Cara Membuat Pembukuan Akuntansi Yang Sederhana

0
1402

Pembukuan Akuntansi – Apakah anda harus menyewa seorang teman atau tetangga sebelah Anda untuk bisa mengelola pembukuan bisnis karena dia bisa menawarkan jasa dengan biaya yang relatif murah.

Akuntansi

Dia bisa saja datang ke kantor hanya sebulan sekali untuk bisa meyakinkan Anda bahwa semuanya akan baik-baik saja. Anda mungkin menduga itu tidak akan baik-baik saja tapi tampaknya tidak pernah mempunyai waktu untuk bisa melakukan sesuatu tentang hal tersebut.

Perlu dicatat bahwa pembukuan bukanlah sinonim untuk kata akuntansi. Yang pertama adalah pembukuan hanya tentang menjaga catatan keuangan sedangkan akuntansi lebih mengacu kepada proses ketat dalam manajemen keuangan.

Hampir setiap bisnis akan melewati fase pembukuan yang bertarif murah. Di sisi lain, pembukuan yang murah biasanya masih menggunakan sistem yang “usang”, tidak efisien dan tidak bisa memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Ini jika ingin dipasangkan dengan keahlian yang kurang dalam pembukuan dan juga akuntansi maka akan menciptakan sistem yang rapuh dan juga mudah runtuh hingga membuat bisnis Anda rentan bankrut dan tidak sehat secara finansial.

Percaya atau tidak, bisnis dalam hal sekecil apapun juga membutuhkan perhatian khusus tentang pengelolaan keuangannya, baik itu proses akuntansi atau pembukuannya. Pembukuan disini hanya mengacu pada semua aspek yang terkait dengan pencatatan akuntansi. Pembukuan pada dasarnya hanya rekaman atau pencatatan semua tentang informasi mengenai transaksi dan juga kegiatan keuangan dari pebisnis tentang proses akuntansi.

Berikut adalah gambaran sederhana tentang pembukuan oleh apa yang pebisnis kecil harus lakukan:

Menyiapkan dokumen sumber untuk semua catatan transaksi, operasi dan juga kegiatan lain dari bisnis. Yang dimaksud dokumen sumber disini adalah catatan asli yang berisi tentang rincian yang mendukung transaksi ketika dimasukkan ke dalam proses akuntansi.

Umumnya, dokumen sumber akan merinci tentang : deskripsi transaksi; waktu transaksi; nominal uang yang ada dalam transaksi; hingga tanda tangan yang berwenang atau pihak terkait dengan transaksi.

Adanya dokumen sumber bisa dijadikan barang bukti ketika auditor ingin meninjau laporan keuangan perusahaan dan verifikasi jika transaksi tersebut sudah pernah terjadi. Disisi lain, dengan melakukan analisis keuangan untuk bisnis Anda dengan memakai data yang salah adalah salah satu hal yang terburuk dalam bisnis yang mungkin saja terjadi.

Menentukan dan juga memasukkan ke dalam sumber dokumen tentang akibat dari dampak keuangan dari transaksi dan juga hal lain yang terjadi di dalam bisnis. Setiap transaksi mempunyai dampak akan keadaan keuangan bisnis yang wajib anda catat.

Apakah membuat bisnis lebih baik ataupun lebih buruk sebagai hasil dari adanya transaksi tersebut. Proses pembukuan dimulai dari menentukan informasi yang real tentang setiap transaksi dan juga dampaknya untuk keuangan perusahaan.

Membuat jurnal transaksi hanya dengan referensi yang tepat yang ada pada dokumen sumber. Setiap transaksi yang terjadi langsung direkap dan masuk ke jurnal. Yang kemudian akan dirinci sesuai akun yang dipengaruhi transaksi tersebut.

Lakukanlah prosedur end-of-period. Melakukan kompilasi data pada keseluruhan transaksi dan juga akun dalam pembukuan di akhir periode pembukuan. Prosedur ini hanya salah satu langkah penting untuk bisa mendapatkan catatan akuntansi yang up-to-date dan siap untuk diolah kembali untuk bisa menjadi kebutuhan penyusunan tentang laporan pajak, laporan keuangan dan lain-lain.

Terakhir adalah Tutup buku. Menutup buku akan memberikan pemahaman secara lengkap dan terperinci tentang bagaimana informasi akan dirangkum ke dalam laporan keuangan. Ini akan menjelaskan berbagai macam format laporan yang tersedia untuk kebutuhan bisnis. Informasi yang didapat akan menjadi pertimbangan dan sumber informasi untuk menentukan keputusan strategis dalam menjalankan bisnis yang berjalan.

Jurnal bisa mendukung pembukuan dan proses akuntansi yang sederhana untuk para pebisnis, termasuk pengusaha bisnis yang kecil. Fleksibilitas yang dimiliki Jurnal dalam pengelolaan akuntansi dan pembukuan dengan online akan memberikan Anda kebebasan untuk bisa menjalankan bisnis dari tempat kerja, rumah atau di mana saja anda berada.

Anda akan mempunyai gambaran yang up- to-date tentang bagaimana bisnis Anda sedang berjalan, tidak peduli di mana Anda berada sekarang. Dengan software akuntansi cloud atau awan, Anda mempunyai pilihan untuk bisa menjalankan bisnis Anda dari jarak jauh atau dari mana saja.

LEAVE A REPLY