Peluang Usaha 2017 Yang Menguntungkan ? Baca Artikel Ini

0
4695

Peluang usaha 2017 – Melihat peluang usaha 2017 yang menguntungkan dan menjanjikan sekarang ini memang semakin beragam, bahkan Anda bisa memulai dari mana saja tanpa perlu ragu lagi. Nah, kira – kira apa saja sih peluang usaha 2017 ini ? Yuk, mari kita bahas lebih dalam lagi dengan bahasan yang lebih simple dan logis.

Tapi, sebelum tim Siap Bisnis membeberkan apa saja peluang usaha 2017 ini ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal berikut ini.

Mungkin, diantara Anda sekarang ini ada yang sedang bekerja ? atau sedang mencari peluang usaha yang mungkin bisa berpenghasilan lebih dari gaji yang sekarang ? Kalau Iya, berarti Anda berada di jalur yang tepat untuk terus menyimak pembahasan ini.

Perlu dan harus Anda ketahui, kalau ingin menjadi pengusaha ada beberapa resiko yang harus Anda hadapi. Dan setiap pengusaha memiliki tujuan yang tidak sama, beberapa resiko berikut ini harus sudah siap Anda hadapi, simak berikut ini:

1. Kehilangan pekerjaan. Sebagai seorang pengusaha memang tidak bisa setengah – setengah (berdasarkan pengalaman). Banyak hal yang harus Anda pikirkan dan tidak dapat anda tinggal-kan begitu saja, kalau ingin maju. Bekerja di kantor dengan gaji yang stabil setiap bulan, bagi sebagian orang memang menyenangkan, atau tidak ada pilihan lain.

Namun, Anda yang sedang membaca artikel ini, saya yakin sudah memiliki pandangan kedepan dan ingin keluar dari tekanan, atau sedang siap – siap berpetualang di dunia baru (wirausaha). Kalau sudah seperti ini, anda harus fokus dengan satu hal dan harus meninggalkan pekerjaan yang sekarang, namun tetap dengan perhitungan yang matang.

2. Disiplin keuangan. Ya, lebih tepatnya mengikat keuangan Anda (pengeluaran), karena dalam berwirausaha segala resiko bisa saja terjadi. Cepat beradaptasi, karena penghasilan diawal tidak akan langsung stabil, ada step-by-step yang harus dihadapi. Jadi, displin keuangan ini sangat penting, dan harus diperhatikan dengan matang. Nah, kalau sudah siap dengan hal ini, berarti Anda sedang sedang bersiap untuk naik level.

3. Bertaruh dengan Ide. Konsep atau Ide dalam berbisnis itu ada beragam dan banyak sekali, namun tidak semudah yang terlihat. Maka, bertaruh pada ide utama dan tetap konsisten untuk terus berkembang adalah satu – satunya cara. Karena ide itu seperti istilah, “karena nila setitik, rusak susu sebelanga”, jadi ketika Anda sudah memiliki ide yang matang, lalu kemudian datang masukan – masukan.

Nah, disini keyakinan anda dengan konsep akan di uji. Kalau salah mengikuti saran, maka rusak sebelanga-lah ide utama anda, bukan berarti anda tidak boleh mendengar masukan. Hanya saja, kita tidak pernah tahu, pemikiran orang itu seperti apa jadi pandailah mem-filter masukan.

4. Memprediksi. Laporan cuaca itu bisa diprediksi, kapan di suatu wilayah tertentu akan hujan atau cerah. Ini berdasarkan data pergerakan awan cumulonimbus, nah dari mana data tersebut didapat ? Tentu hasil prediksi, ya kan ? Tapi, apakah prediski tersebut akurat ? Tentu tidak, tapi dari prediksi tersebut kiranya kita telah mempersiapkan diri (sedia payung sebelum hujan). Demikian pula dengan berwirausaha, memprediksi berdasarkan data, supaya kita bisa melaju ke level selanjutnya.

5. Kepercayaan. Pada level kompleksifitas seorang wirausahawan akan menghadapi dimana memiliki mitra dan rekan tim. Atau tak sedikit sebuah usaha dimulai dengan ber-mitra dan memiliki sebuah tim. Nah, “kepercayaan” inilah yang menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar wirausahawan.

Belum – belum memulai usaha, terkadang sudah kena tipu, lebih parahnya lagi oleh teman sendiri (zonk). Tentu siapa saja tidak ada yang mau hal ini terjadi, Ya kan ? Lalu, bicara soal kepercayaan ini memang sangat rumit, namun satu hal yang ingin kami tekankan adalah bagaimana kita tidak menciptakan peluang itu terjadi. Ingat kata Bang Napi ? kalau lupa, coba cari tahu dan nanti anda akan mengerti apa maksud dari kepercayaan itu.

Ke-lima resiko tersebut memang bukan patokan atau tolak ukur bagaimana kita bisa memulai sebuah bisnis. Tapi, anda sudah mengetahui dasar – dasar sebagai seorang wirausahawan. Kalau anda sudah berani mengatasi resiko tersebut, ambil dan jangan menoleh kebelakang. Bersiaplah dengan level selanjutnya.

