5 Tips Agar Toko Online Anda Laris Manis Laba Melimpah

0
619

Toko Online – Cara berjualan dengan toko online adalah sesuatu yang gampang-gampang susah. Oleh karenanya, semua itu wajib memiliki ilmunya supaya usaha kita dapat berjalan dengan sukses. Dibawah ini adalah tips yang saya berikan untuk kalian untuk bisa berjualan online yang murah melalui toko online :

Toko Online

  1. Jangan Bikin Toko Online Dengan Sistem Belanja Yang Susah

Menurut pengalaman saya, sebagian besar pembeli belanja online di Indonesia semuanya lebih senang berbelanja di situs yang tidak ribet. Ribet dalam arti tidak harus mengklik sana-sini untuk memesan produknya.

Cukup sertakan nomer handphone dan alamat Facebook milik anda dan segalanya jadi lebih enak untuk mereka. Apalagi jika anda bersedia menerima telepon. Sebagian besar konsumen toko online di Indonesia lebih senang jika bisa bicara langsung dengan anda. Lupakan sistem toko online dengan script khusus seperti yang dipakai di luar negeri. Saya jamin pangsa pasar anda akan sedikit dengan penggunaan sistem yang canggih seperti itu!

  1. Foto Berkualitas: Wajib Hukumnya !

Berdasarkan pengalaman saya, ini adalah faktor yang membuat toko online saya mudah untuk diingat dan makin disukai oleh para pembeli. Saya upload foto produk-produk dengan kualitas yang baik dari berbagai macam sisi. Ini sangat memudahkan para pembeli untuk bisa melihat produk anda dengan detail.

Coba bayangkan, foto-foto ini adalah hanya satu-satunya cara interaksi visual antara calon pembeli dengan barang yang ingin dibelinya. Masak anda tega untuk membiarkan calon pembeli anda hanya melihat bagian depan produk anda saja?

Saran saya, lebih serius dalam hal foto produk. Kalau bisa, gunakanlah kamera DSLR untuk bisa mendapatkan ketajaman gambar yang sangat maksimal. Bila kamera SLR terasa berat, anda dapat menggunakan kamera pocket tapi dengan dibantu pencahayaan lampu tambahan. Anda dapat menggunakan dua lampu belajar untuk bisa membantu pencahayaan foto produk anda.

  1. Layanan yang Cepat dan Tanggap

Kecepatan melayani pembeli adalah salah satu faktor yang bisa menentukan dalam hal kualitas pelayanan. Jangan biarkan para pembeli anda terlalu lama menunggu balasan SMS anda. Inilah resiko yang wajib anda tanggung ketika anda belum mempunyai karyawan di toko online. Anda dan handphone anda wajib melayani pembeli dari Sabang hingga Merauke!

  1. Jangan Bekerja Sendiri !

Salah satu faktor yang membuat penjualan meningkat pesat adalah adanya reseller. Reseller adalah pihak yang menjual kembali produk milik anda kepada orang lain. Jadi anda wajib memberi diskon khusus untuk para reseller yang bisa mereka jadikan keuntungan atau laba mereka. Buatlah halaman di toko online anda yang berisi perjanjian dengan para reseller. Tentukan diskon yang dapat anda berikan kepada mereka berdasarkan jumlah dari barang tertentu.

Langkah selanjutnya adalah bina hubungan yang baik dengan para reseller dan jangan pernah mengecewakan mereka. Perlakukan mereka sebagai rekan bisnis anda dimana terdapat hubungan saling membutuhkan.

  1. Bekali Diri Dengan Pengetahuan Internet

Toko online adalah toko yang letaknya ada di internet. Seperti halnya jika anda menyewa lapak di mall, anda harus mengenali mall tersebut dengan baik. Anda wajib mempelajari dari pintu mall para pembeli produk anda akan masuk. Anda wajib mempelajari apakah lokasi lapak anda di mall cukup strategis untuk barang yang anda jual. Demikian juga di internet.

Di internet, anda wajib belajar di mana para calon pembeli anda akan sering nongkrong. Apakah di forum-forum, grup di Facebook atau datang dari mesin pencari contohnya Google, Yahoo! atau Bing. Dengan mengetahui pangsa pasar di internet maka tingkat penjualan dapat dimaksimalkan.

Baca juga : 6 poin untuk menjadi konsultan keuangan yang hebat

Banyak jurus yang dapat anda praktikkan untuk bisa meningkatkan penjualan anda di internet. Salah satunya adalah dengan memakai pengetahuan supaya kebanjiran order dari mesin pencari. Jutaan orang sudah menggunakan Google untuk mencari barang dan ini adalah pangsa pasar yang sangat luas jika situs anda dapat ‘nongkrong’ di halaman depan hasil pencarian Google.

Jurus ini adalah SEO (Search Engine Optimization) atau memaksimalkan mesin pencari untuk keuntungan kita. Jurus ini tidak dapat saya tuliskan di sini karena terlalu banyak untuk dijelaskan di artikel ini.

Demikianlah beberapa tips yang justru merupakan faktor-faktor penentu cara berjualan online yang murah. Saya bukan orang yang sempurna, tapi saya percaya bahwa hal-hal yang besar dibangun dari hal-hal yang kecil.

SHARE
Founder sekaligus content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia teknologi, startup dan science. Kebahagiaan terbesar adalah ketika bisa berbagi dan memberikan solusi untuk sesuatu yang bermanfaat, itulah modal terbesar dalam membangun sebuah startup.

LEAVE A REPLY