Cari Produk Kopi Terlengkap Di Jogja ? Disini Tempatnya

Produk Kopi Terlengkap – Kopi dan dunia perkopian kini berkembang dengan pesat. Apalagi semenjak adanya buku dan film tentang kopi, dunia perkopian kini semakin diminati. Konsumen yang awalnya mungkin hanya sekedar gemar menikmati kopi instan, kini mulai “naik” ke kafe atau menikmati aneka produk kopi terlengkap di kedai kopi dan tentunya mencicipi aneka produk kopi yang tercipta dari mesin espresso maupun proses manual brew.

Cari Produk Kopi Terlengkap Di Jogja ? Disini Tempatnya

Seperti yang kita tahu bahwa kopi harus melalui perjalanan panjang sebelum akhirnya dapat kita nikmati dalam cangkir. Bagi anda yang belum mengetahui, proses awal jadinya kopi adalah tentu saja, kopi ditanam oleh petani, kemudian pada saat musim panen tiba, buah kopi diambil kemudian dipisahkan biji dan buahnya.

Jangan salah, kopi yang kita lihat itu bijinya ya, bukan buahnya. Buahnya berair dan cukup besar. Setelah dipetik dan dipisahkan dari buahnya, biji kopi kemudian melalui beberapa proses yakni yang pertama, biji kopi perlu dijemur selama beberapa waktu hingga kadar air yang dimiliki berada pada tingkat yang telah ditentukan.

XM

Kemudian setelah itu, si green bean atau raw bean ini dijual ke roaster atau perusahaan atau kedai kopi  yang mengolah sendiri green bean mereka. Salah satu contoh kedai kopi yang juga sekaligus menyediakan roastery di Jogjakarta adalah Coday Coffee Lab and Roastery.

Jika anda main ke daerah Jogjakarta, cobalah untuk mampir ke Coday karena disana anda akan dapat melihat sendiri proses pengolahan green bean di roastery.

Green bean  biasanya di roasting sesuai dengan keinginan dan karakteristik biji tentunya. Ada tiga produk roasting yang biasa kita ketahui yakni light, medium, dan dark. Tidak semua biji dapat di roasting hingga medium atau dark karena seperti yang sudah kita bahas tadi.

Setiap biji memiliki karakteristiknya masing-masing, sehingga tidak bisa dipaksakan. Nah setelah proses roasting atau sangria ini, biji kopi siap digiling kemudian diolah barista menjadi minuman kopi dalam cangkir untuk kita nikmati.

Mungkin anda sudah mengetahui bahwa ada banyak sekali jenis produk kopi yang ada. Deretan menu kopi yang tentu saja memiliki karakter tersendiri karena meskipun berbahan dasar sama yakni kopi, namun karena perbedaan treatment dan cara penyajiannya akan membuat rasanya pun berbeda.

Satu menu yang hampir selalu dipastikan ada adalah espresso. Betapa tidak, kebanyakan coffee shop biasanya memiliki mesin espresso, dan espresso biasanya menjadi andalan atau dasar minuman kopi.

Oleh karenanya, mesin espresso seringkali dianggap senjata utama dalam membuat beragam varian produk kopi nikmat.

Dari semua produk kopi yang ada, beberapa atau bahkan sebagian besar produk kopi dibuat dari bahan dasar espresso atau espresso based.

Bagi anda yang rajin ke kedai kopi tentu familiar dengan beberapa menu di bawah ini ya. Bagi anda yang belum begitu tahu tentang dunia perkopian, berikut ini daftar produk kopi berbahan dasar espresso atau espresso based :

  1. Espresso.
  2. Ristretto.
  3. Lungo.
  4. Doppio.
  5. Americano.
  6. Long black.
  7. Latte.
  8. Cappuccino.
  9. Macchiato.
  10. Mochaccino.
  11. Affogato.
  12. Con panna.
  13. Black eye.

Dari semua menu di atas, mana yang jadi favorit anda? Beberapa menu yang biasanya menjadi Andalan adalah Americano, atau Latte. Latte memang cukup terkenal karena selain rasanya yang lebih mild, juga karena latte art yang seringkali ditambahkan pada cangkir latte anda.

Bagi anda yang gemar kopi pekat, doppio mungkin bisa jadi solusi karena produk kopi ini merupakan double shot-nya espresso. Affogato juga menarik karena menggabungkan es krim dengan kopi. Yang tidak kalah banyak fansnya adalah cappuccino.

Seringkali, orang salah menilai dengan menyamakan cappuccino dengan latte. Padahal, dua jenis minuman ini berbeda lho. Berbeda dari mananya? Dari komposisinya tentu saja. Meskipun sama-sama memiliki foam, capuccino biasanya tidak memiliki tampilan latte art macam di latte.

Memilih produk kopi mana yang enak memang menjadi hal yang sulit terkadang, karena semuanya enak dan terlihat menarik. Apalagi bagi anda yang memang sudah lama gemar ngopi, pasti hampir semuanya bisa anda sukai.

Espresso based coffee memang seringkali menjadi andalan di kedai-kedai kopi. Tidak terkecuali di Coday Coffee Lab and Roastery, anda bisa mencicipi produk kopi terlengkap di Jogjakarta, bahkan anda bisa melihat sendiri dari awal prosesnya karena Coday juga memiliki roastery sendiri.

Masih tentang produk kopi, selain espresso based coffee yang melegenda, minuman berbasis atau produk kopi lainnya juga dibuat dengan cara yang lain, atau tidak menggunakan mesin espresso atau dibuat secara manual.

Nah pembuatan kopi secara manual ini sering disebut manual brew. Sama halnya seperti espresso based coffee, menu atau varian produkkopi yang dibuat dengan manual brew juga ada banyak, beberapa di antaranya seperti:

  1. Kopi tubruk.
  2. Pour over.
  3. Vietnam drip.
  4. Plunger atau press.
  5. Vacuum.
  6. Moka pot.
  7. Cold brew.

Cara pembuatannya berbeda-beda dan cukup unik untuk dicoba. Seperti cold brew, bukan es kopi yang biasa kita minum,namun pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama karena cold brew tidak disiram air panas kemudian diberi es batu seperti es kopi pada umumnya, cara pembuatannya adalah kopi diseduh dengan air dingin kemudian dibiarkan atau didinginkan selama 8 hingga 20 jam.

Semakin lama proses penyimpanan, semakin pekat hasil yang didapatkan. Dan  banyak sekali cara manual brew yang menarik. Tak heran, manual brew juga menjadi salah satu program yang digalakkan pada training-training atau kepelatihan barista, biasanya. Di Coday juga menyediakan pelatihan barista dengan materi manual brew dan espresso based dengan harga yang relatif terjangkau.

Nah bagi anda yang gemar ngopi dan ingin tahu ada apa saja produk kopi yang dapat dinikmati, anda dapat datang langsung ke Coday Coffee lab and roastery karena disana anda dapat memilih dan mencicipi sendiri produk kopi terlengkap di Jogja.

Lalu bagi anda yang tertarik dengan dunia perkopian dan barista, anda juga dapat mengikuti pelatihan berbonus V60 yang sedang dibuka oleh Coday Coffee lab and roastery. Mantap bukan? Selain dapat pengalaman, ilmu juga dapat bonus kemeja, kaos dan V60 tentunya.

Di Coday Lab and roastery tidak hanya menyediakan produk kopi terlengkap di Jogja, namun juga menyediakan paket pelatihan barista terlengkap yang ditawarkan dengan harga promo.

Jangan ragu untuk segera menghubungi Coday Coffee lab and roastery pada nomor yang tertera di bawah ini karena Coday sedang memberikan promo menarik terkait training barista dan coffeepreneur yang tentunya sangat sayang jika dilewatkan.

Bagi anda yang berdomisli di Jogja dan sekitarnya juga dapat langsung datang dan cek lokasi Produk Kopi Terlengkap Coday Coffee lab and roastery yang alamatnya terdapat pada bagian bawah laman ini. Semoga artikel ini dapat membantu ya!