Tebing Breksi, Tempat Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

0
816

Tempat Wisata di Jogja – Salah satu spot yang lagi booming, bahkan di gadang-gadang jadi GWK-nya Jogja. Berita ini santer terdengar di media sosial Instagram, Facebook, Path, dll bahkan hastag nya di Instagram sudah mencapai 15.115 post.

Tempat Wisata di Jogja

Wow, fenomenal ini kemudian menjadi bahan pembincangan netizen mengenai claim tempat wisata di Jogja yang lagi booming ini. Betapa tidak, mengenai lokasi yang kadang bikin perbincangan, karena ada yang bilang lokasinya berada di Prambanan Sleman ada yang bilang Prambanan Klaten.

Oke, perbincangan tersebut mungkin lebih ke arah politik ya, tapi yang jelas 30 Mei tahun lalu Tebing Breksi resmi dibuka sebagai lokasi wisata oleh dinas pariwisata Kab. Sleman.

Hal yang menarik di Tebing Breksi salain menjadi tempat wisata di Jogja yang lagi booming, ialah lokasinya yang strategis untuk melihat view indahnya perkotaan dari atas bukit.

Selain itu, hal menari lainya lokasinya berada dekat dengan deretan candi, yaitu Prambanan, Candi Boko, dan Candi Ijo. Ada pula spot riyadi yang juga masih di kawasan Tebing Breksi, Dusun Groyokan.

Keindahan alam ini, memang hasil pahatan tangan manusia, karena lokasi ini awalnya areal penambangan yang kemudian dipahat hingga sekarang dalam bentuk karakter pewayangan.

Semakin hari tempat wisata di Jogja satu ini semakin dikelola dengan baik oleh pariwisata setempat, terbukti dengan fasilitas yang sudah mulai dibangun seperti Mushola, tangga menuju puncak bukit, panggung serbaguna, warung makan, lahan parkir, dan toilet.

Seolah terus tumbuh hingga kini, banyak pihak event organisation terus membuat acara di Tebing Breksi. Sementara itu para pengunjung yang datang memanfaatkan background Tebing Breksi sebagai lokasi hunting foto untuk prewed (pre-wedding), hingga lokasi ampuh anak-anak Instagramers (sosmed) buat pamer liburan mereka.

Bahkan, diatas puncak Tebing Breksi terdapat “Minnie Mouse” lho, yang bisa diajak foto dan ada juga burung hantu (owl) yang lucu. Dari atas puncak sobat bisa melihat hamparan pepohonan serta perkotaan.

Lokasinya juga tidak sulit untuk dijamah, asal tahu saja dengan pertigaan candi Prambanan. Atau lebih mainstream lagi tahu dengan candi Ratu Boko maka anda sudah dekat dengan tebing breksi.

Arahnya yang jelas menuju Candi Ijo, atau lebih tepatnya berada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Untuk rute jelasnya yaitu jalur utama, Prambanan Piyungan sekitar 1 km (sekilo) sebelum lokasi candi Ijo. Soal tiket masuk ini sebenarnya cukup retribusi parkir yaitu sebesar 2000 rupiah untuk motor dan 5000 rupiah untuk mobil.

Nah, gimana sudah terbius dengan indahnya Tebing Breksi yang lagi hot tempat wisata di Jogja hits terbaru yang wajib anda kunjungi. Sedikit perhatian untuk memastikan kendaraan anda kuat dengan jalan tanjakan dan kondisi ban tidak kempes, karena jalan menuju Tebing Breksi lumayan terjal, terutama masuk lokasi wisata jalanan masih berbatu.

Yang jelas pastikan kondisi mesin prima dan ingat untuk hati – hati berkendara karena anda memasuki kawasan desa jadi mohon untuk membawa kendaraan dengan sopan. Tidak lupa selalu mengingatkan terutama hati – hati saat menuju atas tebing dan selau waspada saat melewati anak tangga.

Jaga selalu anak-anak untuk tidak mendekati bibir tebing, karena hanya dibatasi oleh pagar yang tidak terlalu rapat. Terima kasih untuk tidak membuang sampah sembarangan dan selamat menikmati tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi lainya.

SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY