Serunya Aktivitas Cave Tubing Goa Pindul Jogja

0
344

Menjelajahi goa pindul jogja bawah tanah dan menyesapi panorama unik di bawah perbukitan Gunung Kidul tampaknya tengah menjadi trend baru dari aktivitas pariwisata di kawasan ini. Dengan jajaran bukit barisan dari kawasan Gunung Kidul yang terkenal gersang dan tandus, tersimpan pesona luar biasa di sisi bawah tanahnya.

Serunya Aktivitas Cave Tubing Goa Pindul Jogja
Serunya Aktivitas Cave Tubing Goa Pindul Jogja

Semua berawal dari Goa Pindul Jogja, sebuah goa dengan sungai bawah tanah yang menyusuri tengah goa. Membuat aktivitas caving mulai dikenal masyakarat Jogja dan para wisatawan yang bertandang ke kota ini. Pesona dari stalaktit dan stalakmit dalam goa Pindul menghadirkan candu yang membuat semakin banyak orang tertarik menjelajah goa di kawasan Gunung Kidul.

Baca juga : Wisata air terjun sri gethuk wonosari

Goa ini mulai dikomersialkan sejak tahun 2010, para pecinta alam yang menemukan panorama cantik dari goa yang berlatar belakang dongeng asli kawasan Gunung Kidul ini. Dikisahkan seorang pemuda bernama Joko Silunglung yang mencari ayahnya. Dan akhirnya menemukan goa ini. Di dalam goa ini Joko Silunglung terbentur kepalanya oleh satu bagian atap goa yang rendah dan menyebabkan nama PIndul muncul, sebuah istilah lokal untuk kata terbentur.

Yang menarik dari goa Pindul Jogja adalah bagaimana cara untuk menyusurinya. Bila goa lain Anda susuri dengan berjalan menapaki batuan di dasar goa, maka kali ini Anda harus menyusuri sungao bawah tanahnya dengan menggunakan metode cave tubing.

Bukan dengan perahu karet, melainkan dengan ban-ban dimana Anda naik di atasnya dan mengambang mengikuti arus sungai Pindul yang tenang sepanjang 300 meteran. Di beberapa titik memang arus akan sedikit menantang, tetapi tidak berbahaya sekalipun dilalui oleh Anda yang tergolong awam. Bahkan perjalanan selama 50 menit ini akan memberi Anda pengalaman emas menikmati panorama bawah tanah yang mempesona dengan cara berbeda.

Goa Pindul memang dianugrahi pesona yang membuat Anda akan terbius. Di dalam goa Pindul terdapat bentukan stalaktit dan stalakmit purba yang menawan. Kadang membentuk menara-menara hingga tiang-tiang goa yang megah. Kadang memendar cantik oleh semburat cahaya yang masuk dari langit-langit goa yang berlubang. Efek dari bentukan batuan kristal dan moon milk dalam stalaktit dan stalakmit.

Keindahan ini berpadu dengan dinding goa yang tampak bercorak efek dari aktivitas kelelawar dalam goa selama beratus ahun. Juga munculnya beberapa batuan kristal yang bila Anda ketuk akan mengeuarkan suara layaknya gong dan akan menciptakan efek menggema di seluruh lorong goa.

Tentu saja jangan lupakan sebuah luweng atau lorong yang berujung sebuah jendela besar di langit-langit. Pada waktu kisaran pukul 10 pagi, di luweng ini akan muncul cahaya surga atau efek bias cahaya putih lembut yang datang dari pancaran sinar matahari yang masuk ke dalam lubang. Pancaran ini makin cantik ketika berpendar di pantulkan oleh air sungai dan kristal-kristal di dinding goa.

Dengan pesona begini menawan siapa yang tak akan jatuh cinta dan akhirnya kecanduan pesona goa dalam kawasan bawah tanah Gunung Kidul? Tak heran kini semakin banyak saja petualang goa yang menyasar Gunung Kidul sebagai incaran perjalanan mereka. Bahkan tak jarang petualang dari manca pun juga menyasar kawasan goa-goa di daerah Gunung Kidul.

Boleh dibilang, tak afdol rasanya mencicipi jajaran goa di Gunung Kidul tanpa menjajal cave tubing di Goa Pindul Jogja. Jadi sebelum menyelasak ke dalam goa-goa lain, mulailah dulu dengan menghampiri kawasan Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Disanalah Goa Pindul bisa Anda jumpai.

Tak sulit mencapai lokasi Goa Pindul ini karena lokasinya terbilang sangat terjangkau dan mudah dicapai dengan kendaraan pribadi. Anda bisa melalui jalur perjalanan dengan kendaraan pribadi menuju kawaasan Wonosari, lalu kawasan Karang Mojo dan setelah perempatan Argopolitan Anda bisa belok kiri memasuki jalur desa. Dari sana tak jauh Anda akan jumpai plang informasi mengenai lokasi Goa Pindul di desa Bejiharjo. Tinggal ikuti saja papan petunjuk untuk mencapai lokasi.

Untuk bisa menjajal cave tubing di Goa Pindul Jogja ini, Anda akan dikenakan biaya sekitar 30 ribu untuk satu orang dengan minimal perserta 5 orang satu kali perjalanan. Goa ini dibuka setiap hari dengan jam aktif 08.00 sampai 16.00. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.cpgoapindul.blogspot.com

LEAVE A REPLY