Berapa Modal Buka Usaha Jualan Es Dawet Pinggir Jalan?

Baca Juga :

Modal Buka Usaha Jualan Es Dawet – Es dawet adalah salah satu jenis minuman tradisional khas Indonesia yang memiliki banyak penggemar. Rasanya yang dingin, manis dan dengan santan kelapanya yang khas membuat minuman tradisional ini banyak diminati. Usaha jualan es dawet tidak bisa dipandang sebelah mata karena usaha kuliner yang satu ini terbukti bisa memberikan keuntungan besar dengan mudah.

Berapakah modal awal membuka usaha jualan es dawet? Untuk membuka usaha jualan minuman tradisional yang satu ini dibutuhkan modal sebesar Rp 9.800.000. Modal awal harus tersedia karena akan digunakan untuk menyewa tempat Rp 4.000.000, membeli perlengkapan memasak sebesar 1.000.000, peralatan dagang Rp 800.000 dll. Biaya operasional dalam sebulan sudah masuk dalam modal awal.

Berapakah modal buka usaha jualan es dawet?

Sebelum memutuskan untuk membuka usaha es dawet, anda harus tahu ada banyak jenis es dawet yang bisa dijadikan ladang usaha. Ada es dawet ayu dari banjarnegara, es dawet jepara, es cendol dan masih banyak lagi lainnya. Dalam hal ini anda harus menentukan es dawet jenis apa yang akan dijual.

Modal Buka Usaha Jualan Es Dawet

Untuk membuka usaha es dawet, anda harus menyiapkan modal awal yang selanjutnya akan digunakan untuk membeli berbagai macam keperluan sebagai berikut:

Nama itemHargaTotal
Sewa tempat untuk setengah tahunRp 4.000.000
Peralatan memasak termasuk kompor, tabung LPG dan lain lainRp 1.000.000
Peralatan dagang seperti termos es, wadah plastik dllRp 800.000
Meja dan kursiRp 500.000
Peralatan minumRp 500.000
TotalRp 6.800.000

Modal awal juga harus bisa mencukupi biaya operasional usaha selama 1 bulan kedepan. Biaya rutin bulanan ini meliputi:

  • Belanja bahan baku lengkap untuk satu bulan sebesar Rp 2.000.000
  • Biaya air, lisitrik, gas LPG sebesar Rp. 500.000
  • Biaya lain yang tak terduga Rp 500.000
  • Total biaya operasional selama sebulan Rp 3.000.000

Dimanakah lokasi buka usaha jualan es dawet?

Jualan es dawet bisa dilakukan dimana saja khususnya di area dimana banyak orang berlalu lalang. Usaha ini cocok di buka dekat pasar, dekat lingkungan sekolah atau universitas atau dimana saja dengan perumahan padat penduduk. Anda bisa lihat penjual es dawet yang membuka usahanya di pinggir jalan raya tidak pernah sepi pengunjung.

Sebelum membuka usaha jualan es dawet, pastikan anda tahu cara membuat es dawet yang enak dan layak jual. Saat ini ada banyak aneka resep es dawet di internet yang bisa anda coba. Jika anda serius menjalani bisnis ini, anda bisa membeli resepnya dari pedagang yang sudah berpengalaman. Hal ini sangat penting agar rasa es dawet yang anda jual benar-benar berkelas dan tidak asal-asalan.

Sama seperti menjalankan bisnis kuliner lainnya, anda tidak hanya memperhatikan tempat bisnis. Peralatan, rombong dan lingkungan tempat jualan es dawet juga harus selalu bersih dan rapi.

Layanan konsumen yang ramah dan mudah tersenyum juga sangat memperngaruhi bisnis anda. Sementara itu harga es dawet sendiri tergantung dari volume es dawet yang dijual, penyajian, lokasi berjualan dan lain sebagainya. Secara umum harga es dawet antara Rp 3000 sampai Rp 5.000

Es dawet adalah salah satu jenis minuman tradisional yang memiliki banyak penggemar fanatik di masyarakat kita. Jika dijalankan dengan profesional, usaha jualan es dawet bisa menjadi sumber pemasukan keuangan setiap hari.

Baca Juga :