10 Kesalahan Dalam Bisnis Sablon Kaos Printer DTG (bagian 2 )

Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas mengenai 5 daftar pertama dari 10 kesalahan dalam menjalankan bisnis sablon kaos printer DTG yang bisa menghantarkan usaha Anda menuju kebangkrutan.

10 Kesalahan Dalam Bisnis Sablon Kaos Printer DTG (bagian 2 )
Image : pixeden.com

Nah, kali ini saya akan melanjutkan informasi tersebut ke 5 bagian kedua dari daftar tersebut. 5 kesalahan lain yang kadang tampak sepele namun rupanya bisa menjadi cukup fatal bila Anda biarkan terus terjadi untuk usaha macam Anda.

Apa sajakah 5 kesalahan kedua untuk usaha sablon kaos printer DTG yang bisa mengacaukan usaha Anda tersebut?

1, Mengabaikan urusan perawatan alat
Anda bisa jadi kebanjiran pesanan, tapi jangan sampai Anda mengabaikan soal perawatan mesin dan alat-alat Anda.

Bagaimana bisa semua alat ini akan tetap bekerja optimal jika Anda paksa untuk terus bekerja, menggarap pesanan tanpa henti tanpa Anda luangkan waktu untuk perawatan.

Jadi selalu luangkan waktu secara reguler untuk menghentikan produksi sementara hanya sekedar untuk melakukan perawatan mesin.

2, Menerima termin tanpa pertimbangan
Sebesar apapun klien yang Anda terima, sebesar apapun pemesanan mereka, Anda tetap harus berhati-hati kala akan memberikan termin. Ada dua alasan utama Anda dalam hal ini.

Anda bisa jadi akan menguras dana operasional Anda untuk membiayai produksi, bagaimana bila ternyata pemesanan ini digagalkan sepihak? Sedang pertimbangan kedua adalah untuk menghindari piutang tak terbayar.

Jadi sebaiknya Anda tetap meminta uang DP yang sekiranya cukup untuk menutupi biaya produksi dasar. Ini untuk mengamankan dana operasional Anda.

3, Mengajukan termin berlebihan
Ini adalah kasus sebaliknya, untuk menghindari pengajuan termin secara berlebihan pada supplier Anda. Kadang supplier Anda setengah hati memberikan termin dengan nilai yang berlebihan.

Di sisi lain, sikap Anda sering mengundur-undur waktu pembayaran bisa jadi akan membuat pihak supplier menghindari penjualan pada Anda atau malah menaikan harga pada Anda. Yang jelas masalah kredibilitas Anda juga dipertaruhkan di sini.

Baca juga :  Trend Kaos Distro Terbaru Adalah Kaos Couple

4, Tidak mempersiapkan marketing plan
Kadang sebuah usaha sablon kaos sudah memiliki desain kaos yang super keren, tetapi siapa yang akan membelinya kalau konsumen tidak tau. Jadi jangan berkutat pada urusan produksi saja.

Buat perencanaan untuk membuat produk Anda bisa sampai ke tangan calon konsumen supaya mereka bisa membelinya. Cari jalur pemasaran terbaik dengan nilai ekonomi dan non ekonomi yang sesuai dengan kemampuan dana Anda.

Jalur pemasaran online memang bisa menjadi jalur cepat penjualan, tetapi bisa jadi jalur pemasaran offline malah lebih efektif untuk usaha Anda saat ini.

5, Mengabaikan kepentingan tenaga kerja Anda
Kali ini Anda justru terlalu berorientasi pada penjualan dan sangat mengagungkan konsumen Anda.

Saking mengagungkan mereka, kapanpun mereka mengajukan pesanan Anda selalu terima bahkan ketika seharusnya karyawan Anda libur atau setelah karyawan Anda disibukan oleh pesanan besar yang membuat mereka lembur berhari-hari.

Berikan karyawan, buruh dan tenaga pemasar Anda penghasilan yang sewajarnya dan sesuaikan dengan pendapatan Anda. Tetapi uang bukan segalanya, tunjukan kepedulian Anda pada mereka dan penghargaan Anda pada usaha keras mereka.

Menjadikan mereka bagian dari usaha akan mendorong mereka bekerja lebih giat untuk Anda.

Itulah 5 kesalahan lain yang perlu Anda hindari ketika Anda menjalankan usaha sablon kaos printer DTG. Semoga beberapa daftar dalam artikel ini dan dalam artikel sebelumnya bisa menjadi referensi usaha yang memadai untuk Anda.

SHARE