Contoh Teks Eksplanasi Singkat Lengkap Ter Struktur Budaya Alam Sosial

Contoh Teks Eksplanasi – Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, kita pastinya mendapatkan banyak ilmu khususnya mengenai berbagai jenis teks mulai dari teks eksposisi, teks eksplanasi, teks anekdot, teks narasi, teks persuasi dan masih banyak lagi. Salah satu teks yang akan dibahas kali ini adalah contoh teks ekplanasi.

contoh teks eksplanasi

Teks yang satu ini bisa dikatakan menjadi teks yang mudah untuk dipahami dengan cepat, mengingat teks eksplanasi sangat mudah untuk ditulis. Tak hanya itu, jika dibanding dengan teks lainnya, teks eksplanasi dapat kita tulis dengan mengacu pada referensi dari berbagai sumber untuk memudahkan anda saat menulis.

  1. Apa itu Teks Eksplanasi?

Bagi yang belum paham, teks eksplanasi adalah teks yang berisi karangan untuk menjelaskan sesuatu dan lebih condong pada penjelasan sebuah proses. Pada bagian contoh teks ini akan lebih dibahas mengenai sebuah tahapan ‘bagaimana’ atau ‘mengapa’ sebuah peristiwa atau fenomena yamg sedang terjadi baik dalam konteks alam, sosial, ilmiah atau juga budaya.

XM

Tujuan dari teks eksplanasi ini sendiri adalah untuk memberikan informasi lebih lanjut soal peristiwa-peristiwa yang tengah terjadi. Biasanya dalam pembuatan teks eksplanasi akan dijelaskan pula mengenai hubungan sebab-akibat mengapa peristiwa itu dapat muncul dengan terlebih dahulu mencari sumber-sumber yang terpercaya.

  1. Perbedaan dengan Teks Deskripsi

Mungkin muncul pertanyaan, apa bedanya teks eksplanasi dan teks deskripsi. Memang sekilas kedua teks ini hampir mirip atau bisa dikatakan sejenis. Namun yang membedakan disini adalah pada teks eksplanasi lebih mengedepankan fakta serta data dan lebih pada penjelasan peristiwa atau fenomena di sekitar manusia.

Sedangkan untuk teks deskripsi sendiri, lebih condong pada penjelasan mengenai suatu benda atau manusia. Dalam teks deskripsi ini sendiri biasanya lebih condong pada opini atau penjelasan secara subjektif. Jadi hal inilah yang membedakan antara teks eksplanasi dengan teks deskripsi pada umumnya.

  1. Kararteristik Teks Eksplanasi

Setiap teks bacaan pasti memiliki karakteristik atau ciri-ciri khusus yang membedakannya antara teks satu dengan teks lainnya. Dengan mengetahui karakter dan ciri-ciri ini, anda dapat dengan mudah bisa membedakan jenis teks tersebut. Tentunya contoh teks ini pun juga memiliki ciri-ciri khusus dan hal itu antara lain :

  • Semua yang ditulis dalam teks eksplanasi haruslah berdasarkan fakta yang ada dan bukannya berasal dari opini. Sehingga hal ini bisa disimpulkan bahwa teks eksplanasi memiliki sifat objektif. Maka dari itu dalam penulisannya pun, harus didukung dengan bukti yang kuat dan jelas sumbernya.
  • Tema atau topik yang ditulis dalam teks haruslah bersifat informatif atau dapat mengedukasi seseorang. Hal ini karena teks eksplanasi bertujuan untuk memberi tahu seseorang tentang sebuah fenomena yang terjadi dan berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
  • Teks eksplanasi tidak boleh berisi sebuah ajakan atau sesuatu yang dapat memberikan sugesti kepada seseorang untuk melakukan sesuatu. Karena hal ini merupakan bagian dari teks persuasi dan teks eksplanasi tak boleh bersifat subyektif. Teks eksplanasi juga tak boleh mempengaruhi seseorang untuk percaya dengan suatu hal.
  • Dalam struktur teks eksplanasi haruslah terdiri dari tiga bagian, yaitu pada paragraf pertama harus berisi pernyataan umum, paragraf berikutnya berisi deretan kalimat penjelas dan sebab-akibat mengenai peristiwa yang dibahas dan pada paragraf terakhir berisi mengenai interpretasi peristiwa tersebut.

 Struktur Teks Eksplanasi Secara Lengkap

Seperti pada ciri-ciri diatas, pada ciri terakhir teks eksplanasi memiliki struktur tersendiri dalam penulisannya. Maka dari itu, penting bagi anda untuk mengetahui lebih lanjut soal tiga struktur khusus yang terdapat dalam contoh teks tersebut. Berikut ini penjelasan singkat mengenai struktur dalam teks eksplanasi :

  1. Pernyataan umum

Dalam paragraf pertama teks eksplanasi, harus berisi tentang penjelasan umum atau sederhana mengenai tema yang akan dibahas. Dalam hal ini, pernyataan atau penjelasan umum bisa ditulis berupa pengenalan singkat mengenai peristiwa atau fenomena yang akan dibahas. Usahakan jangan terlalu detail mengenai tema yang dibahas dalam menulis bagian ini.

Di bagian pernyataan umum ini, anda harus menulisnya dengan kalimat-kalimat yang menarik agar dapat membuat seseorang berminat untuk membaca lebih lanjut mengenai teks eksplanasi yang anda buat. Tulis secara singkat, padat dan jelas agar orang penasaran dengan kelanjutan teks yang anda buat.

  1. Kalimat Penjelas

Jika pada paragraf pertama anda menulis kalimat yang memuat pernyataan umum, maka pada paragraf ini anda sudah mulai menulis semua informasi yang didapat dari sumber berdasarkan fakta mengenai tema yang akan dibahas. Tak hanya itu, dalam paragraf ini juga harus memuat hubungan sebab-akibat dari peristiwa itu, dan penjelasan peristiwa dari awal hingga akhir.

Di bagian ini pun, sebelum menulisnya anda harus benar-benar memahami tentang tema yang sedang anda tulis. Jangan sampai anda belum paham penuh, karena nantinya bisa berimbas pada tulisan anda yang susah dimengerti dan justru membuat pembaca kurang bisa menangkap informasi yang anda berikan.

  1. Interpretasi

Sebagai bagian akhir atau penutup teks eksplanasi, bagian interpretasi ini merupakan sebuah kesimpulan dari keseluruhan tema yang sedang dibahas dalam teks. Kesimpulan ini haruslah rangkuman dari pernyataan umum dan kalimat penjelas yang sudah ditulis sebelumnya. Namun pada bagian ini tidak selalu wajib untuk ditulis pada akhir contoh teks eksplanasi.

Dalam bagian interpertasi ini, anda harus benar-benar memastikan bahwa teks yang anda tulis benar-benar merangkum keseluruhan teks. Jangan sampai pada bagian ini anda membuatnya lepas dari bagian pengantar atau penjelas, karena jika hal ini terjadi, justru antara kesimpulan dan isi teks akan jauh berbeda dan tak memiliki kesinambungan.

  1. Hal yang Harus Diperhatikan

Tentunya dalam menulis sebuah contoh teks eksplanasi, harus memerhatikan berbagai hal atau kaidah yang perlu dicermati. Dengan memerhatikan dan teliti terhadap kaidah ini, dijamin saat anda menulis teks eksplanasi akan terhindar dari kesalahan. Beberapa kaidah atau hal yang harus diperhatikan tersebut seperti :

  • Dalam penulisan teks eksplanasi haruslah memuat bahasa-bahasa ilmiah. Hal ini karena sifat teks eksplanasi yang objektif harus benar-benar berdasarkan pada fakta dan memuat beragam nama ilmiah untuk mendukung teks yang ditulis tentunya sesuai dengan tema yang dibahas dalam teks.
  • Pastikan topik yang anda bahas benar-benar mengenai sebuah fenomena alam. Hindari membahas benda atau manusia, karena hal tersebut nantinya malah akan menjadikan teks yang kita buat berubah menjadi teks deskripsi. Usahakan pula menulis dengan selalu mengedepankan fakta dan menggunakan kalimat pasif.
  • Dalam contoh teks eksplanasi harus bertujuan menjelaskan sesuatu benar-benar berdasarkan fakta yang ada dan bukan berdasarkan pada pandangan pribadi. Gunakan pula konjungsi atau kata hubung seperti : sebelum, pertama, kedua, setelah pada teks yang ditulis.
  1. Apa Saja Jenis teks eksplanasi?

Sebagai sebuah teks yang utuh, tentunya teks eksplanasi juga memiliki jenis-jenisnya tersendiri. Ada beragam jenis dari contoh teks ini dan dari jenis inilah biasanya teks eksplanasi akan dibedakan lagi antara teks yang satu dengan lainnya. Berikut ini adalah jenis dari teks eksplanasi pada umumnya :

  1. Teks Eksplanasi Casual

Pada teks eksplanasi jenis ini, biasanya contoh teks yang ditulis akan memuat mengenai asal-usul atau peristiwa terjadinya perubahan alam secara perlahan. Beberapa contoh dari teks eksplanasi casual ini adalah : proses terjadinya banjir di kota, asal-usul terjadinya hujan asam, proses terjadinya tanah longsor di perbukitan.

  1. Teks Eksplanasi Sequential

Teks yang satu ini merupakan contoh teks yang lebih menjelaskan mengenai rincian atau tahapan dari terjadinya sebuah fenomena alam. Pada teks ini umumnya akan banyak memuat nama-nama ilmiah. Contoh dari teks eksplanasi sequential ini adalah : proses terjadinya hujan es di gunung.

  1. Teks Eksplanasi Teoritis

Contoh teks yang satu ini berisi mengenai spekulasi atau pandangan mengenai kemungkinan terjadinya sesuatu akibat peristiwa lain yang muncul pertama kali. Bisa dikatakan dalam teks ini akan banyak membahas mengenai hubungan sebab-akibat yang saling berkaitan. Contoh : Kemungkinan terjadinya kekeringan setelah musim kemarau panjang.

  1. Teks Eksplanasi Faktorial

Pada teks yang satu ini, akan lebih banyak membahas mengenai efek atau akibat dari terjadinya sebuah peristiwa. Bisa dikatakan hampir mirip dengan jenis teks eksplanasi teoritis, namun bedanya pada teks eksplanasi faktorial, sudah jelas dampak yang terjadi. Contoh : Hasil dari cangkok tanaman mangga dan jambu.

Itu tadi beberapa jenis dari teks eksplanasi. Tentunya dengan mengetahui jenis-jenis itu, anda dapat dengan mudah menentukan teks yang akan anda tulis sesuai dengan topik atau tema yang anda pilih. Selalu perhatikan perbedaan dari setiap jenis teks eksplanasi, agar anda tidak kesulitan saat membedakannya.

Dalam menulis teks eksplanasi sendiri, tentunya tak hanya mengacu pada fenomena-fenomena alam saja. Tapi anda dapat menulis mengenai fenomena atau peristiwa sosial budaya yang tengah hangat terjadi di masyarakat. Contoh dari fenomena sosial yang baru-baru ini terjadi di tahun 2019 bisa seperti : penyebab terjadinya demo pada tangal 22 Mei 2019.

Ada banyak hal yang bisa dibahas dalam teks eksplanasi. Dari segi budaya sendiri pun, terdapat banyak sisi yang bisa dikulik dengan menuliskannya dalam bentuk teks eksplanasi. Salah satunya adalah seperti asal-asul tradisi ngaben di Bali atau mengenai asal-asul sebuah tarian yang ada di Indonesia.

Untuk segi ilmiah sendiri, anda pun juga bisa menulis berbagai hal yang berhubungan dengan suatu karya ilmiah, seperti misalnya proses bercampurnya air laut dan air tawar, proses penggabungan besi dan logam, proses pencampuran zat asam dan zat basa, serta masih banyak lagi.

Dari sisi sejarah pun, kita juga bisa menuliskannya dalam bentuk teks eksplanasi. Beberapa kejadian sejarah yang bisa kita tulis menjadi teks eksplanasi adalah seperti sejarah terbentuknya Kerajaan Majapahit, proses terjadinya perang dunia II, dampak dari proses penjajahan yang dilakukan oleh Belanda bagi rakyat Indonesia.

Saat hendak menulis teks eksplanasi ini sendiri, anda pun juga harus benar-benar memastikan sumber yang anda jadikan referensi itu terpercaya dan bisa dipertanggung jawabkan. Dan sebelum mulai menulis, anda pun juga harus membuat kerangka teks terlebih dahulu untuk memudahkan saat proses penulisan. Kerangka teks itu bisa terdiri dari :

  • Tema
  • Tujuan
  • Paragraf 1 (Penjelasan singkat tema)
  • Paragraf 2 dan seterusnya (Penjelasan lengkap tema)
  • Paragraf akhir (Kesimpulan)

Saat menulis atau membuat kerangka teks ini sendiri, anda pun lebih baik menuliskan garis besarnya saja atau intinya saja. Tinggal nanti saat mulai proses menulis, anda hanya perlu mengembangkan inti yang sudah anda tulis itu. Dengan mematuhi kerangka teks yang sudah dibuat, saat proses penulisan anda tak akan mengalami kesulitan.

Contoh Teks Eksplanasi Sequential

Proses Terjadinya Pelangi

Siapa tak kenal dengan pelangi? Tentu semua orang mengetahui pelangi, karena fenomena ini selalu muncul setelah hujan tiba. Pelangi sendiri adalah sebuat fenomena yang muncul akibat pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air hujan. Fenomena alam ini juga dikatakan sebagai suatu gejala optik yang terjadi pada alam.

Pelangi memiliki beragam warna saat muncul dan selalu menarik perhatian semua orang, karena keindahannya. Tak hanya saat setelah hujan saja, fenomena alam ini pun seringkali muncul, namun kita bisa menjumpai pelangi di sekitar air terjun yang ada di hutan dan gunung atupun di sekitar air mancur yang ada di perkotaan.

Pelangi muncul karena efek dari cahaya langit yang dibiaskan atau dibelokkan menjauhi partikel. Fenomena ini hanya akan terlihat pada pagi atau siang hari, karena pada saat ini matahari masih bersinar cerah. Sedangkan pada malam hari, kita tak akan bisa melihat pelangi karena tak ada sinar matahari.

Awalnya pelangi bisa terjadi karena adanya sinar matahari yang melewati tetesan air hujan dan dibiaskan menjadi banyak warna, seperti pada warna pelangi yang selalu kita lihat. Pada hal ini akan menjadikan warna yang ada pada pelangi nampak indah jika dilihat setelah hujan pada pagi atau siang hari.

Saat sinar dibiaskan, akan memisahkan cahaya putih yamg nantinya menjadi warna spektrum. Oleh sebab itu, inilah yang menjadikan pelangi tak memiliki warna putih. Warna dalam pelangi ini akan dibelokkan kembali pada masing-masing sudut berbeda. Warna pertama yang berbelok adalah warna unggu, lalu diikuti oleh warna lain sampai warna merah yang terkahir dibelokkan.

Saat muncul, posisi pelangi akan berada pada arah yang berlawanan dari posisi matahari dan berada pada garis lurus atau sejajar dengan posisi matahari. Dengan kata lain, jika posisi matahari ada didepan kita, maka untuk bisa melihat pelangi setelah hujan kita dapat melihatnya di belakang kita.

Karena warna-warnanya yang indah ini, seringkali pelangi dijadikan simbol sebuah keceriaan atau kebahagiaan terutama oleh anak-anak. Namun selalu pastikan dan ingat jika pelangi hanya bisa dilihat saat ada matahari saja, karena pelangi hanya bisa muncul jika ada sinar matahari yang dibiaskan.

Contoh Teks Eksplanasi Faktorial

Dampak Bermain Gadget Bagi Anak

Tak dapat dipungkiri, di zaman yang sudah maju ini, gadget seolah menjadi hal yang tak bisa lepas dari setiap orang, mau itu orang dewasa bahkan sampai anak-anak sekalipun sudah terbiasa dengan benda yang satu itu. Terlebih bagi anak-anak sendiri, saat bermain dengan gadgetnya bisa membuatnya lupa waktu.

Memang ada beragam dampak positif dan negatif dari bermain gadget khususnya bagi anak-anak. Namun tetap perlu diperhatikan bahwa gadget ini tak boleh sering dimainkan oleh anak-anak mengingat dampak negatif yang bisa mendatanginya. Sebagai orang tua, anda wajib waspada dan mengetahui sisi baik dan buruk dari gadget ini.

Dari segi dampak positif, gadget memang memilikinya. Dampak positif pertama dari bermain gadget adalah mampu membentuk pola pikir anak dengan cepat terutama melalui permainan yang dimainkan pada gadget. Hal ini tentunya mampu memicu otak anak untuk berani berpikir cepat dalam menentukan strategi yang harus ia gunakan untuk memenangkan sebuah permainan.

Berikutnya dampak positif kedua dari gadget adalah juga mampu meningkatkan kemampuan berbahasa asing pada anak. Hal ini karena mayoritas gadget menggunakan bahasa asing salah satunya Bahasa Inggris. Sehingga secara tak langsung, otak anak akan dipancing untuk memahami istilah-istilah asing yang ada di gadget mereka.

Kemudian dampak selanjutnya adalah mampu mengurangi stres pada anak. Dengan bermain gadget, anak akan mampu terhindari dari berbagai beban pikiran maupun stres yang mereka alami akibat dari tuntutan dan tekanan yang mereka dapatkan saat belajar di sekolah ataupun di rumah.

Dampak lainnya adalah juga mampu melatih ketangkasan anak. Jika anak anda suka bermain game di gadget, maka hal ini bisa digunakan untuk melatih ketangkasan anak, karena nantinya fungsi kerja dan konsentrasi serta fokus anak akan ikut meningkat seiring dengan game yang sedang ia mainkan saat itu pula.

Itu tadi adalah dampak positif yang bisa didapatkan dari bermain gadget pada anak. Memang ada cukup banyak dampak positif yang bisa didapatkan, namun dibalik itu semua juga ada dampak negatif yang bisa saja didapatkan oleh anak anda. Dampak negatif inilah yang perlu anda waspadai agar tak terjadi.

Dampak negatif yang pertama adalah dapat membuat anak kecanduan bermain gadget. Jika anak sudah berlebihan dalam bermain gadget, maka bisa menjadikan anak itu lupa dengan segala tanggung jawab yang harus dia kerjaan, misalnya lupa waktu sampai bahkan lupa untuk belajar. Kecanduan inilah dampak yang paling berbahaya bagi anak.

Berikutnya dampak negatif yang kedua adalah, anak akan menjadi malas. Malas ini lah efek samping dari kecanduan bermain gadget yang berlebihan. Jika anak sudah mulai malas melakukan segala hal, maka ia hanya akan fokus terhadap gadgetnya saja dan tak mau memedulikan keadaan sekitarnya.

Dampak negatif ketiga adalah anak bisa kurang tidur. Hal ini karena jika anak sudah lupa waktu dalam bermain gadgetnya, maka akan membuat anak kurang tidur, lupa waktu untuk istirahat akibat terlalu asyik bermain dan imbasnya bisa membuat ia tidak bersemangat dalam beraktivitas dan membuatnya mudah merasa capek.

Dampak buruk lainnya adalah bisa merusak mata akibat radiasi dari gadget itu sendiri. Jika anak terlalu sering dan terlalu lama dalam menatap layar gadget, maka hal ini akan membuat mata anak rusak, sehingga menjadikan anak sudah harus memakai kacamata pada usia dini, akibat dari radiasi layar gadget yang terlalu tinggi.

Melihat dampak negatif dan positif diatas, sebagai orang tua anda pun juga perlu waspada dan selalu memerhatikan setiap aktivitas anak. Jangan sampai karena kesibukan orang tua justru bisa membuat lupa terhadap kawajibannya memerhatikan buah hati. Selalu awasi anak anda dalam bermain gadget agar dampak negatif tersebut bisa diminimalisir.

Dengan mengantisipasi dampak negatif itu, maka dampak positif dari bermain gadget pada anak pun juga dengan mudah masuk ke dalam diri anak, dan tentunya kemampuan berpikir serta ketangkasan anak pun juga bisa ikut meningkat seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi. Bijaklah dalam mengawasi anak anda.

