Menjelajah Kemolekan Wisata Pantai Santolo Garut

0
496

Tak banyak yang tau di kabupaten Garut Anda akan menjumpai pesona wisata pantai yang penuh kemolekan. Tepatnya di balik kawasan perbukitan Pameungpeuk, Garut Selatan teryata tersimpan deretan pantai yang memiliki eksotisme tersendiri. Salah satunya adalah pantai Santolo Garut..

Baca juga : Pantai ujung genteng Sukabumi

Untuk bisa menuju pantai Santolo garut ini memang tidak mudah. Butuh perjalanan sampai kisaran 5 jam dari kota Bandung menembus jalur Cikajang – Pameungpeuk – Cikelet yang penuh kelok dan terjal meski jalannya lumayan mulus dan halus. Jaraknya dari pusa kota Garut sendiri saja sudah mencapai kisaran 3 jam. Bukan perjalanan yang sebentar memang.

Anda bisa menggunakan kendaraan umum berupa ELF menuju Pameungpek dan dilanjutkan dengan Ojek menuju lokasi pantai. Atau untuk lebih praktisnya tentu saja menempuh perjalanan dengan angkutan pribadi.

Tenang saja, meski melelahkan tetapi perjalanan Anda akan terbayar luas oleh kemolekan dari pantai Santolo Garut. Pantai ini memikat Anda dengan hamparan pasirnya yang putih bersih dan berbutir lembut. Memanjang dari arah barat menuju timur dengan gugusan karang dangkal yang membuat deburan ombak di sebagian pantai terlihat lebih jinak Dengan ukuran pantai yang terbilang lapang, sehingga ada begitu banyak hal yang bisa Anda dapatkan di pantai yang masih relatif sepi ini.

Sebelum memasuki area pantai Anda akan menjumpai tempat peluncuran roket milik institusi LAPAN. Ternyata di sinilah salah satunya tempat para peneliti luar angkasa Indonesia melakukan percobaan dan riset mereka.

Selain itu, di kawasan ini juga terdapat pusat pelelangan ikan, lengkap dengan beberapa rumah makan yang siap memberikan layanan ekstra memasakan hidangan laut istimewa untuk Anda, langsung dari pasar pelelangan ikan.

Menariknya di sepanjang pantai terdapat deretan losmen dari berbagai kelas harga dengan ragam fasilitas memadai. Losmen-losmen yang disewakan antara harga 100 ribu sampai 300 ribuan permalam ini bahkan langsung menempatkan Anda di depan garis pantai. Jadi tentu saja Anda akan disambut deburan ombak dan hempasan angin tepat ketika Anda bangun tidur. Apa lagi yang kurang istimewa dari itu semua?

Masih di kawasan pantai Santolo ini pula terdapat sebuah muara sungai unik bernama Cilauteureun. Muara ini sangat unik karena posisinya yang lebih rendah dari permukaan laut sehingga justru air lautlah yang masuk menuju sungai dan bukan air sungai yang mengalir kea rah laut sebagaimana biasanya. Konon di dunia hanya ada dua sungai unik semacam ini, yakni sungai di Garut ini dan sebuah sungai di negara Perancis.

Masih ingin bermain di pantai yang masih alami ini? Coba saja sewa sebuah kapal menuju pulau Santolo yang letaknya hanya beberapa ratus meter dari garis pantai Santolo. Pulau tak berpenghuni ini memiliki nuansa pantai berkarang yang menarik. Tentu saja Anda bisa memuaskan hasrat Anda untuk memancing di pulau yang memang dikenal sebagai ekosistem beragam jenis ikan ini.

Menjelajah Kemolekan Wisata Pantai Santolo Garut
Menjelajah Kemolekan Wisata Pantai Santolo Garut

Di pantai ini juga terdapat reruntuhan dermaga dagang kecil peninggalan Belanda. Konon di masa pemerintahan Hindia Belanda, pantai satu ini memang menjadi salah satu pusat perdagangan penting di pulau Jawa. Pantai Santolo atau lebih tepatnya pulau Santolo menjadi pusat transaksi dan pengiriman karet menuju Belanda. Bahkan dermaga ini mampu mengirim setidaknya 10 ton karet setiap hari menuju Belanda.

Hingga kini Anda masih bisa melihat sebuah jembatan penghubung antara pantai Santolo dengan pulau Santolo yang masih bisa Anda gunakan. Jembatan ini konon di masa lalu menjadi transportasi antara daratan menuju pulau untuk mengirim karet. Sayangnya, sisa sisa dermaga tua dan pintu air sudah tak berbentuk utuh lagi sebagaimana jembatan tadi.

Itulah pesona dari pantai Santolo Garut yang masih terbilang sepi dan perawan ini. Anda masih bisa memuaskan hasrat berlibur dan ngebolang Anda dengan menjelajahi pantai pantai tetangga dari pantai Santolo Garut ini. Ada pantai Sayang Heulang dan pantai Rancabuaya yang juga tak kalah molek dan eksotisnya dengan pantai Santolo. Jadi satu kali melangkah Anda bisa menjelajah ke beberapa lokasi mempesona sekaligus. Tidak lelah percuma saja kan perjalanan jauh dan melelahkan Anda? -Tim Siap Bisnis-

LEAVE A REPLY