3 Tempat Jualan Online Gratis Paling Mudah Untuk Pemula

0
522

Sekarang, tempat jualan online sangatlah populer di Indonesia. Hanya tinggal posting di internet, melakukan negosiasi, menyelesaikan transaksi pembayaran kemudian diakhiri dengan mengirimkan barang ke calon pembeli lewat jasa ekspedisi.

Tempat jualan online di Indonesia sekarang ini semakin berkembang sangat pesat. Angka transaksi belanja online yang selalu meningkat setiap tahunnya membuat semakin banyak orang mulai memperhitungkan potensi dari bisnis online ini.

Selain itu, dengan banyak sekali keunggulan yang ditawarkan oleh bisnis online maka jumlah orang yang mulai mencoba peruntungan berjualan online juga semakin bertambah.

Memulai bisnis online yang satu ini terbilang mudah. Siapapun bisa melakukannya selama mempunyai modal utama, yaitu koneksi internet dan juga komputer. Sebagai seorang pemula, Anda tetap bisa dengan mudah dan cepat untuk menjual barang.

Tiga jenis tempat jualan online yang favorit dan gratis di Indonesia di bawah ini adalah yang paling pas untuk pemula di dunia bisnis online.

Marketplace

Marketplace adalah sebuah website portal yang menjadi pusat pasar digital. Sebagai sebuah pasar, marketplace hanya menyediakan lapak untuk promosi dan menjajakan barang dagangan kepada calon pembeli di internet.

Proses menjual barang di marketplace terbilang mudah. Anda hanya tinggal melakukan registrasi, verifikasi, kemudian mulai membuka toko online dengan memposting foto dan juga keterangan produk dan kontak yang jelas.

Anda dapat melakukan aktivitas yang lain selagi menunggu notifikasi masuk apabila ada calon pembeli yang berminat untuk membeli barang dagangan Anda.

Berjualan online di marketplace mempunyai keuntungan dari segi keamanan. Banyak sekali marketplace yang memberikan sistem pembayaran dengan rekening bersama sehingga Anda dan calon pembeli tidak harus pusing menentukan metode pembayaran untuk kedua pihak.

Beberapa marketplace yang terpercaya dan terfavorit di Indonesia contohnya olx, berniaga, bejubel, bukalapak dan tokopedia. Situs-situs tersebut bisa Anda manfaatkan untuk jualan online secara gratis untuk menjual berbagai jenis barang.

Forum Jual Beli

Forum jual beli online biasanya ada di dalam sebuah forum komunitas tertentu. Untuk bisa berjualan di forum, Anda wajib terdaftar sebagai anggota forum terlebih dahulu. Tapi jangan khawatir, proses registrasinya sangatlah mudah dan gratis.

Forum jual beli yang terbesar di Indonesia ada dua contohnya Kaskus dan Indowebster. Di forum tersebut, Anda bisa menjual barang apapun. Terdapat berbagai macam kategori produk yang telah ditentukan.

Oleh karenanya, Anda wajib membuat sebuah thread di room kategori yang sesuai apabila berniat untuk membuka lapak pada  forum jual beli.

Anda wajib mengelola toko online di forum dengan sangat baik karena sebagai situs berbasis komunitas, forum sangatlah peduli dengan reputasi anda. Anda harus rajin untuk mengupdate dagangan Anda dan merespon calon pembeli dengan baik.

Jangan lupa meminta testimoni recommended seller dari para pembeli supaya reputasi Anda di forum tersebut terlihat bagus.

Social Media

Hampir semua orang mempunyai akun social media. Memanfaatkan social media  terbilang sangat efektif sebagai alat pemasaran. Selain karena Anda sudah terbiasa memakai media ini, social media juga merupakan situs internet yang paling banyak diakses oleh para pengguna internet.

Untuk cara berjualan di social media, Anda sebaiknya membuat akun khusus untuk toko. Hal ini untuk memudahkan para calon pembeli mencari produk Anda serta untuk menghindari para pembeli meninggalkan toko Anda karena akan merasa terganggu dengan postingan pribadi anda.

Pahamilah keunggulan dari masing-masing social media dan gunakanlah dengan bijak sesuai dengan barang dagangan anda. Beberapa social media yang banyak digunakan antara lain Instagram, Facebook, Path dan Twitter.

Jika Anda mau menjual produk yang butuh ekposure visual yang lebih tinggi maka Instagram dan Pinterest adalah pilihan yang paling tepat untuk digunakan.

Kesimpulan

Sebagai seorang pemula dalam bisnis online, Anda tetap dapat “meniti karir” dengan cara berjualan online dengan gratis. Anda hanya perlu menemukan tempat jualan online yang paling sesuai untuk Anda , kemudian secara spesifik menentukan platform mana yang bisa Anda kelola.

Terdapat tiga jenis tempat jualan online secara gratis di Indonesia yang sesuai untuk pemula, yaitu marketplace, forum jual beli dan social media. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY