Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Produksi Tempura Udang

0
902

Peluang usaha untuk ibu rumah tangga – Beberapa waktu lalu kami pernah mengulas mengenai potensi dari makanan siap saji beku. Perkembangan masyarakat dengan pola hidup serba cepat menjadi landasan munculnya kebutuhan makanan siap saji. Makanan ini siap dihidangkan dengan cepat tanpa repot dengan proses masak yang akan memakan banyak waktu.

Dan sebagai orang yang memang biasa berkecimpung dengan urusan dapur dan kuliner, bisnis makanan siap saji selalu mampu menjadi peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan. Sebagaimana ulasan kami kali ini mengenai usaha makanan siap saji rumahan berbahan udang.

Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga tempura udang

Selain ayam, udang adalah salah satu menu favorit keluarga terutama anak-anak. Tidak heran kalau udang bisa juga menjadi alternatif hidangan siap saji yang layak Anda produksi selain nugget ayam. Dengan kata lain misalkan menurut Anda bisnis nugget ayam udah terlalu banyak persainyannya, Anda bisa jajal ide makanan siap saji lain seperti tempura udang.

Yang Anda perlukan untuk merealisasikan peluang usaha untuk ibu rumah tangga satu ini hanya memastikan Anda siap dengan sumber bahan baku udang jerbung besar dengan kualitas baik dan segar. Karena kalau Anda menggunakan udang kualitas buruk atau stok lama kadang hasinya tempurana jadi kurang sedap.

Baca juga : Kisah Sukses Usaha Modal Kecil Menguntungkan Dengan Modifikasi Kue Cubit

Selain itu, Anda membutuhkan peralatan pengolahan seperti oven, mesin pendingin beku dan mesin pengemasan. Peralatan ini penting untuk sebuah usaha tempura udang, supaya tempura udang buatan Anda lebih awet untuk disimpan dan meyakinkan karena dikemas dengan cara modern dan higienis.

Lalu bagaimana cara membuat tempur udang untuk bisnis makanan siap saji? Berikut ini adalah cara pembuatan tempura udang praktis untuk panduan Anda.

Bahan baku
Udang jerbung besar 250 kg

Tepung beras
Tepung bumbu
Tepung tempura
Garam, lada, ketumbar bubuk

Telur kocok
tepung jagung 1 sendok makan
Garam dan lada

Cara membuat

  1. Kupas udang erbung, bersihkan dan sisakan bagian ekornya saja. Pipihkan sedikit daging udan.
  2. Masukan udang yang sudah dikulit tadi dalam kocokan telur, dan diamkan selama 20 menit
  3. Bagi dua tepung beras, kemudian sisihkan bagian yang pertama dalam wadah mangkuk, campur dengan lada, garam dan ketumbar bubuk secukupnya.
  4. Siapkan tepung beras kedua, campur dengan tepung bumbu, tepung tempura dan bumbu-bumbu.
  5. Angkat udang dari rendaman telur, masukan ke dalam tepung beras lalu ratakan seluruh permukaannya.
  6. Celupkan kembali udang ke dalam kocokan telur, lalu cemplungkan ke dalam adonan tepung kedua, rapatkan seluruh bagian udang supaya terselimuti sempurna oleh tepung, sisihkan.
  7. Rampungkan seluruh udang yang ada.
  8. Oven dengan suhu 120 derajat celcius selama 5 menit lalu angkat dan dinginkan.
  9. Bila sudah dingin, kemas dalam wadah seal lalu rapatkan. Simpan dalam lemari pendingin beku.

Kini Anda siap untuk memasarkan tempura udang buatan rumahan milik Anda. Penanganan dengan metode pengovenan akan membantu menjaga tempura udang tetap tahan lama sekalipun tidak dimasukan bahan pengawet.

Untuk memulai peluang usaha untuk ibu rumah tangga ini Anda hanya membutuhkan modal sekitar 6 – 10 juta yang dialokasikan untuk membeli semua peralatan pembuatan tempura udang. Tetapi nilai modal ini bisa Anda tekan bila beberapa peralatan sudah Anda miliki di rumah. Itulah yang menarik dari mengawali usaha rumahan kuliner, karena kerap kali para ibu tak harus keluar modal besar bila memang sebagian peralatan sudah tersedia di dapur Anda.

Lalu bagaimana dengan pemasaran dari produk tempura udang ini? Sebagaimana Anda ketahui pasar potensial dari produk makanan siap saji beku macam ini adalah para ibu rumah tangga pekerja yang membutuhkan cara praktis dalam penyajian makanan untuk keluarga. Jadi, jangan ragu untuk melakukan penawaran ke kerabat, tetangga, teman kantor suami atau malah rekan arisan.

Cara modern dengan pemasaran via online masih menjadi pilihan sangat sederhana sekaligus menjanjikan untuk meningkatkan penjualan produk tempura udang. Anda bisa manfaatkan facebook, blog atau malah dengan cara kekinian seperti dengan instagram.

Pilihan lain adalah dengan membuka jalur keagenan untuk memperluas pasar potensial usaha Anda. Misalkan dengan melakukan kerjasama dengan tetangga yang juga bekerja sebagai karyawan. Profesi tetangga akan memudahkannya mengakses pasar potensial produk Anda sehingga akan memperluas cakupan usaha Anda.

Bagaimana dengan ide peluang usaha untuk ibu rumah tangga satu ini? Jelas kan potensi yang bisa Anda dapatkan? Masih banyak ide-ide bisnis rumahan lain yang bisa Anda realisasikan dengan memanfaatkan kemampuan dan ketertarikan Anda.

Sumber gambar : www.resepharian.com

bisnis tempura, usaha tempura, jualan tempura, Resep tempura udang beku, buka usaha tempura

LEAVE A REPLY