6 Ide Besar Untuk Jenis-jenis Usaha Sampingan Tanpa Modal

Makin banyak kalangan muda yang tertarik untuk menekuni usaha sampingan tanpa modal untuk menambah uang saku. Makin banyak pula karyawan yang tertarik menjalani usaha sampingan yang mampu memberi mereka penghasilan lebih. Juga makin banyak ibu rumah tangga yang ingin menambah pendapatan keluarga dengan menjajal beberapa ide usaha sampingan tanpa modal.

6 Ide Besar Untuk Jenis-jenis Usaha Sampingan Tanpa Modal
6 Ide Besar Untuk Jenis-jenis Usaha Sampingan Tanpa Modal

Untuk memilih sebuah ide menjadi usaha sampingan tanpa modal , kita tidak hanya bicara soal “tanpa modal” atau sebenarnya lebih tepat disebut rendah modal, dimana kita bisa memulainya dari apa yang Anda miliki sehingga Anda tak harus mengeluarkan lebih banyak uang lagi untuk mempersiapkan usaha. Tetapi juga perlu untuk menemukan ide usaha yang sifatnya fleksibel, ringan dijalankan dan tidak memakan banyak waktu sehingga cocok dijalankan ditengah aktivita utama Anda.

Baca juga : Usaha rumahan modal kecil, omset 11juta per bulan

Lalu apa saja ide usaha sampingan tanpa modal yang bisa menjadi pilihan Anda? Sebenarnya topic macam ini sudah pasti dengan mudah Anda temukan di banyak informasi sejenis pada dunia maya, kamipun sudah berkali-kali mengulasnya untuk Anda. Tetapi beberapa ide berikut mungkin bisa menambah pilihan untuk Anda.

  • Asisten virtual
    ide usaha macam ini mungkin tak banyak dilirik di Indonesia, tetapi sebenarnya mulai tumbuh secara signifikan dalam pasar tenaga kerja Indonesia. Makin banyak pelaku usaha online yang membutuhkan tenaga asisten untuk membantu mereka mengelola jadwal, keuangan dan membantu menjalankan beberapa bagian dari aktivitas bisnis online mereka. Dari sinilah pasar asisten virtual juga berkembang. Atau kalau Anda cukup mahir berbahasa asing, pekerjaan macam ini di pasar global justru sudah sangat berkembang.
  • Animator
    Ide usaha sampingan satu ini juga sangat menarik, cukup bermodal kemampuan Anda dengan ilmu animasi computer dan desain grafis yang tinggi, Anda sudah bisa memulai bisnis ini. Ada banyak kebutuhan pasar akan jasa animasi baik di pasar lokal maupun internasional, seperti untuk industri periklanan, industri perfilman sampai indusri telekomunikasi. Bila Anda beruntung bisa jadi Anda akan disewa oleh perusahaan kartun besar dunia, industri perfilman internasional atau perusahaan advertising dunia.
  • Bisnis webtoon
    Anda yang menggemari dunia komik ternyata juga bisa mengembangkan bisnis ini melalui media webtoon. Webtoon sebenarnya bentuk aplikasi untuk mendapatan akses leluasa membaca sejumlah komik secara online. Anda bisa menjual komik digital Anda ke berbagai provider aplikasi webtoon yang kini mulai marak di dunia maya. Soal hasil, jelas cukup menarik, bahkan beberapa produsen komik lokal mengaku bisa mencetak untung sampai belasan juta dari komik digital buatannya.
  • Jasa akuntansi
    Sebagaimana jasa asisten virtual, kini berkembang pula permintaan jasa akuntan virtual untuk membantu melakukan operasi keuangan pada perusahaan skala kecil menengah. Bisnis yang masih berskala sederhana membuat mereka belum memutuskan untuk merekruit tenaga keuangan tetap sehingga memilih tenaga freelance yang secara khusus bertugas melakukan akumulasi, pelaporan, pembuatan sistem dan audit internal. Bagi Anda yang mahir dengan sistem komputansi, Anda juga bisa mengembangkan sebuah sistem komputansi, menjualnya sebagai aplikasi untuk perusahaan skala kecil menengah.
  • Penyalur jasa online
    Anda merasa tak cukup mahir dalam menulis atau dalam desain grafis. Anda juga bukan pakar akuntansi juga bahasa program. Tetapi Anda memiliki kemampuan yang tinggi dalam pemasaran. Jadikan kemampuan Anda ini untuk menghimpun beberapa tenaga kerja online dan menawarkan jasa mereka ke pasar tenaga kerja online. Anda bisa membuka website yang menawarkan jasa penulisan online, sementara di sini tugas Anda hanya memasarkan dan mengelola tenaga kerja penulis yang ada dibawah Anda. Seluruh pekerjaan dan penyuntingan sepenuhnya menjadi tanggung jawab tim kerja di bawah Anda. Pekerjaan sejenis bisa pula Anda kembangkan dalam bentuk jasa penyalur tenaga desain grafis, tenaga akuntan sampai tenaga programmer dan SEO.
  • Bisnis media sosial
    Kami sempat mengulas mengenai bisnis ini dalam beberapa ulasan kami sebelumnya, bagaimana sebuah portal video macam youtube atau vidio.com yang kelas lokalan bisa menjadi sebuah wadah seru mencari pundi uang. Bermodal kamera di ponsel Anda sekalipun Anda sudah bisa menghasilkan uang dengan mengupload video Anda dalam portal dan membuka chanel iklan ke dalamnya. Atau dengan mempopulerkan akun instagram Anda, sehingga Anda memiliki banyak follower yang siap menikmati apapun yang Anda bagikan di dalam akun Anda. Manfaatkan jumlah follower Anda untuk iklan endorsement atau penjualan afiliasi.

Rupanya menjalankan usaha sampingan tanpa modal semakin mudah saja berkat berkembangnya dunia online dan kemudahan dalam akses internet. Kita tidak akan tau peluang apa lagi yang bisa Anda kembangkan dari perkembangan dunia informasi dewasa ini.

Sumber gambar : articles.bplans.com

Pencarian Terkait :

jenis usaha tanpa modal, chanel usaha smapingan, home industri tanpa modal, jenis jenis usaha yang di jalankan tanpa modal, jenis usaha tanpa modal besar, macam - macam usaha tanpa modal, macam usaha tanpa modal