Mereguk Pesona Wisata Pantai Sawarna Banten

0
203

Bila bicara soal kawasan pantai di Banten, maka sebagian besar orang akan mengingat nama pantai legendaries macam pantai Anyer, pantai Karang Bolong atau pantai Carita. Padahal di balik kawasan Banten ternyata tersembunyi surga surga pantai yang justru menghadirkan pesona yang lebih mendalam, sebut saja salah satunya pantai Sawarna Banten.

Pantai ini terletak di kawasan tersembunyi dalam kawasan kecamatan Bayah Banten. Pesonanya yang eksotis justru menempatkannya sebagai salah satu hidden paradise di Indonesia dan diakui oleh dunia. Bahkan kini kawasan pantai Sawarna Banten semakin hari mulai dipadati para wisatawan asing yang penasaran bagaimana pesona dari pantai tersembunyi ini.

Pantai ini langsung berhadapan dengan kawasan Samudera Hindia yang membuat deburan ombaknya seolah tampak tinggi dari kejauhan. Berbenturan dengan karang-karang yang membingkai bibir pantai membuat deburan ombak ini pecah dan menyapa pantai dengan lembut.

Pantainya sendiri sangat menawan dengan pasir putihnya yang halus dan deburan ombak lautnya yang biru bening. Garis pantainya juga sangat panjang mencapai 65 km. Konon pantai ini juga dinobatkan sebagai pantai terindah kelima di kawasan Banten.

Anda bisa mencapainya dengan perjalanan ke selatan sejauh 150 km dari kota Rangkas Bitung Banten. Tidak ada fasilitas jalur umum menuju lokasi dan harus diakui lokasinya relatif tidak mudah ditempuh dan bisa memakan perjalanan lebih dari 8 jam dari kota Jakarta melalui kota Serang. Beberapa jalur relatif belum tidak dalam kondisi baik karena biasa menjadi jalur truk pengangkutan. Itu sebabnya lokasi ini disebut hidden paradise karena belum banyak difasilitasi dan tersentuh wisatawan umum.

Justru itu daya tariknya, lokasi pantai yang tersembunyi akan memanjakan Anda dengan kesan Anda berada di pantai pribadi Anda sendiri. Terutama bila Anda bertandang ke lokasi ini ketika diluar musim liburan. Pantai akan terasa makin sepi dan romantis sekaligus terasa dramatis.

Sejauh mata memandang Anda akan melihat bagaimana tebing-tebing gamping karang menjulang di hadapan Anda membentuk bingkai cantik di sepanjang bibir pantai. Beberapa menjadi salah satu ciri khas utama dari pantai Sawarna Banten.

Di pantai Sawarna ini Anda bisa mulai dari bermain air di kawasan padat karang dengan deburan ombak halusnya. Atau menjajal keberanian Anda untuk berselancar di beberapa spot selancar terkenal di pantai ini. Beberapa spot sudah terkenal di kelas dunia dan menjadikan pantai ini juga merupakan destinasi favorit para pemburu ombak.

Puaskan pula diri Anda untuk menempuh perjalanan laut dengan menyewa kapal para penduduk lokal untuk menuju pulau Manuk, sebuah pulau kecil yang berjarak 40 menit perjalanan air. Pulau tak berpenghuni ini kaya akan beragam satwa burung yang akan memanjakan telinga Anda. Tak hanya itu di kawasan ini terkenal dengan sunsetnya yang eksotis.

Baca juga : Wisata pantai ngobaran jogja

Masih ingin memuaskan masa liburan Anda di pantai Sawarna Banten? Coba saja memanjat salah satu batuan karang di kawasan pantai ini untuk memancing. Karena di kawasan karangnya terdapat ekosistem ikan yang cukup padat dan membuat Anda akan asyik masyuk memancing di sana.

Mereguk Pesona Wisata Pantai Sawarna Banten
Mereguk Pesona Wisata Pantai Sawarna Banten

Pantai Sawarna sendiri juga diapit beberapa pantai lain seperti pantai Ciantir, pantai Karang Bokor, pantai Karang Seupang, pantai Karang Taraje, pantai Tanjung Layar, pantai Lagon Pari dan masih banyak lagi. Jadi jangan hanya berpuas bermain air di kawasan Sawarna saja.

Bahkan Anda jugsa mencoba jelajah gua di beberapa gua karst yang menghias kawasan perbukitn karang yang membingkai kawasan pantainya. Sebut saja Gua Lalay, Gua Sikadir, Gua Cimaul, Gua Pasir Tangkil dan beberapa lainnya. Gua-gua ini merupakan bentukan dari batuan karang karst yang membuat kawasan dalam gua tampak berbeda dari kebanyakan gua dari tanah kadas.

Jadi jangan segan menyempatkan menempuh perjalanan panjang menuju pantai Sawarna Banten ini. Meski memakan membutuhkan sedikit pengorbanan, Anda akan menemukan perjalananan Anda sepenuhnya terbayar oleh pesona hidden paradise yang mempesona ini. Bahkan Anda seakan tak akan cukup terpuaskan dengan hanya beberapa hari berwisata di sana. -Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar : www.travel.detik.com

gambar tentang pesona wisata alam di banten

LEAVE A REPLY