2018 Pemerintah Siapkan 100 Miliar Untuk Pelaku Bisnis Startup

Di tahun 2018 LPDB atau Lembaga pengelola Dana bergulir akan memberikan permodalan kepada para pelaku usaha pemula atau startup. Total dana yang sudah dipersiapkan oleh LPDB mencapai 100 Miliar rupiah.

2018 Pemerintah Siapkan 100 Miliar Untuk Pelaku Bisnis Startup

Sekertaris kemenkop Agus Muharram mengatakan akan memberikan bunga pinjaman yang sangat terjangkau yaitu 4,5% per tahunya.

Program tersebut sebagai bentuk keseriusan pemerintah untuk mengembangkan bisnis startup dengan membuka akses pembiayaan dengan bunga rendah.

Meskipun sudah ada kredit KUR dengan bunga 9% per tahun dan rencananya akan turun menjadin 7% per tahun.

Namun Agus berharap dengan program baru ini akan menjadikan akses pinjaman kepada UKM lebih beragam.

Harapan agus penyaluran pinjaman ini bisa menjangkau para pelaku bisnis di seluruh Indonesia dengan tetap berpegang pada 5 prinsip, yaitu :

1. Taat peraturan dalam penyaluran
2. Sesuai dengan pemanfaatan business plan
3. Sukses dalam pengembalian angsuran dan tepat waktu
4. Sukses dalam peningkatan kualitas aset
5. Sukses dalam kegiatan operasional membangun usaha, dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

Dengan maksimal plafon pinjaman Rp 25 juta tanpa agunan, akan ada sekitar 4000 startup yang akan di jangkau oleh layanan pinjaman ini.

Agus yakin program ini akan mendapatkan respon yang baik dan dapat diserap dengan cepat.

Untuk membuka pendaftaran pinjaman akan dilakukan penilain dengan sistem online, dan kemungkinan akan membutuhkan verifikasi data dari UKM dengan penilaian yang ketat.

Yang jelas sebuah startup harus memiliki rencana bisnis yang baik untuk kedepanya, tata kelola dan manajerial yang baik.

Semua penilain tersebut akan dilakukan secara online, hal serupa juga akan dilakukan untuk penyaluran dan pemanfaatanya.

Selama kurun waktu 2008 sampai 2017. RP 8,49 triliun sudah disalurkan kepada 4000 pelaku UKM dan bisa menyerap tenaga kerja sebanyak 1,5 juta orang.

Baca juga :  Peluang Bisnis Kopi Besar Tapi Sekolah Barista Sedikit Ujar Jokowi

Dirut LPDB KUMKM Braman Setyo berharap, dalam kedepanya kita akan terus meningkatkan kualitas UKM Indonesia agar bisa bersaing di pasar Internasional. dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

SHARE