6 Usaha Modal Kecil Yang Mudah Dan Menguntungkan

Baca Juga :

Terpikir untuk memulai usaha namun belum punya ide bisnis yang menarik? Atau kamu hanya memiliki modal tidak begitu besar. Apakah bisa untuk memulai usaha modal kecil?

Niat untuk memulai sebuah usaha harus dibarengi dengan konsep yang tepat. Bahkan hanya dengan modal yang kecil, kamu bisa mendapat keuntungan yang relatif besar. Berikut ini beberapa ide dan konsep usaha yang bisa kamu jalankan dengan modal kecil.

Menjual Sarapan di Rumah

Mungkin kedengarannya sangat sederhana, namun apakah kamu tahu bahwa sekarang ini rutinitas pagi begitu padat. Banyak orang yang harus segera berangkat ke kantor sangat pagi untuk menghindari kemacetan, dan lain sebagainya. Sehingga membuat banyak orang tidak sempat untuk membuat sarapan.

Hal ini tentunya menjadi sebuah peluang yang besar bagi kamu yang punya keahlian memasak. Kamu bisa menyiapkan berbagai macam menu masakan pagi untuk dijual di rumah. Dengan bahan masakan yang sederhana, kamu bisa membuat berbagai macam menu yang sesuai untuk sarapan.

Kamu juga tidak perlu membuat banyak persiapan untuk menjual. Cukup menyiapkan meja dan kursi di depan rumah. Cukup simpel untuk membuka usaha, dan pastinya akan banyak tetangga kamu yang berminat untuk menu sarapan.

Beberapa menu sarapan yang biasanya sangat laris seperti bubur ayam, nasi kuning, nasi uduk, atau lontong sayur.

Usaha Cemilan dan Kue Kering

Usaha modal kecil selanjutnya berupa cemilan dan kue kering. Cemilan dan kue kering ini memiliki daya simpan yang cukup lama, sehingga kamu perlu khawatir akan mendapat kerugian. Karena cemilan tersebut bisa disimpan dan tetap bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Bahan-bahan yang kamu gunakan juga cukup mudah didapatkan dan harganya murah. Seperti kripik singkong, kripik pisang, kripik tempe, dan lain sebagainya.

Untuk membuatnya juga sangat mudah, dan kamu cukup memberikan sentuhan pada kemasannya. Kamu bisa pilih kemasan plastik yang tebal, dan dilengkapi dengan stiker yang menarik.

Untuk pemasarannya juga sangat mudah. Kamu bisa menitipkannya ke warung-warung sekitar rumah, tawarkan ke teman-teman, atau juga bisa kamu promosi secara online.

Dropshiper

Dropship merupakan sebuah bisnis yang bisa dikatakan bisnis tanpa modal. Caranya adalah dengan menjualkan barang orang lain dengan selisih harga tertentu. Kamu tidak perlu membeli barang terlebih dahulu sebelum ada orang yang memesan barang tersebut, karena kamu hanya meneruskan pesanan kepada penjual.

Tampak sangat sederhana untuk dijalankan. Namun, kamu harus bisa memilih supplier yang berani memberikan harga murah, dan kualitas yang baik.

Selain itu, kamu harus benar-benar memahami barang yang kamu jual. Sehingga ketika ada pertanyaan dari pelanggan, kamu tidak asal memberikan informasi yang justru akan membuat citra kamu turun.

Aksesoris Perempuan

Usaha aksesoris untuk perempuan ternyata banyak menarik minat para perempuan. Syaratnya adalah aksesoris yang kamu jual benar-benar unik dan lain daripada yang lain. Kamu harus terus berinovasi agar bisa menemukan produk terbaik.

Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk tersebut. Jangkauan media sosial ini sangat besar. Sehingga akan banyak pelanggan yang akan menghubungi dari dalam maupun luar kota, bahkan kamu berkesempatan untuk mendapatkan pelanggan dari seluruh Indonesia.

Kaos Sablon Pre-order

Usaha ini membutuhkan keahlian dalam hal desain dan sablon. Ketika kamu memiliki desain-desain menarik untuk sablon kaos, pastinya akan banyak orang yang tertarik. Kamu bisa memilih berbagai macam tema yang sesuai dengan selera kamu terlebih dahulu.

Atau kamu juga bisa memilih komunitas tertentu untuk desain kaos tersebut. Seperti komunitas besar keagamaan, komunitas musik, dan lain sebagainya.

Pre order ini tentunya akan meringankan beban produksi kamu. Sehingga kamu bisa mengelola keuangan untuk memproduksi kaos-kaos yang dipesan tersebut.

Jasa Pengetikan

Segmentasi pasar untuk jasa pengetikan ini adalah para mahasiswa dan guru-guru sekolah. Karena akan banyak sekali tugas kampus untuk pembuatan makalah dan lain sebagainya. Begitu juga para guru-guru pastinya membutuhkan jasa pengetikan ini untuk berbagai pekerjaan.

Kamu bisa menambah fasilitas print, sehingga bisa menambah penghasilan. Untuk membeli printer sederhana, kamu bisa anggarkan uang di bawah Rp1 juta. Penghasilan dari usaha ini bisa terus dikembangkan, hingga kamu bisa membeli mesin foto copy besar, dan pastinya penghasilan juga akan meningkat.

Itulah beberapa ide untuk usaha modal kecil yang bisa kamu lakukan. Sangat mudah untuk dilakukan, namun hasilnya bisa sangat menguntungkan. Tinggal bagaimana kamu bisa disiplin dalam mengerjakannya atau tidak.

Baca Juga :