26 Usaha Yang Menjanjikan Modal Kecil Untung Besar

Baca Juga :

Usaha Yang Menjanjikan – Anda merasa bosan jadi pegawai dan berniat ingin merintis usaha sendiri? Tunggu apa lagi? Segera wujudkan niat Anda tersebut! Atau Anda masih mencari peluang usaha yang menjanjikan? Tak perlu risau, bacalah artikel ini hingga tuntas dan mulailah membangun kerajaan bisnis milikmu dan ciptakan lapangan kerja baru.

26 Usaha Yang Menjanjikan Modal Kecil Untung Besar

Memulai sebuah usaha bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang perlu Anda pikirkan dengan matang, mulai dari produk yang akan Anda jual, target pasar, strategi pemasaran, hingga ciri khas yang ingin Anda tonjolkan pada barang yang Anda jual. Satu hal lagi yang terpenting adalah riset pasar.

Dalam hal ini, Anda harus pandai melihat peluang usaha apa yang paling tepat alias sesuai dengan passion. Tidak hanya sekedar ikut tren pasar, yang hanya booming sesaat lalu mati.

Tentu Anda tingin usaha yang Anda rintis dapat berkembang dengan pesat tanpa pernah mati. Untuk mewujudkan ini, maka riset pasar dan usaha sesuai passion adalah kuncinya.

Ada berbagai peluang usaha yang menjanjikan mulai bermunculan dan menciptakan banyak wirausahawan baru di Indonesia.

Tidak hanya pengusaha yang berskala besar, tetapi juga usaha kecil menengah yang mengalami pertumbuhan pesat. Munculnya berbagai peluang usaha ini menarik banyak orang untuk mencoba membangun usahanya sendiri.

Ide peluang bisnis bisa datang dari mana saja. Dan perlu Anda ingat adalah semua itu harus diiringi dengan ketekunan, kerja keras, semangat pantang menyerah, serta kreatif dan inovatif.

Tanpa itu semua, mustahil usaha yang Anda jalani akan berada dalam posisi yang diharapkan dari awal, yaitu sukses dan berpenghasilan tinggi lagi stabil dan terus meningkat.

26 Usaha yang Menjanjikan Ini Patut Dicoba

Bagi Anda yang bingung tentang usaha apa yang akan Anda rintis, mungkin saja informasi berikut ini terkait beberapa peluang bisnis yang menjanjikan dapat membantu Anda.

  1. Bisnis Online atau Daring

Saat ini, banyak hal sudah dilakukan secara online, terutama belanja, baik belanja makanan ataupun pakaian, karena sudah banyak toko online yang tumbuh dengan beragam produk yang dijual.

Hanya dengan internet, maka kegiatan apapun dapat Anda lakukan di dunia maya dengan lebih mudah, termasuk belanja.

Banyak sekali masyarakat Indonesia yang menggunakan smartphone. Hal inilah yang membuat bisnis online menjamur. Banyak yang membuka usaha toko online atau online shop yang menjual pakaian, makanan, otomotif dan sebagainya. Saat ini juga ada banyak marketplace yang menjadi wadah untuk pelapak online.

Selain toko online, peluang bisnis online berikutnya adalah memanfaatkan media sosial, seperti Youtube, Instagram, dan Facebook untuk menghasilkan uang.

Anda dapat memilih salah satu untuk menjadi youtuber, influencer, blogger, vlogger, content creator, dan lain sebagainya. Semua usaha ini tidak akan pernah mati, kecuali internet sudah musnah.

  1. Industri Rumahan

Membuka bisnis tidak harus dimulai dengan modal yang besar. Anda bisa memulai bisnis dengan skala rumahan yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga dan mahasiswa.

Ada banyak industri rumahan yang dari bisnis kecil-kecilan naik kelas hingga menjadi perusahaan besar. Beberapa bisnis ini, diantaranya katering, sablon, konveksi, dan lain sebagainya.

  1. Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner juga termasuk peluang bisnis yang bisa Anda coba. Seperti yang kita tahu, setiap orang pasti membutuhkan makanan, apalagi bagi mereka yang suka ngemil.

Ditambah lagi, makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok semua orang. Bisnis makanan saat ini juga tidak hanya tentang rasa tetapi juga tentang kesehatan.

Resep makanan yang unik atau Anda bisa membuat snack yang digemari banyak orang, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan usaha di bidang kuliner.

Akan menjadi nilai lebih jika juga menyehatkan. Ada banyak orang yang sudah berhasil menjalankan bisnis makanan dengan inovasi yang unik.

Karena alasan itu, banyak dari mereka yang berinovasi pada bisnis di bidang kuliner terus mengalami perkembangan hingga dapat membuka banyak cabang di berbagai tempat.

Di sisi lain, bisnis kuliner juga tidak akan mengalami kemunduran, karena manusia merupakan makhluk yang haus dengan cita rasa yang baru, tetapi juga enak.

Namun, jika hanya menjual makanan enak saja, maka ini dapat dikatakan belum cukup jika diterapkan di zaman ini. Kuliner yang dijadikan di zaman ini lebih cenderung memiliki nilai jual yang lebih dari enak, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, misalnya memiliki value menyehatkan, menggunakan bahan ramah lingkungan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, sangat tidak mungkin jika bisnis kuliner akan menyusut kemudian mati, karena inovasi akan terus dilakukan untuk memenuhi hasrat manusia dengan cita rasa makanan yang baru lagi enak dan memiliki value khusus.

Jadi, produk makanan dan minuman yang dijual, memiliki ciri tersendiri dan pastinya berbeda dengan yang lain.

  1. Waralaba Makanan dan Minuman

Salah satu yang bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis untuk menambah saldo rekening, adalah dengan membuka usaha makanan dan minuman. Bisnis ini cukup menjanjikan, asal Anda cermat melihat target pasarnya.

Bisnis ini bisa juga dijalankan oleh Anda yang tidak memiliki keahlian dalam dunia kuliner, namun sangat ingin memiliki bisnis makanan.

Bagi Anda yang mencari peluang usaha makanan dan minuman dengan modal kurang dari Rp 5 juta, Anda dapat menjadikan waralaba makanan dan minuman sebagai pilihan.

Usaha waralaba makanan dan minuman bisa dimulai dengan modal Rp 2 jutaan saja. Waralaba merupakan bisnis yang pas dirintis oleh seorang pemula.

Selain dengan modal yang kecil, Anda akan mendapatkan training dari perusahaan yang membuka waralaba tersebut, dan juga akan disediakan peralatan lainya yang Anda butuhkan ketika melakukan pemasaran produk.

Dengan demikian, Anda juga akan mendapatkan ilmu serta bimbingan bisnis yang tentu akan berdampak pada keberhasilan usaha ini.

  1. Angkringan

Angkringan tidak hanya cocok dijadikan sebagai usaha sampingan, namun juga bisa menjadi peluang untuk Anda menghasilkan uang melalui penjualan makanan di perkotaan.

Di malam hari, angkringan bisa menjadi tempat yang dituju oleh karyawan kantor dan warga setempat yang kelaparan.

Angkringan bisa menjadi referensi bagi mereka untuk mencari tempat penjualan makanan yang murah. Angkringan tidak membutuhkan modal yang mahal, hanya Rp 3 jutaan saja.

Akan tetapi, semua tergantung pada menu makanan yang Anda sediakan. Yang pasti, di angkringan harus ada nasi kucing, sate-satean, susu jahe, serta tempe dan tahu bacem.

  1. Jajanan Pasar

Anda juga bisa menjalankan usaha untuk menghasilkan uang dari makanan termurah, yaitu menjual jajanan pasar.

Sampai kapanpun, akan selalu ada orang-orang yang doyan terhadap jajanan pasar yang murah meriah. Untuk menjalankan usaha jajanan pasar, Anda hanya membutuhkan modal Rp 1 jutaan dan menjualnya di kantor pada pagi hari.

  1. usaha Gorengan

Tidak ada yang bisa menolak gurihnya bakwan, tahu, tempe, pisang molen, dan cireng. Itulah sebabnya penjual gorengan yang mangkal di pinggir jalan selalu bisa mendapatkan uang dari hasil penjualan gorengannya.

Gorengan memang merupakan jajanan yang tidak sehat, karena biasanya digoreng dengan minyak yang sudah beberapa kali pakai.

Selain itu juga mengandung banyak sekali kolesterol yang dapat menganggu kesehatan tubuh. Kendati demikian, gorengan bisa menjadi peluang usaha makanan yang sangat menguntungkan.

Anda Cuma membutuhkan modal sekitar Rp 3,5 jutaan saja. Itu pun sudah termasuk biaya untuk beli gerobak.

Dalam satu hari, Anda bisa mendapatkan keuntungan mencapai Rp 150 ribuan. Jadi, jika Anda berjualan setiap hari, dalam sebulan saja modal yang Anda gunakan untuk memulai usaha ini akan kembali.

Perputaran ini tentu sangat cepat, tetapi tetap saja, Anda harus menemukan rasa gorengan yang enak dan jika bisa lebih dari enak.

  1. Bisnis Jasa

Jika Anda berniat untuk membuka bisnis jasa, perlu diperhatikan bahwa pelayanan adalah nomor 1. Beberapa contoh bisnis jasa, seperti membuka jasa menjahit, fotokopi, sewa kendaraan, servis kendaraan, potong rambut, cuci motor dan mobil, cleaning service, laundry, bimbingan belajar, dan masih banyak lagi.

Modal utama untuk menekuni bisnis jasa adalah kepercayaan konsumen terhadap jasa yang Anda berikan.

Itulah sebabnya, Anda harus memiliki banyak jaringan dan penting untuk memanfaatkan promosi online, agar dapat meningkatkan brand awareness. Selain itu, testimoni dari konsumen juga patut untuk didapatkan dan diperjuangkan.

  1. Bisnis Jasa Perantara Jual Barang Hypebeast

Tren hypebeast saat ini sedang menjamur di kalangan anak millenial yang berkantong tebal. Tidak sedikit dari mereka yang rela mengeluarkan uang hingga puluhan juta rupiah hanya untuk membeli outfit alias baju.

Outfit atau sneakers bekas yang langka juga diburu oleh mereka. Jadi, tidak heran jika mereka berani mengeluarkan banyak uang.

Tentu saja dibalik gaya hidup glamor mereka, ada peluang usaha baru yang menjanjikan yang bisa Anda coba.

Anda bisa memanfaatkan media sosial, seperti Instagram ataupun forum jual beli, lalu kumpulkan followers sebanyak-banyaknya, dan bukalah jasa perantara. Anda bisa menetapkan tarif, untuk posting.

Misalnya saja untuk posting di Story satu kali dikenakan biaya Rp. 200 ribu, di feed seharga Rp 500 ribu, dan untuk paket all in seharga Rp 600 ribu.

Bisnis ini akan sangat menguntungkan jika Anda berhasil melakukannya. Dan jangan lupa, Anda juga harus paham jenis-jenis outfit dan sneakers hypebeast.

  1. Bisnis Jasa Web Developer

Jasa membuat web atau blog profesional atau yang sering disebut dengan web developer merupakan usaha yang sangat potensial, karena tidak banyak orang yang bisa membuat website untuk bisnis mereka.

Untuk menjadi seorang web developer, Anda harus memiliki skill yang mumpuni agar dapat menciptakan sebuah blog atau website yang profesional.

Sebenarnya, membuat website tidak terlalu sulit, karena Anda bisa menggunakan platform WordPress. Dari WordPress, Anda bisa menggunakan plugin Elementor Premium untuk mendesain web.

Akan tetapi, jika Anda ingin menjadi web developer yang sebenarnya, maka Anda harus belajar dari dasar-dasar pembuatan website yang baik.

  1. Bisnis Kursus Online

Bagi Anda yang memiliki hobi dan keahlian di bidang musik, marketing, bahasa asing, bahkan olahraga, Anda dapat membuka kelas kursus online. Mungkin Anda sudah familiar dengan yang namanya webinar.

Anda bisa memanfaatkan itu untuk membuka kursus online berbentuk webinar. Bisnis ini hanya memerlukan portofolio, laptop, dan internet.

  1. Bisnis Sewa Kamar

Bisnis sewa kamar bisa dilakukan secara online maupun offline. Akan tetapi, karena saat ini sudah ada AirBnB, Tiket.com, dan Airy Room, tentu saja cara online lebih memudahkan Anda dalam mencari pelanggan.

Bisnis sewa kamar sangat bisa Anda lakukan jika rumah Anda berada di wilayah yang strategis, seperti dekat dengan pusat bisnis.

Cukup sediakan kamar kosong, Anda bisa memulai bisnis ini. Perputaran uangnya tentu juga cepat, daripada Anda mengontrakan rumah ataupun menjadikan rumah itu menjadi tempat kos.

Akan tetapi, jika Anda masih tinggal dengan orang tua, Anda harus meminta izin terlebih dahulu ke orang tua Anda sebelum menjalankan bisnis sewa kamar ini.

  1. Bisnis Jasa Pembayaran

Bagi Anda yang memiliki kartu kredit, dapat membantu teman-teman yang ingin melakukan pembayaran online streaming musik dan video, ataupun membership di situs luar negeri.

Untuk tarif bayarnya Anda dapat menetapkan berapa persen dari biaya yang mereka bayar. Anda tidak harus menetapkan tarif bayar yang kemahalan, namun juga jangan kemurahan.

  1. Bisnis Les Privat

Menjual keahlian dengan cara mengajarinya kepada orang lain ternyata dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Jika Anda memiliki kemampuan dalam bidang tertentu, seperti bermain gitar, membuat website, desain, bahasa asing, dan komputer, Anda dapat memberikan les privat di rumah Anda.

Les privat merupakan salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan. Anda hanya membutuhkan modal sebesar Rp. 1 jutaan, untuk membeli perlengkapan les, seperti papan tulis, spidol, penghapus, dan modul belajar. Anda dapat membuka les privat untuk pelajaran sekolah dan juga bahasa asing.

Yang penting, Anda menggunakan sistem siswa datang ke rumah Anda untuk mengikuti les.  Dari sisi operasional, usaha ini cukup menguntungkan, karena Anda hanya menunggu siswa di rumah, dan tidak perlu datang untuk mengajarkan les di rumah siswa. Anda juga bisa menjalankan bisnis les privat secara online melalui internet.

  1. Bisnis Laundry Sepatu

Laundry baju memang lumayan mahal, akan tetapi berbeda dengan laundry sepatu yang lebih murah. Belakangan ini muncul tren sneakers mahal yang lagi booming, dan tidak sedikit anak gaul yang memakainya dan terlalu sayang sama sepatunya. Itulah sebabnya mereka memilih laundry sepatu agar barang kesayangannya tetap awet.

Bisnis laundry sepatu bisa Anda mulai dengan modal Rp 2 jutaan untuk membeli produk pembersih sepatu. Ada banyak kisah sukses dari pebisnis yang melakukan usaha di bidang yang satu ini, seperti My Shoes.

Mengingat teknologi yang sudah canggih, jadi Anda tidak perlu khawatir soal pengiriman, karena Anda dapat mengirimkannya melalui Gosend ataupun Grab Express.

  1. Bisnis Cuci Steam Motor

Ada banyak orang yang malas mencuci motornya sendiri. Hal ini dapat Anda jadikan sebagai peluang bisnis rumahan yang sangat menguntungkan, yaitu jasa mencuci motor steam.

Anda hanya perlu membeli peralatan cuci, seperti mesin, sabun, busa, dan masih banyak lainnya. Modal untuk membuka usaha ini kurang lebih Rp 3 juta.

  1. Bisnis Warung Kopi

Untuk membangun kedai kopi kekinian memang membutuhkan modal yang besar. Namun, untuk warung kopi, Anda hanya membutuhkan modal Rp 3 jutaan.

Anda bisa membuka warung kopi di teras rumah, sehingga tak perlu ada biaya sewa tempat. Usaha ini begitu menjanjikan, pasalnya kebanyakan orang sangat suka nongkrong.

  1. Bisnis di Industri Kreatif

Bisnis kekinian yang sedang populer adalah di bidang industri kreatif, baik menjual produk kreatif maupun jasa.

Beberapa contoh bisnis di bidang industri kreatif, seperti daur ulang barang bekas, kerajinan tangan, bisnis game, sinematografi, fesyen, musik, seni pertunjukan, dan lain sebagainya. Cukup berpikir out of the box untuk menghasilkan karya terunik.

  1. Waralaba atau Franchise

Jika Anda masih bingung dan tidak punya ide untuk memulai bisnis, Anda dapat menjajal bisnis franchise. Anda harus membeli lisensinya terlebih dahulu, untuk bisa menjadi mitra dari franchise.

Anda hanya perlu menyetor uang sesuai dengan harga paket yang ditentukan, maka Anda akan langsung bisa berjualan menggunakan merek franchise tersebut.

Untuk bahan dan perlengkapannya, hingga spanduk akan disediakan oleh pihak franchise. Yang perlu Anda lakukan, hanya menyiapkan lapak untuk jualan.

Beberapa contoh bisnis franchise, seperti Kebab Baba Rafi, Sabana Fried Chicken, JNE, Alfamart, Indomaret, ataupun franchise minuman bubble, dan lain sebagainya.

Dalam sistem waralaba, Anda sebagai mitra harus mematuhi dan mengikuti peraturan dan perjanjian yang berlaku.

Misalnya, Anda diwajibkan untuk membeli bahan baku di pihak waralaba, sehingga kualitas tetap terjamin. Jika Anda tidak mematuhi aturan tersebut, maka siap-siap lisensi yang sudah Anda beli akan dicabut kembali.

  1. Toko Kelontong

Bisnis yang paling mudah dilakukan adalah membuka usaha toko kelontong. Selain tidak perlu lokasi khusus, karena Anda dapat membukanya di depan rumah, peluang usaha ini juga cukup menjanjikan.

Mengingat setiap orang pasti membeli beras, gula, kopi, minyak goreng, dan tabung gas, juga isi ulang air minum, dan lain sebagainya.

Tidak hanya menguntungkan Anda, bisnis toko kelontong depan rumah juga menguntungkan bagi konsumen. Para tetangga tidak perlu pergi jauh-jauh untuk membeli keperluan dapur ke pasar ataupun minimarket. Mereka hanya perlu berjalan kaki sebentar ke toko Anda dan dapat membeli semua barang yang mereka perlukan.

Untuk memenuhi barang yang Anda jual, Anda bisa datang ke distributor atau agen besar yang ada di area Anda.

Dapatkan distributor yang menawarkan barang dengan harga termurah, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan. Lalu beli barang dalam jumlah banyak alias grosir agar harganya menjadi jauh lebih murah.

  1. Bisnis dari Hobi

Jangan remehkan hobi atau membiarkannya terbengkalai. Ada kemungkinan dari hobi Anda bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Contohnya, hobi otomotif. Anda dapat membuka bengkel kendaraan, sewa kendaraan, cuci kendaraan, bahkan hingga jual beli kendaraan.

Sedangkan untuk Anda yang memiliki hobi menulis, Anda bisa menjadi penulis, baik content writer, penulis novel dan cerpen, hingga blogger.

Untuk Anda yang memiliki hobi menjahit dan mendesain pakaian, Anda dapat membuka konveksi, jasa jahit, butik, dan sebagainya. Dengan demikian, Anda akan bekerja dengan riang gembira, karena melakukan hobi.

  1. Bisnis yang Sedang Tren

Jika Anda masih juga bingung ingin buka usaha apa, Anda bisa mencari bisnis-bisnis yang sedang tren saat ini. Anda bisa mencoba memulainya, dengan memodifikasinya, agar bisnis Anda tidak bersifat musiman saja, tetap dapat bertahan hingga jangka panjang, seperti mencoba bisnis kuliner ayam geprek tetapi dengan inovasi.

  1. Bisnis Mainan Anak-anak

Bisnis mainan anak-anak juga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Untuk memulai bisnis ini, Anda tidak membutuhkan modal yang besar, namun Anda akan mendapatkan untung yang lumayan, karena target pasar yang jelas.

Anda dapat menjual produk mainan anak-anak di lokasi yang berada dekat dengan sekolah dan tempat rekreasi.

  1. Bisnis Warung atau Toko Sembako

Bisnis warung atau toko sembako merupakan peluang usaha yang sangat potensial, karena pasti dibutuhkan oleh masyarakat. Akan tetapi, ada banyak sekali yang menjalakan bisnis ini.

Oleh karena itu, sebelum Anda memulai bisnis ini, sebaiknya Anda melihat terlebih dahulu tingkat persaingan yang ada, lokasi, dan juga modal yang Anda miliki.

Anda juga harus memperhatikan kelebihan dan kekurangan dalam menjalankan bisnis ini, karena tidak semua orang cocok untuk melakukannya.

Bisnis warung atau toko sembako juga membutuhkan perhatian yang serius, ketelitian, dan keberadaan pemilik usaha terus menerus di toko tersebut, kecuali Anda mendapatkan bantuan untuk melayani konsumen.

  1. Bisnis Jasa Desain, Editing

Peluang usaha ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki keterampilan dalam mengolah gambar. Anda harus memiliki kemampuan dalam menggunakan salah satu software editing foto yang gratis, seperti GIMP.

Jangan gunakan yang berbayar tetapi Anda justru membajak, seperti Photoshop, karena ini illegal dan tentu rezeki yang didapat menjadi tidak halal.

Untuk membuka usaha di bidang desain dan percetakan, Anda tidak harus memiliki modal yang besar. Anda bisa memulai bisnis ini tanpa modal materil dengan cara menjual jasa Anda dengan memanfaatkan layanan dari beberapa situs pekerja lepas, seperti Ciptaloka.com, Sribu.com, Projects.co.id, dan lain sebagainya.

  1. Menjadi Penulis Lepas

Saat ini ada banyak orang yang menjadi freelancer dan menjalani profesi sebagai penulis lepas, baik untuk menulis artikel dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Untuk artikel dalam bahas inggris, biasanya tarif yang diberikan lebih mahal dibandingkan dengan artikel dalam bahasa Indonesia.

Ada beberapa tempat yang dapat Anda jelajahi untuk mendapatkan job dari orang yang sedang mencari penulis untuk artikelnya.

Contohnya, Projects.co.id, Sribulancer.com, Ads.id, dan masih banyak lagi. Banyak orang memilih untuk menjadi penulis lepas, karena dapat bekerja dengan waktu yang fleksibel.

Biasanya blog atau website yang sudah memiliki banyak pengunjung atau pembaca, membutuhkan tenaga penulis artikel untuk memperbarui konten di blog atau website-nya.

Semakin banyak konten yang dipublikasikan, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan trafik dalam jumlah yang besar.

Itulah sebabnya, ada banyak penulis lepas yang dicari oleh para pemilik blog atau website. Akan tetapi, Anda harus selektif untuk mendaftar sebagai penulis lepas, karena ada juga pemilik blog atau website yang hanya mau membayar penulis dengan harga yang sangat rendah.

Tarif yang rendah ini membuat para penulis artikel tidak bersemangat untuk menciptakan konten yang bagus.

Tentukanlah tarif yang Anda inginkan sejak awal memutuskan untuk bekerja sama dengan pemilik blog atau website dan sesuaikan dengan tingkat kesulitan topik konten dan kualitas konten yang Anda tulis.

Membuka usaha pastinya membutuhkan dana, baik kecil maupun besar. Jika Anda memiliki dana yang cukup, maka Anda bisa memulai bisnis, tetapi jika kurang, maka Anda dapat memanfaatkan fasilitas kredit dari perbankan atau dengan mengajukan pinjaman di marketplace produk keuangan. Tetapi ini tidak disarankan, jangan buka pintu hutang.

Anda juga bisa mengajukan proposal di lomba-lomba yang memberikan dana hibah untuk perintisan usaha dan atau pengembangan usaha, seperti lomba yang diadakan oleh Kemenristekdikti, yaitu CPPBT dan PPBT. Dana yang diperoleh pun tidak main-main, karena dapat mencapai ratusan juta rupiah.

Sebenarnya, masih banyak peluang usaha yang menjanjikan dengan modal kecil dengan penghasilan yang lumayan. Namun, semua informasi di atas diharapkan mampu membantu Anda untuk menentukan usaha yang cocok. Dan satu hal lagi, semangat, ketekunan, dan kerja keras adalah kunci keberhasilan suatu usaha. Jadi teruslah berjuang dan harus berani keluar dari zona nyaman.

Baca Juga :