Contoh Teks Eksplanasi Teoritis

Kemungkinan Dampak Lingkungan Akibat Banjir

Banjir merupakan salah satu fenomena bencana alam yang marak terjadi di Indonesia saat musim penghujan tiba. Banjir ini sendiri seringkali menjadi momok bagi banyak orang terutama yang rumahnya berada didataran rendah apalagi yang dekat dengan sungai atau tempat aliran air yang ada di kota maupun desa.

Tak hanya itu, banjir sendiri juga seringkali menyebabkan berbagai kerusakan pada alam sekitar. Seperti yang terjadi di Sulawesi baru-baru ini. Akibat banjir bandang yang melanda, banyak sekali kerugian yang dialami baik itu dari sisi materi maupun finansial. Disamping berdampak pada manusia, banjir juga bisa berdampak pada lingkungan sekitar.

Banjir sendiri juga memungkinan berdampak besar pada kehidupan sosial manusia bahkan hingga hewan. Saking berbahayanya, jika banjir datang dalam jumlah dan volume yang besar dapat memicu hilangnya banyak nyawa makhluk hidup yang terkena bencana banjir ini tanpa kenal apapun.

Disamping itu, dengan terjadinya bencana banjir dapat memungkinkan seseorang mengalami masalah dengan mental atau kondisi psikologisnya. Beberapa gangguang psikologis ini bisa berupa trauma terhadap banjir bahkan sampai membuat seseorang takut dengan air. Dampak lainnya adalah membuat orang juga takut untuk dekat dengan sungai atau saluran air.

Banjir sendiri dapat disebabkan karena berbagai hal, misal seperti tersumbatnya aliran sungai atau saluran air akibat sampah yang dibuang sembarangan, curah hujan dengan intensitas yang sangat tinggi sehingga menyebabkan sungai atau saluran air tak mampu lagi menampung debit air yang masuk atau yang mengalir.

Banyak sekali dampak negatif yang diakibatkan oleh banjir ini. Mulai dari segi fisik sampai psikis. Meilihat hal ini, tentunya mulai dari sekarang kita pun juga mulai sadar tentang bahaya dari banjir ini. Sedini mungkin kita juga harus membekali diri dengan kemampuan mitigasi bencana agar saat bencana datang kita bisa segera menyelematkan diri.

Dengan dibekali kemampuan kemitigasian bencana ini, dijamin kita mampu mengantisipasi diri saat bencana alam sewaktu-waktu datang. Tak hanya menyelamatkan diri, kita pun juga bisa ikut menyelamatkan orang lain dengan malakukan hal-hal yang perlu dilakukan untuk mengamankan diri saat ada bencana apalagi banjir.

Maka dari itu penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan sungai dan aliran air. Jangan buang sampah atau apapun ke sungai dan saluran air, karena hal ini dapat menyebabkan banjir saat musim penghujan tiba. Selalu waspada dan siaga saat musim penghujuan terutama bagi kita yang memiliki rumah dekat dengan sungai atau saluran air.

Dari tiga contoh teks eksplanasi yang disajikan diatas, tentunya anda pun sudah semakin memahami tentang apa itu teks eksplanasi. Hal yang cukup mudah untuk kita hafalkan dan pahami pastinya, mengingat teks ini merupakan teks yang cukup mudah dalam proses penulisannya dan menyusunnya.

Yang terpenting saat hendak menulis teks eksplanasi, selalu pastikan bahwa anda memahami betul mulai dari tujuan teks, struktur hingga tata bahasa yang harus dicermati. Intinya teks eksplanasi adalah teks yang selalu memberikan informasi berdasarkan fakta dan membahas fenomena-fenomena alam yang tengah hangat terjadi disekitar kita.

Dengan berbekal penjelasan mengenai teks eksplanasi diatas. Kita dapat membuat beragam kejadian atau fenomena menjadi sebuah teks eksplanasi untuk memberikan informasi dan edukasi kepada banyak orang sesuai dengan fakta dan realita yang benar-benar terjadi pada alam sekitar dan kehidupan manusia.