Destinasi Wisata Populer Pantai Anyer Banten

0
462

Sejak tahun 80an nama pantai Anyer Banten memang sudah populer sebagai pilihan wisata pantai favorit masyarakat ibukota dan sekitarnya. Bahkan saking populernya sampai di masa itu rilis sebuah lagu klasik antara Anyer dan Jakarta yang terbilang legendaris sampai sekarang.

Baca juga: Wisata pantai pangandaran

Tak salah memang menjadikan pantai Anyer sebagai kawasan destinasi wisata pilihan. Bahkan konon pantai Anyer sudah dikenal sebagai tujuan wisata pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Beberapa tokoh pejabat pemerintahan di masa itu gemar mengambil masa libur mereka dengan bersantai di kawasan wisata ini.

Perjalanan dari kota Jakarta menuju kawasan Anyer hanya memakan waktu sekitar 2 jam dengan menempuh jarak hanya sekitar 160 km. Itupun sudah melalui jalur bebas hambatan yang sepenuhnya lancar melalui tol Cilegon. Lokasi tepatnya hanya sekitar 38 km dari pusat kota Serang.

Tak hanya itu, kini disepanjang kawasan Anyer juga sudah berdiri beragam penginapan dari mulai home stay, villa, cottage dan hotel dari berbagai kelas dengan fasilitas yang sudah sangat memadai. Belum lagi beragam fasilitas memadai yang disediakan pemerintah lokal seperti area bermain dan beragam wahana menarik lain.

Wajar saja kalau kawasan pantai yang sebenarnya merupakan sebuah desa semenanjung kecil dengan garis pantai sepanjang wilayah ini populer sebagai destinasi wisata pantai terbaik. Tak hanya fasilitas yang sudah cukup lengkap dan lokasi yang relatif terjangkau dari Jakarta, lokasi ini memang memiliki panorama alam bahari yang menawan hati.

Berhias hamparan pasir putih yang lembut sepanjang pantai dan deburan ombak yang lebih lembut karena pantai ini sebenarnya lebih menghadap kea rah barat dari pada langsung berhadapan dengan samudera Hindia. Anda akan dimanjakan panorama laut mempesona yang damai dan tenang. Sepanjang kawasan pantai Anda juga bisa menemukan beberapa batuan karang datar dan beberapa teras karang yang membuat Anda bisa bermain sedikit di atasnya.

Beberapa karang membentuk bukit-bukit kecil dan Anda bisa mencoba memancing ikan di area tersebut. Jangan lupa di salah satu sudut terdapat bukit karang dengan lubang di tengahnya, lubang yang seakan menjadi sebuah gapura menuju area pantai tersembunyi di balik bukit karang. Kawasan pantai Karang Bolong ini masih satu area dalam kawasan pantai Anyer Banten.

Berhubung pantai ini sebenarnya menghadap kearah barat, maka ombak di pantai ini cenderung lebih tenang karena tidak secara langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Dan kabar baiknya, Anda bisa menikmati panorama gunung Krakatau yang fenomenal. Anda akan beruntung bila sempat melihat pesona pijaran api dari gunung berapi yang masih aktif tersebut. Tak hanya panorama gunung Krakatau, Anda jugsa bisa melihat mercusuar yang sudah melegenda sejak masa Penjajahan, mercusuar Cikoneng.

Tentu saja Anda juga akan dibuat terpukau dengan panorama sunset di sore hari. Dan ketika matahari tampak tenggelam dibalik gunung Krakatau di saat itulah Anda akan dimanjakan panorama indah yang menjadi nilai terbaik dari pesona pantai Anyer Banten.

Tak hanya panoramanya saja yang mempesona, dikawasan ini sudah tersedia beragam wahana permainan laut yang akan menambah keseruan liburan Anda. Mulai dari speed boat, jet ski, banana boat dan masih banyak permainan lainnya.

Atau Anda bisa meneruskan perjalanan Anda kea rah timur menuju kawasan pantai Carita. Desa ini sama halnya dengan kawasan Anyer merupakan sebuah desa dengan hamparan pantai sepanjang kawasan. Hanya saja di Carita Anda bisa menjumpai beberapa spot taman laut yang menawan. Anda bisa sekedar berlayar dengan kapal yang sudah menyediakan alas kaca sehingga bisa melihat langsung area taman laut dibawah kapal, atau justru bermain snorkeling.

Konon beberapa spot di area Carita memang area taman air yang cukup lengkap. Anda bahkan bisa bermain dengan penyu hijau bila beruntung. Kalaupun tidak, Anda tentu saja masih bisa memanjakan mata Anda dengan pesona terumbu karang yang cantik beserta ikan-ikan anggun yang melenggang di antara karang.

Destinasi Wisata Populer Pantai Anyer Banten
Destinasi Wisata Populer Pantai Anyer Banten

Jadi kenapa harus bingung mencari destinasi wisata yang memukau di akhir pekan panjang Anda? Coba jadikan pantai Anyer Banten sebagai pilihan Anda minggu ini dan jadikan masa liburan Anda mengesankan dan mempesona.-Tim Siap Bisnis-

Sumber gambar: www.indonesiaexplorer.net

peluang usaha masyarakat di pantai carita

LEAVE A REPLY