Setelah mengetahui resiko, mari kita lihat peluang usaha 2017 yang mungkin cocok untuk anda.

Tapi, sebelum itu apakah anda sudah jenuh dengan tulisan ini ? Kalau belum, berarti anda sudah benar – benar masuk dan ingin mengetahui lebih dalam apa sih peluang usaha 2017 yang mungkin cocok dengan anda.

Mari kita lihat dari data: pada tahun sebelumnya ada sekitar 1,65% dari jumlah penduduk Indonesia yang menjadi seorang wirausahawan. Persentase tersebut masih kalah dari negara – negara tetangga kita yang mencapai 5% dari total jumlah penduduknya. Walaupun ada sekitar 1.278 ide peluang usaha baru yang muncul pada tahun sebelumnya, termasuk tahu bulat yang berkeliling memanggil – manggil pelangganya itu.

Ini artinya, bisa saja ide peluang usaha 2017 itu masih mengalir deras untuk dicari hulu-nya. Maksudnya, kita bisa eksplore dan inovasi lebih jauh lagi dengan ide – ide bisnis sebelumnya. Gunakan metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) merupakan cara jitu bisa berkembang cepat. Terutama buat anda yang benar – benar tertarik pada jenis bisnis wirausaha.

Ok, buat anda yang benar – benar sudah bingung mencari peluang usaha 2017, ada baiknya anda mengetahui apa yang anda inginkan sebenarnya.

Sekali lagi kami tekankan, penting untuk mengetahui apa yang sebenarnya anda inginkan dalam bekerja. Karena, sedari awal jenjang pendidikan kita sudah salah arah. Sedari kecil kita diarahkan untuk menjadi seragam, alias kita tidak bisa benar – benar menjadi diri sendiri.

Misalnya, seorang anak yang benar – benar senang dengan olahraga dan sangat menikmati sebagai seorang olahragawan. Harus menelan kekecewaan karena pekerjaan yang Ia cintai tersebut tidak bisa menghidupinya. Sebab, untuk bisa menghasilkan uang kita dituntut untuk menjadi pekerja atau mempekerjakan.

Alhasil potensi yang dimilikinya tersebut pupus sudah, karena hasil akhir adalah yang menghasilkan uang yang menang.

Melihat hal tersebut, apakah Anda sekarang ini sudah bekerja sesuai dengan potensi yang anda miliki ?

Sebagian besar dari kita setelah mengetahui apa yang sedang dikerjakan sekarang tidak sesuai dengan yang di inginkan, pasti down. Bekerja akan setengah – setengah dan sama sekali sudah tidak tahu harus bagaimana lagi, sementara anda berpikir demikian waktu terus berjalan. Dan tidak akan menanti anda untuk berubah, apalagi sekarang ini anda membandingkan dengan yang lain.

Rasa sesal di dasar hati memang akan terus merenggut pergerakan anda sekarang ini, sementara itu orang lain akan melihat anda sebagai seorang pemalas. Seperti itulah bagaimana kehidupan ini berlangsung, yaitu melihat orang lain dan lupa dengan potensi yang dimiliki.

Sungguh, sekarang ini bekerja keras sudah tidak dilihat dari seberapa keras anda berusaha, tapi seberapa banyak hasil yang bisa anda hasilkan (dapatkan).

Sementara itu, “waktu” dan kesempatan yang kita miliki apakah sudah anda perhatikan ? …

Jadi, peluang usaha 2017 yang pasti cocok dengan anda saat ini ialah yang menyesuaikan apa sebenarnya kemampuan dan potensi anda. Lalu, bagaimana dengan yang saat ini sedang bekerja tidak sesuai dengan minat ? Bertahanlah, saran ini mungkin akan terkesan percuma panjang lebar dibahas. Kenapa tidak dari awal saja, kalau peluang usaha 2017 itu sesuai dengan passion ?

Kalau anda berpikiran demikian, berarti anda benar – benar tidak memperhatikan setiap bahasan ini alias baca poin – poinya tanpa peduli dengan isinya. “Bertahanlan” maksudnya mempersiapkan diri dengan peluang kedepan yang akan dihadapi. Sehingga, saat anda harus memilih, sudah tidak lagi menyesal dengan pilihan yang telah anda ambil. #simple.

Semoga anda sudah menemukan apa yang dicari, kami tim Siap Bisnis memiliki ratusan bahasan peluang usaha 2017 yang pastinya potensial untuk di kerjakan. Silahkan untuk mempelajari lebih lanjut di setiap kategori yang sesuai dengan minat anda.

SHARE
Founder sekaligus content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia teknologi, startup dan science. Kebahagiaan terbesar adalah ketika bisa berbagi dan memberikan solusi untuk sesuatu yang bermanfaat, itulah modal terbesar dalam membangun sebuah startup.

LEAVE A REPLY