Ini Dia 6 Jenis Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Jurusan Kedokteran

Peluang usaha untuk mahasiswa – Kebanyakan orang sudah memiliki stigma mereka yang sanggup menjalankan pendidikan sebagai mahasiswa kedokteran sudah pasti berasal dari kalangan ekonomi mapan. Padahal banyak juga mahasiswa kedokteran yang hidup serba pas-pasan.

Apalagi biaya pendidikan kedokteran yang mahal, kerap memaksa mahasiswa yang berasal dari keluarga pas-pasan harus mencari ide peluang usaha untuk mahasiswa kedokteran untuk bisa menyambung hidup.

Ini Dia 6 Jenis Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Jurusan Kedokteran

Kebanyakan dari mereka tak tega lagi meminta uang saku lebih kepada orang tua karena sadar orang tua sudah cukup terbebani oleh biaya pendidikan yang mahal. Jadilah banyak mahasiswa kedokteran mencari akal untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjalankan beberapa usaha.

Baca juga : Mencicip Sukses Dari Peluang Usaha Kerjasama Jasa Pesan Antar Kuliner

Bisa saja mereka menjalankan bisnis atau pekerjaan sampingan umum sebagaimana biasa dijalankan oleh mahasiswa dari jurusan lain. Ada banyak pekerjaan paruh waktu yang siap menampung mereka di kawasan perkampusan seperti menjaga warnet atau café.

Tetapi kenapa tidak memanfaatkan kemudahan akses, fasilitas dan keilmuan yang mereka dapatkan dengan status mereka sebagai mahasiswa jurusan kedokteran, dan menjadikannya sebagai aset peluang usaha untuk mahasiswa. Apa saja peluang usaha untuk mahasiswa yang bisa dijalankan secara khusus oleh mereka yang berlatar belakang jurusan kedokteran?

  • Penulis artikel kesehatan
    berlatar pendidikan kesehatan sudah tentu membuat mereka memahami lebih baik beragam masalah kesehatan juga memiliki akses penuh akan berbagai literature kesehatan yang tidak bisa didapat oleh masyarakat umum. Anda bisa manfaatkan kelebihan ini dengan menjadi penulis artikel online dengan tema kesehatan. Ada banyak situs lokal dan manca yang membutuhkan penulis konten kesehatan yang berkualifikasi semacam ini dan sudah tentu siap membayar Anda lebih baik dari penulis konten dan artikel pasaran.
  • Jasa test darah
    Bila dikota Anda terdapat acara car free day atau Sunday morning di akhir pekan, manfaatkan kesempatan ini untuk membuka sebuah booth jasa test darah. Anda bisa menawarkan jasa test tekanan darah, golongan darah, kadar asam urat sampai kadar kolesterol dan gula darah. Kenakan saja biaya murah meriah untuk tiap test atau harga kombo untuk paket test. Kalau perlu ajak beberapa rekan Anda untuk membuka layanan bersama ini. Dan pastikan booth yang Anda buka tetap terlihat menarik konsumen dengan banner yang memikat, sekedar untuk memberi kesan professional.
  • Suplier Produk uji lab
    Sudah tidak kaget lagi kalau mahasiswa kedokteran itu kerjaannya selalu uji laboratorium. Ada begitu banyak praktikum yang perlu dijalankan mahasiswa kedokteran sejak tingkat pertama dan kadang membutuhkan berbagai jenis hewan, sampel bahkan sukarelawan. Anda bisa menyediakan suplai kebutuhan ini mulai dengan menyediakan stok tikus percobaan sampai menjadi penyedia sukarelawan. Bukankah sudah menjadi peraturan tidak tertulis ada tariff khusus untuk para sukarelawan ini, dan sudah tentu juga ada tariff khusus untuk mereka yang siap mencarikan untuk rekan sesame mahasiswa kan? Tidak sulit sebenarnya mencari sukarelawan, cukup menyambangi mahasiswa jurusan lain yang juga tidak kalah pas-pasan dengan Anda.
  • Membuka jasa bimbingan belajar
    Rupanya jasa semacam ini juga banyak dicari oleh mahasiswa yang sedang menghadapi ujian. Ada banyak rangkaian ujian yang harus dihadapi mahasiswa kedokteran dan kadang kala mereka membutuhkan bantuan dari senior yang sudah lebih dulu mengalami masa ujian ini. Kenapa Anda tidak menawarkan jasa ini kepada junior Anda? Jasa ini juga berlaku untuk para calon mahasiswa yang ingin menembus pendaftaran jurusan kedokteran. Cukup dengan berburu siswa SMA yang sedang mentargetkan masuk jurusan kedokteran Unierstitas negeri tempat Anda sekolah, jangan kaget kalau mereka siap mebayar mahal jasa Anda apalagi kalau Anda sukses menghantarkan mereka masuk jurusan harapan mereka.
  • Jasa pembuatan jurnal
    Hobi menulis juga bisa Anda salurkan dengan membuka jasa penulisan jurnal, laporan praktikum, penerjemahan jurnal atau buku asing dan masih banyak jasa penulisan lain. Ada banyak mahasiswa kedokteran yang sebenarnya cukup pintar namun tidak pandai menulis, dan kelemahan ini bisa menjadi peluang usaha untuk mahasiswa seperti Anda kan?
  • Jasa pengobatan murah
    Perawat saja biasanya membuka jasa pengobatan murah meriah di rumahnya dengan tariff dibawah dokter, tak ada salahnya menjajal jasa ini di rumah atau kos-kosan. Apalagi kalau Anda tinggal di kos-kosan umum dimana rekan satu asrama Anda datang dari mahasiswa jurusan lain. Kemudahan akses obat murah yang Anda miliki dan ilmu kesehatan cukup memadai untuk pengobatan penyakit umum. Tetapi sebaiknya hindari mengobati penyakit yang sekiranya Anda lihat beresiko, ingat sebenarnya Anda belum berijin kan?

Itulah beberapa peluang usaha untuk mahasiswa kedokteran bisa membantu Anda menambah uang saku. Bahkan bisa jadi Anda malah dapat membantu meringankan orang tua dalam membayar biaya pendidikan Anda.

Sumber gambar : www.pgavillage-homes.com

Pencarian Terkait :

bisnis untuk mahasiswa kesehatan, Bisnis jasa sampingan untuk mahasiswa kesehatan, usaha sampingan untuk mahasiswa kesehatan, usaha sampingan mahasiswa kedokteran, profesi sampingan kedokteran, pekerjaan sampingan untuk mahasiswa kedokteran, pekerjaan sampingan mahasiswa kesehatan, pekerjaan sampingan bagi mahasiswa keperawatan, kerja part time mahasiswa kedokteran, jenis bisnis kesehatan untuk anak kedokteran 2017, contoh wirausaha mahasiswa kesehatan, cara menghasilkan uang untuk mahasiswa kedokteran, bisnis yang menguntungkan untuk pelajar keperawatan, bisnis yang cocok untuk mahasiswa kedokteran, bisnis mahasiswa kesehatan