Berburu Eksotisme Dengan Berwisata Di Pantai Klayar Pacitan

0
307

Beberapa tahun lalu nama pantai Klayar Pacitan mencuat berkat akun instagram istri mantan presiden lalu yang memuat beberapa foto dari kunjungan wisata keluarga mereka di pantai ini. Belum banyak yang tau akan pesona pantai Klayar sebelum ini dan akhirnya merencanakan kunjungan wisata ke pantai eksotis yang lokasinya tersembunyi.

Baca juga : Wisata pantai anyer Banten

Lokasi memang tersembunyi di balik kawasan perbukitan selatan kota Pacitan. Tepatnya berada di sekitar 45 km dari kota Pacitan, berada di kawasan perbatasan antara kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta dengan Pacitan.

Baca juga : Wisata bahari pulau Pramuka

Tak mudah memang untuk bisa mencapai pantai ini, itu pula sebabnya pantai ini tidak terlalu ramai. Bahkan dimasa liburan pantai ini tetap tidak seramai pantai populer di kawasan Gunung Kidul. Padahal tak banyak yang tau pantai ini memiliki sederet pesona yang mungkin tak akan Anda temui di pantai-pantai lain di kisaran laut selatan Jawa.

Jalan menuju pantai Klayar belum sepenuhnya teraspal, jadi jangan kaget kalau Anda harus sedikit berjuang menepuh jalan semi off road dan jalur-jalur rusak. Belum lagi jalur berkelok dan terjal membelah kawasan perbukitan di selatan Pacitan yang curam. Dan jangan berharap bisa menemukan jalur transportasi umum untuk memfasilitasi perjalanan Anda menuju lokasi.

Tapi sekalipun harus diakui perjalanan menuju lokasi sama sekali tidak mudah, tetapi rasa lelah dan kengerian perjalanan Anda akan terbayar lunas begitu Anda mencapai lokasi. Karena pantai satu ini memang benar-benar akan memanjakan Anda dengan panorama indahnya.

Hamparan pasir putih lembut akan menyapa Anda pertama kali. Pasirnya sangat halus dengan beberapa bagian masih berbutir kasar dan menampakan sisa pecahan karang ribuan tahun. Tentu saja dilengkapi dengan deburan ombak besar yang menjulang khas ombak laut selatan.

Beruntung ada teras karang yang menyapa ombak terlebih dulu di depan lepas pantai dan menjadikan ombak justru menyentuh pasir dengan lembutnya. Jadi tak perlu terlalu takut dengan deburan ombaknya ketika menyentuh kaki Anda. Justru hamparan karang inilah yang menjadikah pantai Klayar Pacitan ini istimewa.

Karang di pantai ini terbilang istimewa. Tak hanya berteras dan menghampar membentuk pemecah karang yang tangguh. Tetapi membentuk berbagai figure sampai sebuah menara cantik dengan puncak menyerupai patung spinx ala Mesir. Juga sebuah bukit cantik yang unik dengan figure yang mengingatkan Anda akan pesona pantai Tanah Lot Bali.

Sepanjang mata memandang Anda akan dimanjakan oleh panorama yang begitu memukau dan menyegarkan mata Anda. Ada nuansa eksotis alami yang bisa Anda resapi begitu Anda menginjakan kaki Anda pada pasir putih lembutnya atau merayapi karang demi karang.

Namun lebih dari itu, beberapa figure karang unik itu juga memberi kesan misterius dan dramatis yang memberi nuansa berbeda bagi pantai satu ini. Coba jelajahi pantai ini dari barat ke timur, Anda akan jumpai sebuah sungai kecil yang bermuara pada pantai ini menciptakan aliran lembut yang bisa menyapa kaki Anda dengan ringan.

Anda bisa coba memanjat bukit-bukit karang di tengah pantai dan temukan seruling laut yang unik. Sebuah lubang menghadap ke atas. Ketika ombak besar menghempas karang, maka dari arah bawah muncul air mancur yang bahkan bisa mencapai ketinggian 10 meter. Dari lubang ini pula kadang muncul suara melengking bersamaan dengan air keluar.

Di sisi lain dari karang ini tepat ketika ombak mulai meninggi, akan muncul air terjun alami hasil dari hempasan ombak yang menubruk deretan karang tinggi dan menghempas hingga menyerupai air terjun. Tepat ketika air terjun terbentuk, Anda akan melihat pesona tersendiri karena karang ini berdiri di tengah air laut.

Berburu Eksotisme Dengan Berwisata Di Pantai Klayar Pacitan
Berburu Eksotisme Dengan Berwisata Di Pantai Klayar Pacitan

Itulah pesona unik dari pantai Klayar Pacitan yang tak mudah Anda jumpai di pantai lain. Meski memang kawasan garis pantai selatan Jawa dipadati oleh jajaran batuan karang, tetapi pantai satu ini termasuk yang paling unik. Bentuk-bentukan karang di kawasan pantai yang berbentuk menyerupai teluk kecil ini berbeda dan menghasilkan efek yang berbeda pula. Dan itulah yang layak Anda buru dari pantai Klayar Pacitan, tak salah memang menjadikannya destinasi wisata Anda meski dengan perjalanan yang berat.-Tim Siap Bisnis-

LEAVE A REPLY