas.

SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY