10 Strategi Pemasaran Online Yang Efektif Dengan Sosial Media

Strategi Pemasaran Online – Kekuatan sosial media bisa membantu meningkatkan jumlah audiens dan konsumen secara drastis. Tetapi tanpa pengalaman atau ilmu yang mendukung, jika anda nelakukan pemasaran di kanal tersebut akan mengalami kesulitan jika tidak menguasai ilmunya.

10 Strategi Pemasaran Online Yang Efektif Dengan Sosial Media
Image : socialnewsdaily.com

Sebelum terjun ke dunia social media marketing, ada beberapa aturan dasar yang perlu anda pahami Berikut ini 10 prinsip mendasar tentang Strategi Pemasaran Online yang diutarakan oleh Susan Gunelius, pakar pemasaran sekaligus CEO dari KeySplash Creative Inc.

  1. Banyak Mendengarkan Masukan Konsumen

Strategi Pemasaran Online yang pertama. Untuk sukses di dunia social media marketing dan content marketing, anda wajib lebih banyak mendengar dari pada berbicara. Baca pesan dan masukan yang telah di buat oleh audiens target anda, kemudian bergabunglah dan berkomunikasilah untuk memahami apa yang mereka butuhkan. Setelah itu baru anda bisa membuat konten marketing dan komunikasi yang menambah nilai.

2. Fokus

Mencoba melakukan banyak hal tidak bisa membawa anda pada kesuksesan. Anda butuh fokus, tidak terkecuali dalam pemasaran di media sosial. Supaya terbangun citra brand yang kuat, buatlah konten marketing yang terfokus pada suatu bidang tertentu, hal itu akan lebih baik dari pada berusaha menyenangkan seluruh orang.

3. Utamakan kualitas

Strategi Pemasaran Online ke 3. Kualitas selalu mengalahkan kuantitas. Lebih baik anda mempunyai 1.000 audiens yang aktif membaca, membagikan, dan mendiskusikan konten marketing buatan anda, dari pada 10.000 audiens yang hanya sekadar muncul sekali dan kemudian menghilang.

4. Sabar

Keberhasilan sebuah konsep sosial media dan content marketing tidak bisa terjadi dalam semalam. Memang terkadang ada orang yang beruntung, langsung meledak dan viral. Tetapi kemungkinannya sungguh kecil. Lebih baik anda berkomitmen untuk mengincar hasil jangka panjang bukan jangka pendek.

Baca juga :  Cara Promosi Jasa Iklan Online Yang Tepat, Wajib Anda Terapkan

5. Gunakan berbagai jalur

Bila anda telah membuat konten marketing yang berkualitas, langkah berikutnya adalah menyebarkannya. Jangan terpaku cuma di satu jalur penyebaran konten. Gunakanlah segala macam media sosial yang ada (Twitter, Facebook, LinkedIn, Instagram, dll) agar konten anda bisa dikenal banyak orang. Semakin beragam jalur penyebaran, orang juga akan lebih gampang menemukannya di Google.

6. Manfaatkan influencer

Strategi Pemasaran Online yang ke 6. Luangkan waktumu untuk mencari influencer yang punya pengaruh kuat, serta memiliki audiens berkualitas yang sesuai dengan target pasarmu. Jalin hubungan dengan orang-orang seperti ini. Posisikan dirimu sebagai pihak yang mempunyai otoritas dan mempunyai informasi berguna. Dengan demikian, konten marketing anda akan bibagikan oleh banyak orang.

7. Beri nilai tambah

Bila apa yang anda tulis sifatnya cuma mempromosikan produk atau jasa milik anda sendiri (hard selling), maka orang akan tidak tertarik lagi. Konten yang anda sediakan wajib mempunyai nilai tambah. Jangan terlalu memusingkan conversion, sebaliknya fokuslah membuat konten berkualitas, serta menjalin relasi dengan konsumen dan influencer. Dengan begitu maka produkmu secara alami akan disebarkan orang-orang tersebut.

8. Jangan cuek

Strategi Pemasaran Online yang ke 8. Bila ada orang datang kepada anda di dunia nyata atau offline, anda tentunya tak akan mengabaikannya begitu saja, bukan? Lakukan hal yang sama seperti di internet. Membangun relasi adalah faktor kunci keberhasilan pemasaran di sosial media, jadi anda juga perlu memberi perhatian khusus kepada setiap orang yang mencoba menghubungi anda.

9. Jangan menghilang

Setelah menerbitkan konten, jangan menghilang begitu saja. Anda juga harus berpartisipasi dalam perbincangan atau komentar yang muncul. Audiens di dunia maya bakal cepat meninggalkan anda bila mereka merasa anda tak memberi update yang konsisten.

Baca juga :  3 Kiat Pemasaran Online Ala Zalora, Belajar Dari Online Shop Kelas Dunia

10. Beri timbal balik

Strategi Pemasaran Online ke 10. Jangan berharap orang lain bakal membagikan atau mempromosikan konten anda bila anda tidak melakukan perihal yang sama kepada mereka. Cobalah meluangkan waktu untuk membagikan konten orang lain. Bentuk kerja sama secara tidak langsung seperti ini akan menguntungkan kedua belah pihak, dan membuat audiensmu tumbuh lebih cepat

SHARE