Resep Masakan Cumi Cumi Istimewa Kaya Nutrisi Dan Antikanker

Salah satu bahan makanan yang berasal dari laut dan cukup populer di kalangan pecinta seafood adalah resep masakan cumi-cumi hitam. Ada begitu banyak pilihan resep masakan cumi cumi yang dikenal dan selalu mampu menggoda selera.

Resep Masakan Cumi Cumi Istimewa Kaya Nutrisi Dan Antikanker
Resep Masakan Cumi Cumi Istimewa Kaya Nutrisi Dan Antikanker

Tapi tahukah Anda apa saja manfaat dari mengkonsumsi cumi-cumi? Adakah efek samping untuk Anda yang begitu menggemari hewan bertentakel dan masih bersepupu dengan gurita ini? Berikut ini adalah ulasananya untuk Anda.

Cumi-cumi adalah hewan laut khas dari jenis Loliginidae. Bentuknya biasa berupa tubuh memanjang dengan warna semi transparan dan tentakel yang relatif pendek. Bentuknya sekilas memang menyerupai gurita meski bentuk tubuh utamanya lebih kaku karena di tengah tubuhnya memang terdapat tulang penyangga lunak.

Salah satu kandungan nutrisi yang paling menonjol dari cumi-cumi adalah kadar proteinnya yang tinggi, mencapai 18 gram per 100 gramnya. Setidaknya terdapat beberapa asam amino essensial yang penting bagi tubuh Anda seperti sianin, leusin dan fenilalanin. Meski juga terdapat purin yang bisa menimbulkan resiko asam urat dalam porsi kecil.

Dalam resep masakan cumi-cumi juga terdapat kandungan mineral yang berlimpah. Mulai dari kalsium, fosfor, kalium, magnesium, selenium dan zink. Kandungan fosfor dan kalsiumnya sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan kadar selenium serta zink akan berperan aktif dalam meningkatkan metabolisme dan keseimbangan hormonal.

Selain itu, cumi-cumi juga salah satu sumber vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks penting untuk menjaga keseimbangan metabolisme dan menjaga tubuh dari masalah anemia. Selain cumi-cumi juga mengandung sedikit vitamin A dan E.

Yang tak kalah menarik adalah tinta cumi yang rupanya mengandung begitu banyak senyawa berkhasiat mulai dari antosianin, flavonoid, betakaroten, katekin dan masih banyak lagi. Semua ini dipercaya membuat tinta cumi sebagai antioksidan aktif dan baik untuk membantu mencegah prakanker.

Namun Anda perlu hati-hati karena dalam cumi terdapat faktor allergen yang kuat bagi mereka yang sensitive terhadap jenis hidangan seafood. Beberapa jenis asam aminonya mendorong reaksi imun yang menyebabkan rasa mual dan mungkin reaksi gatal-gatal.

Ingin menikmati cumi-cumi yang kaya khasiat ini dengan cara yang istimewa? Coba saja praktekan membuat hidangan cumi istimewa dengan resep masakan cumi-cumi hitam satu ini. Cumi Masak Hitam.

CUMI MASAK HITAM

Bahan-bahan

Cumi ukuran besar 400 gram
Cabe hijau sesuai selera
Tomat hijau ukuran sedang 2 buah iris besar-besar

 

Bumbu-bumbu lumuran
½ sendok teh jeruk nipis

Garam secukupnya

Bumbu masakan
3 siung bawang putih cincang halus

1 butir bawang Bombay ukuran kecil iris tebal
2 cm jahe iris halus memanjang
1 lembar daun sereh
2 lembar daun jeruk

garam dan lada
ketumbar bubuk dan gula pasir
air 100 ml
margarine untuk menumis

Cara membuat :

  1. Cuci bersih cumi-cumi segar, sisihkan tintanya dalam wadah atau biarkan saja tetap pada cumi. Singkirkan tulang rawannya dan potong membentuk cincing berukuran sedang.
  2. Lumuri dengan jeruk nipis dan garam diamkan.
  3. Tumis bawang putih dan bawang Bombay sampai harum dengan margarine.
  4. Masukan daun jeruk dan daun sereh, jahe sampai harum.
  5. Tambahkan bumbu garam, lada, ketumbar bubuk dan gula pasir
  6. Masukan air biarkan mendidih.
  7. Masukan cumi beserta tintanya.
  8. Masukan tomat hijau dan cabe hijau
  9. Masak sampai mendidih dan tomat tampak layu dan kuah mengental
  10. Angkat, ingat jangan memasak cumi terlalu lama, karena cumi sangat mudah menjadi liat seperti karet bila Anda masak terlalu lama.
  11. Siap Anda hidangkan.

Itulah tadi hidangan istimewa dari cumi masak hitam, satu contoh istimewa resep masakan cumi cumi. Dengan tetap menambahkan tinta cumi dalam hidangan, maka hidangan akan tampil unik dalam warna hitam yang membuatnya berbeda dari hidangan seafood biasa. Tak hanya itu Anda juga bisa menambahkan manfaat antioksidan dalam hidangan karena tinta cumi mengandung begitu kaya antioksidan yang membantu proses detoksifikasi.

Tinta cumi yang memiliki rasa gurih dan legit akan memperkaya rasa hidangan. Tambahan tomat dan cabai akan membuat hidangan tak hanya terasa gurih tetapi juga segar. Sangat cocok untuk hidangan seafood di hari istimewa.

Baca juga : Resep masakan dapur umami

Cumi masak hitam yang unik ini bisa menjadi pilihan resep masakan cumi cumi untuk kesempatan perjamuan istimewa. Menghadirkan pilihan unik penggugah selera di meja makan Anda. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.resepmasakankuliners.blogspot.com

Pencarian Terkait :

resif cumi laba hitam