Proposal Usaha Kerajinan Daur Ulang Limbah Plastik

Baca Juga :

Proposal Usaha Kerajinan – Ketika mendengar kata limbah, yang terlintas di benak seseorang biasanya adalah hal yang menjijikkan. Namun, kehadiran limbah atau sampah ini merupakan masalah di Indonesia. Sampah atau limbah – limbah yang hanya dibiarkan menumpuk akan menjadi masalah besar, misalnya saja banjir. Namun, ternyata dari limbah – limbah tak terpakai ini bisa juga loh menghasilkan pundi – pundi rupiah.

Proposal Usaha Kerajinan
Proposal Usaha Kerajinan

Kini usaha kerajinan dari daur ulang sampah ini begitu diminati masyarakat, mengingat jumlah sampah di Indonesia sendiri yang tak terbatas. Untuk membuat peluang usaha ini lebih berkembang, anda bisa membuat sebuah proposal peluang usaha kerajinan untuk mendapat dukungan lebih dari para investor ataupun instansi.

Namun, untuk membuat sebuah proposal tidak boleh asal, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat proposal peluang usaha kerajinan, antara lain

  1. Detail usaha kerajinan dari sampah plastik

Peluang usaha ini terbilang sangat prospektif dan sudah pasti akan mendapat respon positif dari masyarakat. Selain bisa membuat lingkungan menjadi lebih bersih, plastik – plastik tersebut juga akan menjadi lebih berguna dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar menjadi barang jadi.

  1. Lahan Pengolahan

Lahan pengolahan sampah harus diperhatikan. Sampah adalah barang yang dianggap tidak berguna oleh masyarakat sekitar dan hanya menimbulkan pencemaran, maka dari itu, pastikan bahwa lahan pengolahan sampah benar – benar jauh dari pemukiman masyarakat sekitar. Setidaknya, jangan sampai bau sampah tersebut tercium hingga ke pemukiman.

  1. Modal Awal

Untuk meyakinkan investor atau instansi yang diberi proposal peluang usaha kerajinan, anda perlu menyiapkan modalnya lebih dulu yaitu sampah. Namun, jika tidak sanggup, anda tidak harus terjun langsung mencari sampai ke lapangan hingga ke pemukiman masyarakat. Anda bisa menyiapkan modal awal berupa uang untuk membeli limbah sampah dari para pemulung untuk diolah. Selain itu, siapkan juga uang untuk menggaji karyawan, membeli mesin pengelola plastik, sewa tempat dan sebagainya.

  1. Metode Pengelolaan Sampah

Jika anda ingin membuka usaha kerajinan dengan bahan dasar sampah, anda harus tau betul metode pengelolaan sampah yang baik dan benar. Jika kamu adalah orang awam, kamu bisa belajar lewat orang – orang yang telah berpengalaman. Orang – orang tersebut bisa kamu cari di forum – forum online atau bisa juga kamu belajar secara autodidak di internet. Ada juga seminar – seminar yang mengajarkan metode – metode pengelolaan sampah yang bisa kamu ikuti.

  1. Karyawan yang Kompeten

Bisnis seperti ini tentu tidak bisa dilakukan sendiri, kamu harus mempunyai karyawan untuk membantu bisnis ini berkembang. Untuk proses produksi, kamu memerlukan karyawan untuk membersihkan, menyortir dan menggiling plastik.

Utamakan untuk mencari karyawan yang telah berpengalaman di bidang yang sama, dengan begitu kamu tidak perlu susah payah lagi untuk mengajarinya. Kamu juga bisa merekrut orang di sekitar mu untuk menjadi karyawan lalu melakukan pelatihan secara singkat kepada mereka sebelum bekerja. Dengan begitu, masyarakat sekitar yang tidak memiliki pekerjaan bisa menjadi lebih produktif.

  1. Mencari Pengepul

Pengepul atau pemulung berperan sangat penting dalam bisnis ini. Namun, pastikan anda mencari pemulung yang berkualitas yaitu pemulung yang telah memilah jenis sampah – sampahnya, sehingga kamu bisa mendapatkan sampah yang memang benar – benar kamu butuhkan. Membangun relasi kepada para pengepul sangatlah penting. Buatlah relasi sebanyak – banyaknya dengan mereka.

  1. Akan Diolah Menjadi Apa Limbah Tersebut

Sangat penting untuk menentukan apa yang akan kamu buat dari bahan dasar limbah plastik. Hal tersebut membuat kamu menjadi lebih fokus dalam berbisnis. Limbah plastik bisa diolah menjadi banyak sekali barang kerajinan yang siap pakai, contohnya mainan anak- anak, souvenir dan barang kreatif lainnya.

  1. Promosi Online

Kekuatan social media sangatlah power full untuk kebutuhan bisnis. Promosikan bisnis mu dengan memanfaatkan Social Media seperti Instagram, Facebook, ataupun WA. Selain social media, untuk mencari mangsa pasar yang lebih luas lagi, kamu bisa juga memasarkan produksi olahan sampah kamu melalui website.

Itulah hal – hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu sebelum membuat proposal usaha kerajinan, khususnya untuk daur ulang limbah plastik.  Dengan memperhatikan dan memenuhi hal – hal diatas, maka investor atau instansi akan lebih yakin lagi dalam mendukung usaha kamu.

Baca Juga :