10 Media Promosi Online yang Membantu Pebisnis Online

0
530

Promosi Online – Bisnis online memiliki media untuk berjualan dan promosi yang beraneka ragam. Mulai dari website, sosial media sampai business networking. Selama ini orang masih ragu-ragu untuk berbisnis online karena takut tidak mempunyai media berjualan yang aman.

Padahal media online sangatlah mudah untuk bisa digunakan dan mempunyai jangkauan yang luas. Media online bisa memberikan kita peluang untuk melakukan apa saja dengan mudah dan cepat termasuk untuk kegiatan berbisnis.

Kali ini mari kita lihat dimana saja para pebisnis online bertransaksi dan melakukan promosi bisnisnya dengan cara online?

  1. Facebook

Tidak bisa dipungkiri, kalau Facebook menjadi pilihan utama untuk promosi bisnis selain di website? Selain memang terkenal sebagai sosial media, Facebook dinilai sangatlah mudah untuk berbisnis. Facebook juga memiliki fasilitas Facebook Ads untuk para pebisnis online. Mereka yang ingin untuk lebih mudah ditemukan dalam Facebook dapat langsung memakai fasilitas ini.

  1. Twitter

Twitter yang awalnya hanya berfungsi sebagai media berbagi status, kini juga dijadikan sebagai salah satu media promosi produk dari toko online. Hampir semua toko online mempunyai akun di Twitter.

Sama seperti Facebook, Twitter dinilai sangatlah mudah dijangkau oleh para pelanggan toko online dimanapun mereka berada. Karena dari semua orang kini bisa mengakses Twitter dengan mudah dengan memakai smartphone.

  1. Instagram

Instagram adalah media sosial khusus fotografi inilah bisnis online kita semakin mudah untuk dapat berkembang. Mereka yang mempunyai akun media sosial Facebook dan juga Twitter, sudah dapat dipastikan mempunyai akun Instagram. Bahkan lebih banyak dari mereka yang memulai bisnis online dari Instagram. Selain mudah untuk digunakan, Instagram juga mendekatkan kita dengan target pasar kita.

   4.Path

Path adalah media sosial yang awal mulanya hanya terlihat sebagai Private Facebook dan juga Twitter. Karena lebih minimalis dalam tampilan, Path mempunyai peminat yang cukup banyak. Bukan lagi dipakai untuk saling menyapa satu dengan lainnya, tapi sekarang Path juga laris manis digunakan untuk berbisnis online.

  1. Google+

Dengan akun Google+, pebisnis online dapat mempromosikan bisnis online mereka. Youtube juga bisa menjadi salah satu produk Google yang sangat ramai digunakan untuk promosi berbisnis online. Dengan Google+, pemilik bisnis online dapat menemukan calon para pelanggan mereka lebih banyak. Dalam circle, kita bisa mendapatkan follower dan membuat mereka dapat menjadi calon pelanggan yang potensial toko online kita.

  1. Kaskus

Forum Jual Beli adalah media yang sengaja diciptakan khusus oleh Kaskus untuk para entrepreneur online. Melihat makin berkembangnya pebisnis online dan peluang untuk dapat membantu kesuksesan toko online lewat media sosial, Kaskus bisa menjadi pelengkap para pemilik bisnis online untuk dapat berpromosi.

  1. Market Place

Selain memakai website, para pemilik bisnis online biasanya akan memasarkan produk mereka di marketplace. Mulai dari OLX, Tokobagus, Berniaga, Elevenia dan lain sebagainya. Market place ini membantu para pebisnis online untuk mempunyai halaman toko online mereka sendiri dan upload produk mereka serta promosi produk mereka.

  1. Blog

Blog ini berbeda fungsinya dengan website yang ditujukan untuk kegiatan bisnis online. Blog berfungsi untuk dapat mendukung promosi bisnis online. Mulai dari memuat artikel tentang bisnis dan produk toko online, memuat berita terbaru hingga menunjukkan prestasi yang pernah diraih.

  1. Email marketing

Dinilai terlalu “jadul”, email marketing mempunyai kekuatan yang hebat untuk berpromosi secara online. Hampir setiap toko online kita harus mencantumkan email mereka. Dari situlah kita mempunyai sumber yang besar untuk dapat mengirimkan berita promosi atau penawaran produk terbaru kepada para pelanggan kita.

  1. Business Networking

Menurut kamu apakah bisnis online itu hanya perlu promosi dalam media online saja? Kalau iya, kamu harus berfikir ulang. Bisnis online memang didominasi transaksi di dunia maya. Tapi bukan berarti jika bisnis online harus melakukan promosi di media online.

Media pemasaran offline contohnya brosur, pamflet serta sticker juga dapat menjadi media promosi buat kamu. Kamu juga wajib mengimbangi promosi online dan promosi offline dengan mengikuti bazar, pameran atau bahkan menjadi sponsorship acara.

Dari sekian media promosi online, media promosi online manakah yang digunakan oleh pemilik bisnis online untuk dapat berbisnis, manakah yang menjadimu? Kamu tidak hanya harus berjualan di website, media di atas bisa menjadi pelengkap jualan toko online kamu untuk dapat sukses 🙂

SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY