Pesona Desa Wisata Kalibiru Jogja, Wajib Di Kunjungi Gan

0
269

Selama ini kebanyakan wisatawan terpusat pada aktivitas wisata di kawasan Gunung Kidul dan Jogja Utara. Tak banyak orang yang tertarik untuk merambah kawasan wisata di daerh Kulonprogo padahal di sana juga berderet ragam kawasan wisata yang akan memanjakan hasrat Anda bertualang sama baiknya dengan kawasan lain dari Jogja dan anda wajib coba wisata kalibiru Jogja.

Pesona Desa Wisata Kalibiru Jogja, Wajib Di Kunjungi Gan
Pesona Desa Wisata Kalibiru Jogja, Wajib Di Kunjungi Gan

Salah satunya adalah kawasan Kalibiru Jogja. Daerah yang beradakawasan perbukitan Menoreh yang mengukir sisi utara dari Kulonprogo ini berada tak jauh dari Waduk Sermo, salah satu waduk buatan terbesar di kawasan Jogja. Berada di ketinggian 450 dpl sudah pasti kawasan ini akan menyapa para pengunjung dengan udara segar khas perbukitan.

Baca juga: Wisata puncak kosakora

Berlokasi tepatnya di desa Kalibiru, Sermo, Hargowilis, Kulonprogo atau biasa dikenal dengan daerah Kokap. Untuk mencapai lokasi Anda perlu menempuh perjalanan berkendara dengan jalur menanjak yang terbilang terjal dari arah waduk Sermo. Biasanya memang pengunjung akan menyambangi kedua lokasi sekaligus, waduk Sermo dan Kalibiru. Secara keseluruhan perlu perjalanan sekitar 1,5 jam dari kota Jogja untuk bisa mencapai lokasi Kalibiru ini.

Menyempurnakan perjalanan dengan berkunjung ke Kalibiru Jogja akan memberi Anda pengalaman berbeda menikmati kawasan waduk Sermo dari arah ketinggian. Waduk Sermo tampak makin menawan dengan air biru kehijauan yang berbingkai perbuktian Menoreh dari arah kejauhan.

Untuk bisa menikmati panorama cantik ini memang tidak mudah. Karena ini adalah bagian dari salah satu wahana wisata dari Kalibiru Jogja, perjalanan trekking dengan jalur pendakian landai sejauh 7 km. perjalanan ini cukup menantang mengingat Anda memasuki kawasan hutan lindung yang sudah dimodernisasi. Jangan kaget bila Anda menjumpai hewan langka dari dalam hutan lindung macam Landak, Alam Hutan sampai bila Anda beruntung Harimau Kumbang.

Sebenarnya Anda juga bisa memilih jalur trekking yang lebih pendek, hanya sekitar 1,5 km dan 5 km saja. Di jalur trekking ini juga terdapat gardu pandang yang unik. Mungkin inilah salah satu pesona dari kawasan wisata Kalibiru. Gardu pandang ini bertengger pada sebuah pohon Pinus tinggi berupa papan lebar tanpa tepian. Berasa semakin ngebolang kalau sudah duduk manis di sana sambil melepas pandangan ke arah cakrawala.

Bila Anda beruntung Anda tak hanya bisa melepaskan pandangan ke arah pesona waduk Sermo saja, tetapi sampai ke kawasan lepas pantai di laut selatan. Juga bisa jadi kesibukan kawasan pusat kota Wates dari kejauhan.

Ingin ide lain untuk menikmati desa wisata yang dibangun swadaya masyarakat pada tahun 2008 ini? Coba untuk menjajal nyali dengan outbond yang tersedia di lokasi wisata ini. Lokasinya sedikit ke pusat desa wisata tak jauh dari area penginapan. Ada beragam wahana permainan outbond yang akan memberi Anda keseruan berbeda bersama rekan-rekan Anda.

Salah satu yang terkenal adalah jalur flying fox yang mencapai 85 meter panjangnya menyusuri kawasan ketinggian dari perbukitan di Kalibiru Jogja. Cukup dengan biaya 10 ribu untuk dewasa dan 5 ribu untuk anak-anak Anda bisa menjajal adrenalin Anda meluncur turun dari ketinggian. Sudah tentu ada sensasi menggelitik yang dijamin akan membuat Anda malah ketagihan.

Mau lebih puas menikmati pesona dari Kalibiru? Anda bisa mencari penginapan dan cottage yang banyak tersebar di sepanjang desa dari berbagai kelas dan harga. Anda bisa memuaskan jiwa petualangan Anda dan asyik menikmati segala permainan dan keseruan dari kawasan wisata Kalibiru Jogja ini. Kawasan ini juga siap memanjakan Anda dengan deretan penjaja aneka hidangan dan penganan khas dari kota Jogja dan Kulonprogo sendiri.

Termasuk jangan lupa untuk kembali ke gardu pandang untuk menikmati sunrise dan sunset dari arah gardu pandang. Aktivitas ini termasuk yang paling populer dari kawasan wisata Kalibiru Jogja. Suasana syahdu akan muncul ketika Anda menyandarkan diri di atas gardu pandang yang alami itu dan menatap panorama perbukitan dengan semburat matahari yang mengintip dari perbukitan yang melingkari ditambah pantulan cantik yang muncul dari waduk Sermo .

Ternyata ada pesona yang tak kalah menawan dari kawasan Kulonprogo yang selama ini tenggelam popularitasnya dari kawasan Jogja lain. Kawasan desa wisata Kalibiru Jogja adalah bukti betapa masyarakat dengan kemauannya berhasil menciptakan kawasan wisata penuh pesona di atas tanah yang konon dulunya adalah lahan tandus. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar: www.angkislandphotography.com

SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY