Usaha Ternak Sapi Simmental Super Untuk Bisnis Sapi Potong

0
611

Ternak sapi Simmental Super – Selama ini kebanyakan orang berpikir akan dibuat ribet dengan rantai panjang proses pembiakan sapi sampai bisa masuk ke meja potong. Padahal sebenarnya rantai panjang ini tidak selamanya harus berada di tangan satu usaha peternakan. Karena peternak biasanya mengambil spesifikasi untuk menjual sapi potong atau sapi perah dan yang hanya fokus pada bakalan yang sifatnya tak ubahnya dengan bibit.

Usaha Ternak Sapi Simmental Super Untuk Bisnis Sapi Potong
Usaha Ternak Sapi Simmental Super Untuk Bisnis Sapi Potong

Dan kali ini kami akan membahas mengenai ternak sapi Simmental Super dan bagaimana prospeknya dalam usaha sapi potong. Sapi Simmental juga termasuk jenis sapi Giant tetapi dengan harga sapi bakalan yang tak semahal jenis Limousin dan brahmana.

Baca juga : Teknik Penggemukan Dalam Usaha Ternak Sapi Brahmana

Sapi Simmental berasal dari tanah Swiss tepatnya di daerah Simme yang menjadi asal mula penamaan Simmental. Udara yang dingin dengan banyak padang rumput yang tumbuh subur membuat sapi Simmental mampu membentuk daging dengan relatif berkuantitas dan berkualitas. Setidaknya sapi Simmental sanggup mencapai berat badan kisaran 1,3 kg.

Bentuk sapi ini sangat khas dengan corak kulit khas coklat kehitaman yang berpadu dengan putih. Kepala, kaki dan ekor berwarna putih dengan tubuh cenderung tambun dan kaki tidak terlalu pendek.

Memiliki punuk yang tidak sedominan punuk sapi Limousin tetapi cukup terlihat jelas. Punuk ini secara medis berfungsi sebagai pusat cadangan makanan ketika di alam liar mereka kesulitan mendapatkan pakan harian mereka.

Kelebihan dari daging sapi yang berasal dari sapi Simmental adalah kualitas dagingnya yang lembut dan rendah lemak. Daging sirloinnya termasuk jenis yang paling digemari di Eropa karena karakter dagingnya yang mudah diolah. Untuk jenis Simmental Super, maka kualitas daging menjadi lebih baik dan kerap kali menjadi favorit banyak restoran.

Sapi Simmental juga banyak dikembangkan dalam Tapos dan banyak daerah pengembangan ternak sapi Simmental Super lain di kawasan sekitar Bogor. Kebanyakan petani memfungsikan sapi Simmental jantan sebagai pedaging dan jenis betina sebagai sapi perah. Pemilihan kawasan Bogor karena udara di kawasan ini cenderung dingin dan sesuai dengan standar iklim dari sapi Simmental.

Namun kini sapi Simmental juga banyak dikembangkan didaerah lain yang memiliki iklim hampir serupa dengan kawasan Bogor. Termasuk juga bisa Anda kembangkan di dalam usaha ternak Anda sendiri, dengan fokus bakalan atau bisnis sapi potong.

Untuk memulai usaha ternak sapi Simmental Super, Anda perlu menentukan dulu akan bermain dalam ranah bakalan atau pada penggemukan. Untuk modal terbatas sudah tentu bisnis bakalan kurang sesuai mengingat Anda setidaknya perlu memiliki 2 -3 pasang indukan yang bisa jadi akan memakan modal lebih dari 500 juta, meski angka ini sudah termasuk biaya awal seperti pembuatan kandang dan persiapan lainnya.

Sedang untuk bisnis penggemukan, yang Anda perlukan adalah beberapa ekor sapi Simmental Super bakalan yang masih berada pada harga kisaran angka 25 juta perekornya. Kandang yang ukurannya memang harus relatif besar dengan sket-sket yang cukup luas untuk penempatan per ekor sapinya. Total Anda akan memerlukan dana sekitar 200 juta untuk 4 ekor sapi bakalan dan seluruh biaya penggemukan selama 7 – 8 bulan.

Dari angka di atas, setidaknya Anda bisa mengantungi penjualan sekitar 60 jutaan perekornya. Yang artinya Anda mendapatkan keuntungan kotor sekitar 240 juta. Atau kisaran untung bersih sekitar 40 jutaan dalam 8 bulan. Bukan keuntungan yang mengecewakan bukan untuk modal awal 200 juta?

Biaya terbesar dalam masa perawatan 8 bulan terletak pada kebutuhan pakannya yang besar. Tak kurang dari 100 kg pakan harus diberikan setiap harinya untuk memenuhi target kenaikan berat badan sekitar 2 -3 kg perhari. Pakannya bisa merupakan kombinasi antara konsentrat, hijauan rumput dan hasil fermentasi beberapa umbi dan kacang-kacangan.

Anda bisa menekan biaya dengan menyewa lahan yang Anda tanami rumput gajah kualitas satu untuk membantu memenuhi suplai pakan sapi peliharaan Anda. Dengan cara ini Anda tak perlu membeli rumput gajah yang ketika musim panas bisa menjulang harganya. Malah bukan mustahil Anda bisa mendapatkan hasil sampingan dengan menjual surplus rumput gajah dari lahan sewaan Anda.

Sapi Simmental Super termasuk jenis sapi yang tahan penyakit, cenderung mudah Anda jinakan dan mudah Anda gemukan, rasanya pilihan untuk menjalankan usaha sapi potong dengan ternak sapi Simmental Super jelas bukan ide yang buruk. Apalagi dengan nilai jual yang terbilang fantastis Anda jelas akan mengeruk untung besar dari ternak sapi Simmental Super yang Anda jalankan.

Sumber gambar : boscohandy.blogspot.com

SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY