Peluang Usaha Rumahan Yang Menguntungkan Dengan Kreasi Clay

0
621

Peluang usaha rumahan yang menguntungkanBicara soal bisnis kreatif memang tidak ada habisnya. Dengan bermodal kreatifitas Anda bisa membuka banyak sekali ide bisnis dengan potensi yang menggiurkan. Yang menarik, bisnis berbasis kreatif cenderung bermodal ringan, tetapi menguntungkan hingga beberapa kali dari besaran modal Anda.

Itu pula sebabnya bisnis kreatif sangat cocok menjadi peluang usaha rumahan yang menguntungkan.

Sebenarnya kami sempat mengulang mengenai pandangan kami mengenai daya tarik dari bisnis kreatif ini berkali-kali dalam banyak ulasan kami, bagaimana bisnis kreatif memiliki potensi menarik untuk menghasilkan lebih besar dengan modal kecil, bahkan sangat cocok untuk tetap dijalankan hanya dari rumah.

Baca Juga :

Salah satu ide usaha kreatif yang kali ini akan kami angkat dalam ulasan kami adalah usaha kreasi clay. Kerajinan satu ini belakangan memang sedang banyak diminati, baik oleh pelaku usaha juga oleh pasar.

Anda yang masih asing dengan istilah clay, mungkin perlu berkenalan dulu dengan bahan clay ini.

Di dunia barat, clay merupakan istilah untuk bahan lunak yang mudah dibentuk dari bahan tanah liat atau polimer.  Yang terakhir ini belakangan dianggap lebih baik karena materinya lebih halus dan lebih bersih.

Namun secara tradisional clay juga bisa merujuk pada adonan tepung khusus yang bisa diolah menyerupai adonan tanah liat atau polimer.

Kalau Anda pernah memainkan plastisin atau sejenis play doh di masa kecil Anda, sebenarnya konsepnya hampir serupa. Clay bisa Anda bentuk dengan cara yang sepenuhnya serupa dengan mainan plastisin ini, bedanya, pada akhirnya plastisin ini akan mengering dan mengeras sehingga bisa Anda perlakukan sebagai layaknya keramik.

Biasanya nantinya setelah kering, adonan akan dicat dengan cat akrilik untuk mendapat hasil berkilap yang menawan.

Inilah yang kemudian diangkat sebagai potensi usaha. Mereka menjadikan kreasi clay sebagai produk aksesoris, souvenir dan banyak pernik menarik lain untuk dijual ke pasar.

Sebagaimana dua orang pelaku usaha clay rumahan yang berasal dari dua kota berbeda. Yang pertama bernama Joyce dari Salatiga dan seoang lain bernama Yenni asal jakarta.

Berangkat dari kegemaran berkreasi dan keahlian dalam membentuk beraneka bentuk dari clay dengan bermodal kursus dan proses otodidak,  mereka memberanikan diri menjajal peluang usaha rumahan yang menguntungkan ini.

Joyce bahkan memulai usahanya dengan bermodal 500 ribu saja karena menggunakan clay buatan sendiri dari adonan tepung khusus. Adonan ini dikreasikan menjadi beragam model miniatur tokoh kartun populer, replika makanan sampai beragam model souvenir.

Modal awalnya ini dijadikan ssebagai biaya pembuatan sampel untuk kemudian dimuat dalam laman facebook dari Joy-Art, usaha clay besutan Joyce.

Menekuni bisnis ini sejak tahun 2008, Joyce yang dulunya sempat menempuh karier sebagai dosen di salah satu universitas ternama di Semarang  ini mengaku bisa mengeruk hasil hingga 40 jutaan tiap bulan.

Permintaan 80% datang dari internet baik dalam bentuk souvenir pernikahan, replika sajian untuk restoran sampai untuk koleksi konsumen. 

Harga produk buatannya juga cukup bragam dari sekedar 10 ribuan untuk model gantungan kunci sampai ratusan ribu untuk hiasan bingkai atau replika makanan.

Berbeda dengan Yenni yang memilih membuka usahanya di Jakarta. Pasar di Jakarta memang lebih potensial untuk jenis usaha semacam ini.

Asal Anda pandai dalam pemasaran dan terus menggali ide-ide yang sedang trend, pasar di jakarta sangat potensial memberi Anda hasil besar.

Untuk memenuhi standar kualitas pasar, Yenni hanya menggunakan jenis bahan clay polimer yang diimpornya dari Korea Selatan.

Soal harga bahan baku, memang lebih mahal, tetapi bagi Yenni ini berimbang dengan harga jualnya yang juga relatif lebih tinggi dari jenis clay buatan.

Yenni akui keuntungan terbesar bisa dikeruknya acapkali tiap tahu mengikuti pameran INA CRAFT, setidaknya omset dari pameran ini bisa mencapai 5 jutaan perharinya. Ini baru pembelian bersih, diluar permintaan dalam bentuk pesanan, total bisa mengeruk ratusan juta dengan permintaan bahkan datang dari luar negeri.

Yang menarik Yenni juga mendapatkan pesanan berupa souvenir untuk hadiah pernikahan dan kelahiran. Meski awalnya pasar masih asing dengan ide Yenni, kini setiap bulan Yenni bisa dapat pesanan sampai 5 buah souvenir bingkisan pernikahan dengan berbagai konsep dan ukuran.

Yenny juga membuka sebuah toko online untuk jasa pembuatan kerajinan karyanya di Toko hany. 

Anda bisa melihat sendiri bagaimana tangan terampil Yenni dan tim kerjanya menghasilkan kreasi unik untuk peluang usaha rumahan yang menguntungkan besutannya ini.

bisnis clay, clay bisnis, peluang usaha clay, miniatur dari kaleng minuman, usaha plastisin rumahan
SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY