8 Profil Wirausaha Dan Karakteristik Menurut David E Rye

8 Profil wirausaha Menurut David E RyeJika anda ingin menjadi majikan bagi diri anda sendiri dan menjalankan usaha milik pribadi, milikilah kualifikasi yang tepat untuk menjadi seorang wirausaha. Apakah anda memiliki kepribadian seperti wirausaha yang mirip dengan wirausahawan yang berhasil ? seorang wirausahawan adalah seseorang yang mampu mengorganisasi dan mengarahkan usaha baru.

Wirausahawan, sebaiknya berani mengambil resiko terkait dengan proses pemulaian. Beberapa wirausahawan dapat terlahir dalam suatu seni, mulai dengan membuka usaha kecil seperti warung kelontong ketika masih usia sekolah atau di bangku kuliah dan dari sini ia dapat mengambil pelajaran dan berkembang.

Pengalaman itu sangatlah penting dalam rangka mengasah keammpuan manajemen, mengelola waktu dan melatih keuletan anda. Anda dapat belajar dari wirausahawan yang telah sukses dan menjadi idola anda atau mengikuti pola keberhasilan yang mereka kerjakan.

XM

Beberapa kualitas profil wirausaha agar berhasil menurut David E. Rye di antaranya:

  1. Seseorang yang berprestasi tinggi. Seorang wirausaha di tuntut berprestasi yang tinggi, maka perlu bekerjasama dengan para professional dan bermitra kepada para ahli terutama dalam memecahkan masalah yang menantang. Dalam setiap langkah harus dapat menentukan visi dan misi bisnisnya sendiri.
  2. Pengambil resiko. Wirausaha tidak boleh takut menghadapi resiko entah resiko tersebut rendah maupun yang beresiko tinggi. Jika memungkinkan, sebaiknya memilih resiko yang menengah dan menghindari resiko yang tinggi. Sebab tingkat prestasi yang tinggi dapat di mungkinkan jika bersedia mengambil resiko untuk mencapai tujuanya.
  3. Pemecah masalah. Wirausaha harus pandai mengidentifikasi setiap masalah, sekaligus dapat menyelesaikan dengan efisien dan efektif masalah yang di hadapi.
  4. Pencari status. Para wirausaha lebih menyukai apabila bisnis yang di bangunya di puji dan berhasil.
  5. Memiliki tingkat cadangan energy yang tinggi. Wirausaha di tuntut untuk sehat jasmani dan rohani serta dapat bekerja melebihi dari tuntutan jam kerja normal, atau dapat bekerja dalam kurun waktu yang cukup panjang, hal ini diperlukan karena merekalah yang mengelola waktu secara mandiri.
  6. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Peraya diri dan meyakini bahwa para wirausaha memiliki ketrampilan , kemauan dan kemampuanya sendiri dan dapat menguasai hidup tanpa bergantung pada orang lain.
  7. Menghindari ikatan emosi. Harus dapat menghindari hal-hal yang dapat mengakibatkan berkembangnya hubungan buruk dengan mitra usaha, atau dengan kerabat dan sahabat, serta dapat bekerja dalam waktu yang lama dengan siapapun dan tidak boleh dianggap sebagai beban bagi para wirausaha.
  8. Memerlukan kepuasan pribadi. Wirausaha umumnya termotivasi  oleh suatu kebutuhan akan prestasi pribadi. Untuk itu, mereka harus dapat mengatur usahanya secara fleksibel, tidak mau meniru bentuk struktur organisasi tradisional yang birokratis, namun harus dapat membentuk sendiri struktur yang di butuhkan sehingga muncul kepuasan atas keberhasilanya.

Karakteristik Wirausaha Unggul

Karakter wirausaha unggul menurut para ahli yang pertama adalah :

  • Jujur

kejujuran adalah karakter yang wajib di miliki oleh wirausahawan, jujur dan terbuka adalah modal yang sangat penting untuk menjalin relasi bisnis.

  • Disiplin

Disiplin merupakan karater yang harus di terapkan di kehidupan sehari-hari para wirausahawan, tanpa kedisiplinan mustahil kesuksesan akan di dapatan.

  • Inovatif

Memiliki visi yang inovatif dan kreatif sangat penting untuk kelangsungan bisnis di masa yang akan datang, para wirausahawan wajib memiliki karateristik ini, karena di era sekarang ini adalah era yang sangat kompetitif.

  • Personality yang baik

Personality yang baik akan mengantarkan anda menuju kesuksesan, anda akan disenangi banyak orang, network anda di lingungan pengusaha akan menjadi aset yang tak ternilai.

Karakteristik Wirausaha Menurut Bygrave

1. Dream (Mimpi)
2. Decisiveness ( Ketegasan)
3. Doing ( Bertindak )
4. Determination ( Ketetapan Hati atau Kebulatan Tekad)
5. Dedication ( Pengabdian )
6. Devotion ( Kecintaan atau Kesetiaan )
7. Details ( Terperinci )
8. Destiny ( Nasib )
9. Dollars ( Materi atau Uang )
10. Distribute ( Menyalurkan atau Mendistribusikan )