Peluang Usaha Ternak Puyuh Omset 10 Juta Per Bulan

0
4380

Peluang usaha ternak puyuh bisa jadi alternarif yang sangat tepat untuk dapat memaksimalkan pendapatan rumah tangga kita. Menjalankan usaha agrobisnis dengan skala rumah tangga sangatlah dianjurkan karena perekonomian Indonesia ini yang belum stabil.

Peluang usaha ternak puyuh dapat dikatakan sangat menguntungkan karena permintaan telur puyuh dari tahun ke tahunnya yang semakin naik.

Puyuh adalah sejenis burung pendek berbadan gemuk berisi yang mempunyai kemampuan kecepatan lari dan terbang yang tinggi namun jarak dan jangkauan terbangnya sangat pendek.

Oleh karena itu, burung puyuh ini biasanya lebih banyak berlari diantara rerumputan ataupun semak belukar. Burung ini juga terkenal karena telurnya yang cukup lezat dan menjadikannya salah satu jenis burung puyuh yang banyak untuk diternakkan adalah puyuh jepang.

Yang terkenal memang memiliki kualitas telur yang sangat baik sehingga sangatlah cocok untuk dijadikan peluang usaha ternak puyuh suatu usaha kecil namun bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Burung puyuh ini sendiri pertama kali dibudidayakan oleh bangsa barat tepatnya di Amerika Serikat pada sekitar abad ke 19. Dalam perkembangannya, burung puyuh ini terus dikembangbiakkan dan menyebar hingga ke seluruh penjuru dunia.

Dalam bahasa asingnya, burung ini disebut dikenal juga dengan sebutan Quail. Di jawa dikenal dengan puyuh atau Gemak. Puyuh sendiri pertama kali diternakan di wilayah Indonesia sekitar pada tahun 1979 dan terus untuk dikembangkan sampai saat ini.

Banyak sekali orang yang menaruh minatnya untuk bisa menjalankan peluang usaha ternak puyuh, tidak lepas dari faktor beberapa keuntungan dari burung puyuh itu sendiri. Diantara beberapa manfaat dari burung puyuh diantaranya adalah :

Dengan peluang usaha ternak puyuh, Telur Puyuh terkenal karena mereka mengandung banyak gizi. Diantaranya ialah vitamin, mineral, adanya bakteri salmonela dan tidaklah mengandung protein ataupun lemak jahat.

Selain itu juga, telur burung puyuh ini juga memiliki cita rasa yang lezat, jadi dapat di jadikan sebagai suatu usaha kuliner yang menguntungkan.  Untuk harga dari telur yang telah matang, biasanya itu dibanderol dengan harga Rp. 170 – Rp. 200 tiap butir telur.

Seorang peternak dapat menghasilkan 2000 telur dari sekitar 2500 burung puyuh yang mereka ternakkan. Dalam sebulannya omzet bersih mereka bisa mencapai 10 juta tiap bulannya.

Dengan peluang usaha ternak puyuh ini, kita bisa tahu tentang dagingnya. Daging puyuh ini ternyata juga diminati oleh masyarakat, banyak sekali restoran yang kini telah menyediakan menu dengan bahan dasar burung puyuh.

Biasanya, puyuh yang mereka jual untuk diambil dagingnya ialah jenis burung afkiran. Daging Puyuh afkiran biasanya kurang baik untuk bisa bertelur, sehingga dijual untuk dimasak sebagai menu masakan pada beberapa warung makan ataupun restoran. Untuk omzet dari usaha ternak puyuh khusus untuk puyuh afkiran, omzet yang bisa diraup adalah sekitar Rp. 2,4 juta tiap bulan.

Dari peluang usaha ternak puyuh ini, bisa dimanfaatkan bulunya juga. Burung puyuh mempunyai bulu yang hampir menyerupai bulu ayam, Jadi bulu burung puyuh banyak untuk dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan yang bernilai ekonomi tinggi.

Selain daging, telur dan bulu, dari peluang usaha ternak puyuh ini, kotoran puyuh ini juga masih bisa diambil manfaatnya yaitu sebagai pupuk kandang. sehingga bisa dibilang, dengan ternak burung puyuh ini memang sangat menguntungkan dikarenakan bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dan tidak ada yang mubazir.

Sebagai sebuah tolak ukur kelayakan usaha, berikut ini akan kami berikan contoh analisa dari usaha ternak puyuh :

Analisis peluang usaha ternak puyuh untuk 1000 ekor:

Biaya untuk Kandang                                                          = Rp. 4.000.000,-

Induk puyuh yang siap telur                                                 = Rp. 5.000.000,-

Pakan                                                                               = Rp. 2.000.000,-

Total dari modal pertama                                                   = Rp. 12.000.000,-

Modal dari Produksi                                                           = Rp, 2.000.000

Pendapatan :

Produksi dari telur biasanya 85 % dari jumlah total induk sehingga dari sekitar 1000 ekor maka telur yang dapat dihasilkan perharinya ialah 850 butir. Dengan asumsi per butirnya dihargai dengan harga Rp. 200,-  maka total pendapatan yang diperoleh setiap harinya ialah :

850 x 200 = Rp. 170.000

Keuntungan untuk perbulan 30 x 170.000 = Rp. 5.100.000,-

Keuntungan bersih untuk tiap bulannya ialah Rp. 5.100.000,- – Rp. 2.000.000,- = Rp. 3.100.000

Demikianlah informasi peluang usaha ternak puyuh yang bisa anda coba sebagai bisnis rumahan yang menguntungkan, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY