Kursus Barista Di Jogja ! Pastinya Coday Lab & Roastery

Kursus barista di Jogja – Budaya  minum kopi di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan mulai meningkat. Minum kopi di Indonesia kini tak lagi menjadi budaya orang tua saja, namun juga milik kaum milenial.

Kursus Barista Di Jogja ! Pastinya Coday Lab & Roastery

Munculnya es-es kopi ‘kekinian’ di akhir tahun 2017 lalu membawa begitu banyak pengaruh positif. Banyak pula yang menjadikan ‘minum kopi’ menjadi suatu gaya hidup. Beramai-ramai datang ke Coffee Shop untuk menikmati kopi sambil bersantai dengan teman.

Mulai dari kopi-kopi kekinian mereka juga menjamah ke single origin. Sehingga kopi-kopi kekinian ini dapat dikatakan menjadi pengantar naiknya tren budaya minum kopi.

XM

Selain dukungan dari es-es kopi’kekinian’, hadirnya film layar lebar bertajuk “Kopi” juga turut andil dalam perkembangan kopi di Indonesia yang semakin meningkat. Film yang mengangkat cerita tentang proses penanaman kopi hingga dapat di minum ini, dikemas dengan begitu epic sehingga mampu meracuni penonton untuk mengenal dengan dekat kopi.

Berkembangnya kopi addict saat ini, tak lepas dari orang-orang yang ingin mulai meracik kopinya sendiri. Selain datang ke kedai kopi, banyak pula orang-orang yang mencari biji kopi untuk diseduh dirumah sendiri. Biji kopi ini biasanya didapat secara online atau datang ke sebuah roastery. Namun, kini tak sedikit juga kedai kopi yang menjual biji kopi yang sudah diroasting dan sudah dalam bentuk bubuk.

Meracik kopi di rumah sendiri tentunya bukan tak punya alasan. Meracik kopi di rumah selain lebih ekonomis juga lebih fleksibel. Kopi dapat diseduh kapanpun sesuka hati tanpa ada terbatas waktu.

Terlepas dari itu semua, juga yang ingin benar-benar memahami karakteristik dari tiap kopi. Banyak orang-orang yang tak puas dengan hasil belajar otodidak mereka hingga mereka mencari sekolah atau kursus barista. Tak heran jika kini, sudah banyak bermunculan barista-barista baru.

Apa itu Barista?

Sebelum jauh mengulas sekolah atau kursus barista di Jogja, baiknya kita perlu tahu apa itu barista, pengertian barista yang sesungguhnya dan apa saja yang harus dikuasai oleh barista.

Kata ‘barista’ tentu sudah tidak asing lagi, nama barista mulai mencuat kepermukaan sejalan dengan perkembangan kopi dan dan kedai kopi di Indonesia. Barista merupakan sebutan untuk mereka yang bertugas meracik kopi dari biji hingga menjadi suatu minuman disuatu kedai kopi.

Profesi barista menjadi profesi yang menjanjikan seiring dengan perkembangan kopi dan kedai kopi di Indonesia. Melihat pasar yang terus ramai, bisnis kedai kopi sudah memiliki penggemarnya masing-masing. Jadi tak heran apabila profesi barista kini mulai banyak yang menggeluti.

Menjadi barista tentunya tidak dapat sembarangan. Harus melalui proses belajar yang benar-benar matang. Sebab, tugas barista pada dasarnya tidak hanya menyajikan kopi untuk konsumen. Seorang barista juga harus dapat menjaga karakteristik yang ada dalam tiap kopi.

Keterampilan seorang barista dalam suatu kedai kopi tentu saja harus diutamakan. Karena baristalah yang menjamu para tamu dengan racikannya yang baik dan tepat agar konsumen menikmati kopi dengan senang hati.

Kopi memiliki cita rasa yang berbeda. Untuk menjaga rasa kopi, kopi diolah dengan caranya yang berbeda. Ada beberapa jenis kopi yang lebih cenderung nikmat disajikan dengan metode tertentu. Barista harus benar-benar memahani karakteristik dari masing-masing kopi, agar menghasilkan kopi yang maksimal.

Memahami penggunaan alat-alat kopi baik alat manual brewing maupun mesin espresso juga berbengaruh pada kopi yang disajikan. Seorang barista juga wajib meracik kopi dengan sepenuh hati agar menjadi secangkir kopi yang nikmat.

Maraknya minat untuk menjadi seorang barista, kini sudah banyak tersedia sekolah, lab, kursus untuk menjadi seorang barista di Indonesia. Sudah banyak kursus barista yang menawarkan programnya dengan berbagai macam program dan harga. Tapi, adakah yang worth it?. Tentu ada, seperti kursus barista di Jogja yang satu ini. Yuk simak!

Dimana kursus Barista di Jogja yang worth it ?

Kota Jogja menjadi salah satu kota yang mengalami perkembangan pesat dibidang perkopian. Kini sudah banyak kedai kopi yang berdiri disetiap sudut kota Jogja. Ada berbagai macam jenis kedai kopi di sana, mulai dari yang simple hingga kekinian.

Kopi Roastery Terbaik di Jogja, Ya Coday Lab & Roastery

Berkembangnya kedai kopi di kota pelajar yang satu ini tentu membutuhkan banyak barista-barista terbaik. Untuk memjadi seorang barista baik juga diperlukan pelatihan yang terbaik. Tak perlu kawatir, kursus barista terbaik ada di Jogja loh.

Coday Coffee Lab and Roastery merupakan tempat pemrosesan biji kopi terbaik menjadi kopi unggulan. Coffee Lab and Roastery yang berada di Jalan Ahmad Wahid No 53, Mantup, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta yang satu ini selain memproduksi kopinya sendiri, Coday Coffee Lab and Roastery juga membuka kursus barista di Jogja.

Coday Coffee Lab and Roastery sudah berdiri sejak 2015 dibawah naungan PT. Netindo Solution Group. Coday merupakan perusahaan yang bergerak dibidang kuliner yang menyediakan ragam kopi nusantara.

Seiring berkembangnya budaya kopi saat ini yang sudah menjadi gaya hidup di masyarakat khususnya Jogja, Coday melalui jaringan yang terpercaya menawarkan Paket Training Barista & Coffee Shop Management dengan pemateri handal dan bersertifikat.

Paket Training Barista & Coffee Shop Management sendiri ada 4 macam. Mulai dari materi dasar pengetahuan tentang kopi, materi manual brewing, materi esspreso based & latte art, hingga manajemen kedai kopi. Harga yang ditawarkanpun relatif murah, yakni mulai dari satu jutaan. Tak jarang, Coday juga menawarkan promo-promo yang sangat menggiyurkan.

Materi dasar pengetahuan tentang kopi terdiri atas sejarah kopi, jenis-jenis kopi, pengenalan kopi roasting, dan cara atau teknik uji cita rasa. Materi manual brewing berupa pemilihan biji kopi yang baik, penjelasan proses roasting, proses grinder, teori dan praktek proses menyeduh kopi dengan metode manual brewing seperti Hario V60, Kalita Wave, Vietnam Drip, Aeropress, Freenchpress, Chemex, dan Syphon.

Materi esspreso based & latte art diantaranya mengenal mesin espresso, teknik membuat espresso shot, teknik steaming dan froting foam susu, teori & praktek pembuatan turunan menu espresso based, teknik membuat latte art, dan masih banyak lagi.

Selain ilmu yang didapat, Coday Coffee Lab and Roastery juga memberikan fasilitas-fasilitas yang menarik disetiap paketnya. Fasilitas yang didapat pada materi dasar pengetahuan tentang kopi yaitu pendampingan, e-book, makan siang, coffee break, alat tulis, sertifikat.

Selain fasilitas-fasilitas tersebut, coday juga memberikan bonus-bonus menarik disetiap paketnya. Bonus yang didapatkan seperti T-shirt, alat kopi seduh manual, kemeja workshop, dan sharing group.

Menarik bukan kursus barista di Jogja yang satu ini? Dengan harga mulai satu jutaan sudah mendapatkan ilmu mengenai kopi dan fasilitas serta bonus yang menarik. Untuk info lebih lanjut dapat langsung datang ke Coday Coffee Lab and Roastery di Jalan Ahmad Wahid no 53, Mantup, Baturetno, Bantul atau melalui telepon di 081288146367 (Dian Noviah).