4 Tujuan Promosi Digital Untuk Bisnis Online Anda

Baca Juga :

Promosi digital merupakan kegiatan pemasaran yang dilakukan melalui media internet atau digital. Secara umum, tujuan promosi digital adalah untuk memperoleh data, traffic, serta pelanggan. Membahas tentang promosi digital ini, tentu tidak terlepas dari perkembangan teknologi digital yang akrab bagi masyarakat Indonesia.

Tujuan Promosi Digital
Tujuan Promosi Digital

Promosi digital juga dianggap lebih mudah dilakukan dan juga potensial. Sebab, memiliki akses yang cepat dan jangkauannya lebih luas. Media digital seperti sosial media, website, marketplace, aplikasi, digital payment, dan juga search engine merupakan teknologi yang bisa menembus batas ruang dan waktu sehingga menyebabkan tujuan promosi digital lebih mudah tercapai.

Lantas, apa sajakah tujuan promosi digital yang lebih spesifik? Mari membahasnya lebih jauh pada ulasan di bawah ini!

Tujuan Promosi Digital

Adapun tujuan promosi digital yang biasanya dilakukan oleh pelaku bisnis, diantaranya :

  • Meningkatkan Brand Awareness

Sejatinya, adanya peningkatan brand awareness tidak hanya menjadi tujuan dari pemasaran digital. Melainkan juga untuk promosi konvensional. Sebab, masyarakat harus mengetahui dan mengenal produk maupun merek tersebut. Semakin familiar brand tersebut, semakin mudah juga diterima konsumen.

Pada era digital ini, Anda dapat menggunakan Facebook atau Instagram Ads. Bisa juga menggunakan Google Ads sebagai display advertiser yang mumpuni. Nah, tujuan promosi digital yang satu ini sejalan dengan hukum pemasaran dimana semakin dikenal dengan baik suatu produk, maka semakin mudah juga untuk diterima konsumen.

  • Mencapai Target Market

Tujuan promosi digital yang selanjutnya adalah agar pemasaran bisa menjangkau target konsumen dengan lebih tepat, cepat, serta luas. Pun, pemasaran akan menjadi lebih efektif dan efisien. Sebab, iklan di media digital akan lebih spesifik menyasar pasar tertentu. Terlebih, iklan digital ini lebih mudah dilacak dan dilaporkan dengan jelas. Dimana Anda bisa melihat berapa banyak orang yang tertarik terhadap iklan Anda ataupun berapa yang membeli produk yang telah ditawarkan.

  • Analisis Digital

Tujuan yang selanjutnya adalah bisa menganalisa sehingga penerapan sistem digital marketing pun akan menjadi lebih efektif dan efisien. Beberapa alat bisa digunakan untuk mengukur iklan, penggunaan anggaran iklan, perilaku user, sehingga akan tepat dengan target pemasaran. Beberapa halaman analisa yang dapat dipakai adalah Search Console, Google Analytics, Instagram Insight, Facebook Ads Manager.

  • Membangun Database Market

Memiliki database market konsumen bisa menjadi tahap yang tepat untuk mendapatkan banyak pelanggan. Contohnya, saat Anda menjalankan bisnis gamis muslimah, maka menggunakan digital marketing, Anda dapat mengumpulkan prospek konsumen dengan kriteria perempuan berusia 18 hingga 40 tahun serta menyukai fashion.

Database akan bermanfaat untuk menawarkan produk Anda melalui iklan ataupun email. Pastinya, produk Anda akan lebih tepat sasaran.

Keuntungan Promosi Digital

Setelah Anda menyimak mengenai tujuan promosi digital, tentu sudah tahu bahwa jenis marketing yang satu ini memang memiliki banyak keuntungan. Nah, untuk itu, mari kita ulik, apa saja yang jadi keuntungan dari promosi digital.

  • Promosi Digital adalah Iklan Yang Tertarget

Cara promosi yang satu ini memungkinkan Anda untuk menyasar target market yang tepat. Lain halnya dengan majalah, koran, dan iklan radio yang didengarkan banyak orang tetapi tidak bisa dipastikan mana yang tertarik pada produk Anda atau mana yang mampu membelinya.

Menggunakan campaign digital, maka Anda pun akan membuat iklan secara tepat bagi orang yang tepat juga. Sehingga, Anda pun akan lebih menghemat tenaga dan biaya.

