6 Syarat Menjadi Konsultan Keuangan Dan Akuntansi Yang Hebat

Konsultan Keuangan – Konsultan adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa kepenasihatan dalam bidang keahlian tertentu. Apakah pekerjaan konsultan sebenarnya? Secara garis besar, konsultan adalah sparring partner untuk pembuat keputusan dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Konsultan Keuangan

Sparring partner ini dapat berarti si konsultan akan memberikan pertimbangan atas berbagai alternatif tindakan atau memberikan analisis yang mendalam atas fenomena untuk diberikan kepada pembuat keputusan dan dapat juga menjabarkan suatu keputusan ke bentuk yang lebih detail sesuai dengan kebutuhan.

Jadi, seorang konsultan akan memberikan analisis serta penjabaran secara detail atas suatu fenomena yang menjadi fokus perhatian seorang pembuat keputusan. Satu hal yang pasti adalah konsultan tidak pernah membuat keputusan untuk para klien, dia hanya memberikan analisis. Keputusan tetap ada di tangan klien.

Konsultan Keuangan

Adalah profesi dibidang keuangan yang bisa memberikan informasi keuangan, merencanakan keuangan, merealisasikan perencanaan serta mengawalnya sampai usai.

Konsultan Akuntansi

Adalah salah satu profesi di bidang keuangan juga, tetapi profesi ini lebih menekankan kepada suatu perusahaan dalam menghasilkan laporan keuangan yang terstruktur. Dibawah ini adalah syarat-sayarat untuk bisa menjadi konsultan akuntansi yang hebat, contohnya :

  1. Pendidikan yang Berkualitas

Pendidikan yang kuat adalah dasar untuk setiap profesi berbasis pengetahuan. Selalu mencoba untuk kursus profesional yang baru dan juga menantang. Anda harus mempunyai semangat sejak dini untuk mempunyai pendidikan yang baik. Pendidikan yang baik tidak berarti belajar di sekolah-sekolah yang ternama.

Pendidikan yang baik selalu datang dari individu, semangat itu akan mendorong Anda untuk menuju belajar keterampilan baru, subyek dan juga teknologi. Kecuali, Anda mempunyai kecenderungan kuat akan pembelajaran dan pendidikan. Contohnya, jika Anda seorang akuntan, itu akan selalu sangat membantu Anda untuk bisa menjadi konsultan keuangan yang baik.

  1. Bersertifikasi

Ini juga tidak kalah penting dari pendidikan yang berkualitas, karena ini adalah bukti kalau kualitas kita mempunyai harga yang tinggi, berprofesi sebagai seorang konsultan tentunya sangat tidak mudah untuk bisa mencapai puncak popularitas yang sangat tinggi dimata klien, diperlukan skill, pengalaman, dan knowledge yang memadai, ini akan coba saya paparkan beberapa contoh sertifikat yang terkait dengan bidang keuangan dan akuntansi yaitu:

Certified Public Accountant

Certified Internal Auditors

Certified Management Accountants

  1. Menguasai Analisis Laporan Keuangan

Analisis laporan keuangan mungkin Anda temukan dibangku kuliah untuk anda yang mengambil jurusan akuntansi, masih ingatkah anda tentang rasio keuangan Likuiditas, Leverage, Aktivitas dan Profibilitas? untuk anda yang mau berprofesi sebagai seorang konsultan keuangan dan juga akuntansi yang hebat harus mengusai, mengasah kembali dan mendalami materi ini.

  1. Menguasai Akuntansi

Untuk anda yang mengambil jurusan akuntansi, pasti mendapat materi pengantar akuntansi menegah dan akuntansi lanjutan. Memahami logika akuntansi akan membantu dalam menganalisa keuangan perusahaan. Dan sangat disarankan mengikuit berbagai test contohnya Certified Public Accountant.

  1. Pengetahuan dalam Proses Bisnis

Apa itu pengetahuan proses bisnis? Proses ini dikelilingi setiap kegiatan usaha atau item. Untuk membuatnya terlihat lebih sederhana, ketika Konsultan Keuangan bekerja dalam suatu perusahaan, Anda akan melihat beberapa contoh kata. Misalnya, nota kredit, nota debet, faktur, laporan bank, mengambil saham, neraca, laporan laba-rugi, neraca jejak, produksi, perencanaan, anggaran, laporan arus kas, aliran dana, biaya standar, biaya tetap, lindung nilai, surat berharga, operasi perbankan, kas kecil, pesanan pembelian, permintaan pembelian dan lain-lain.

Pertanyaannya adalah bagaimana saya dapat meningkatkan pengetahuan bisnis saya? Proses bisnis yang dinamis belum tentu mereka sama dalam industri. Ini bisa berubah dari perusahaan ke perusahaan lainnya. Anda harus memahami setiap kata tersebut dengan rinci dan memahami aliran proses bisnis tersebut.

  1. Keterampilan Komunikasi

90% dari keberhasilan karir Anda akan tergantung pada komunikasi Anda. Jangan meremehkan keterampilan komunikasi di karir Anda. Ini tidak akan berarti bahwa setiap orang akan mempunyai sejumlah besar keterampilan untuk komunikasi. Itu semua akan tergantung pada keterampilan, lingkungan, pendidikan yang sudah Anda lakukan dan lain-lain.

Keterampilan Konsultan Keuangan dalam berkomunikasi tidak hanya berbicara dengan bahasa Inggris, dengan menjadi Konsultan SAP Anda harus belajar untuk berbicara baik dengan Bahasa Bisnis dan Teknis Bahasa. Ketika Anda pergi ke tempat klien maka selalu diharapkan untuk berbicara dengan bahasa bisnis.

Pencarian Terkait :

cara menjadi konsultan keuangan, syarat menjadi akuntansi, cara menjadi konsultan akuntansi, syarat syarat untuk menjadi seorang akuntan, syarat menjadi seorang akuntan, syarat akuntan, syarat menjadi akutansi, apa persyaratan menjadi seorang akuntan, syarat pendidikan konsultan keuangan, syarat syarat menjadi akuntan, syarat syarat menjadi seorang akuntansi, Strategi jadi konsutan keuangan, persyaratan menjadi seorang akuntan, menjadi konsultan keuangab, bisnis konsultan akuntansi keuangan