  • Promosi Digital Memiliki Pasar yang Terbuka Luas

Berdasarkan pada data Google, dimana ada 3,5 biliun user setiap hari, dimana 92% diantaranya akan membeli brand dari brand yang ada pada halaman pertama Google Search. Google mengalami kenaikan pencarian sebesar 10% setiap tahun, 35% orang mencari keyword tentang produk, 34% orang mencari restoran dengan kata kunci near me, dan juga total digital advertiser di tahun 2019 mencapai 100 billion dollar.

Jadi, memasang iklan di internet adalah langkah yang sangat besar. Selain itu, pelaku usaha akan mendulang rupiah dari tahun ke tahun. Jangan sepelekan pasar yang begitu luas pada media digital tersebut.

  • Promosi Digital Menawarkan Data yang Reliable

Seperti yang sudah disebutkan pada pembahasan tentang tujuan promosi digital, dimana strategi ini akan melibatkan tools iklan untuk meriset, mengatur, menganalisis semua campaign online yang Anda lakukan.

Apabila dilakukan secara efektif, maka promosi digital yang Anda lakukan akan lebih mulus serta bisa membuat brand Anda lebih dikenal lebih banyak orang. Iklan Anda pun dapat dikostumisasi supaya sesuai dengan selera target. Sehingga, conversation rates pun bisa naik berkali lipat. Tersebab bentuknya digital, maka Anda pun dapat mengecek semua langkah yang dilakukan audiens terkait dengan terbitnya iklan Anda.

  • Mudah Disesuaikan dan Murah

Promosi digital bisa dibilang murah. Bahkan, pemasaran digital ini bisa Anda lakukan hanya dengan budget sekitar 70 ribu rupiah saja. Meski begitu, hasilnya sangat maksimal. Jika brand Anda sudah berkembang, maka naikkan lagi angkanya. Kemudian, analisis, dan uji coba serta memaksimalkan ROI.

  • Cara Kerja yang Cepat

Teknik marketing memang tidak bisa langsung instan. Namun, promosi digital ini merupakan salah satu yang tercepat. Dari mulai memasang iklan, dilihat lima sampai sepuluh kali (hitungan menit), penjualan pun bisa langsung masuk. Jika order sudah diselesaikan, minta lah pada konsumen untuk meninggalkan review.

Langkah Memulai Promosi Digital

Setelah mengetahui keuntungan dan tujuan promosi digital, tentu sekarang saatnya Anda take action. Nah, ada beberapa hal yang mesti Anda lakukan untuk memulai promosi digital. Berikut ulasannya :

  • Siapkan alat yang Dibutuhkan

Beberapa alat bantu yang bisa Anda gunakan diantaranya website, identitas produk, akun media sosial, jejak online (review dan feedback).

  • Konten yang Menarik

Anda juga harus mempersiapkan konten berupa video, foto, tulisan, dan sebagainya yang shareable. tentukan juga tujuan dari pemasaran serta target pasar yang Anda sesuaikan dengan konten yang akan dibuat.

  1. Mulai lah mengunggah serta melanjutkan evaluasi setiap unggahan pada semua social media yang dipunyai. Tentukan mana yang akan memberi feedback serta fokus pada beberapa aset yang memberikan feedback baik untuk bisnis.
  2. Selanjutnya, masuk dan bergabung dengan forum marketplace publik. Usahakan supaya profil bisnis dibuat dengan bagus. Sebab, nantinya, akan mempengaruhi citra brand itu sendiri.

Jika sudah memulainya, Anda juga tidak boleh mengesampingkan jenis media pemasaran online yang akan dipilih. Beberapa jenis ini mungkin dapat Anda pertimbangkan:

  1. SEO (Search Engine Optimization) yakni upaya untuk mengoptimasi situs supaya bisa memperoleh peringkat paling atas pada hasil pencarian. Agar mencapai hal tersebut, maka Anda harus memahami cara kerja mesin pencari.
  2. Content Marketing untuk merencanakan, membuat, dan membagikan konten mengenai perusahaan. Sehingga, menarik pembaca mengetahui bisnis Anda.
  3. PPC yakni cara mengarahkan traffic ke situs Anda dengan bayaran untuk setiap klik.
  4. Affiliate Marketing  yakni Anda bermitra dengan situs orang lain.

Jika anda ingin melipat gandakan omset bisnis anda di era industri digital marketing sekarang ini, anda sudah berada di tempat yang tepat !! kami tim siapbisnis.net akan membantu anda mengoptimasi sistem promosi digital anda. Silahkan menuju halaman kontak website ini. Anda bisa konsultasi dahulu… gratis.

Demikian pembahasan lengkap mengenai tujuan promosi digital dan seluk beluknya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :