Usaha Showroom Jual Beli Mobil Bekas Murah, Bisnis Otomotif Yang Menjanjikan

1
2680

Usaha Showroom Jual Beli Mobil Bekas Murah, Bisnis Otomotif Yang Menjanjikan
Usaha Showroom Jual Beli Mobil Bekas Murah, Bisnis Otomotif Yang Menjanjikan

Bisnis di dalam dunia otomotif showroom jual beli mobil bekas murah memang bisa menjadi salah satu jalan jitu dalam menghasilkan pundi uang. Dunia otomotif tak ubahnya dengan dunia IT yang sangat dinamis dan terus berkembang. Setiap saat selalu muncul model baru dan mendorong konsumen berganti-ganti kepemilikan setiap waktu.

Artikel yang lainya : jual beli mobil bekas

Itu sebabnya usaha showroom jual beli mobil bekas murah selalu layak menjadi usaha potensial. Usaha ini bekerja dengan menampung kebutuhan pasar yang ingin menjual cepat kendaraan lama mereka dan cepat pula mendapatkan yang lebih baru. Juga mengakomodasi kebutuhan konsumen untuk mendapatkan kendaraan lebih baru dengan harga miring.

Tentu saja bukan sebuah mobil bekas bisa Anda dapatkan dengan harga lebih murah dibandingkan membeli mobil baru dari merek yang sama. Trend yang terus berubah mendorong konsumen dengan kemampuan ekonomi matang sering bergonta ganti mobil bahkan dalam 1 – 2 tahun sekali. Jadi Anda bisa saja menemukan mobil yang rilis baru 1 tahun lalu di bursa mobil bekas.

Hanya saja untuk menjalankan usaha showroom jual beli mobil bekas murah ini, Anda perlu memiliki kemahiran khusus, terutama dalam bidang otomotif. Tidak hanya soal mesin, tetapi juga soal trend kendaraan dan kecenderungan di pasar. Malah sebaiknya pemilik usaha macam ini juga memiliki relasi yang cukup dalam dunia otomoti untuk mendukung usahanya.

Itu pula sebabnya, tidak banyak orang yang tertarik menjalankan bisnis satu ini meski dari sisi margin, keuntungannya lumayan besar. Konon dalam penjualan satu unit, Anda bisa mengantongi untung natara 5 – 20 juta. Bayangkan bila Anda menjual 5 atau 10 unit mobil dalam 1 bulan.

Kalau Anda merasa setidaknya memiliki modal di atas 500 juta, dengan kemampuan dalam memahami otomotif yang cukup, ide usaha showroom jual beli mobil bekas murah ini bisa menjadi ide potensial untuk Anda. Anda bisa memulainya dengan mengacu beberapa tips berikut.

  1. Pastikan Anda memiliki ruang pamer yang strategis
    Posisi Showroom memang harus sangat strategis, di pinggir jalan besar yang ramai, di kawasan dekat perumahan kelas menengah atau kawasan perkantoran. Karena dengan cara ini Anda bisa memikat mereka yang sekedar lewat di depan showroom untuk singgah dengan penataan showroom Anda. Pastikan ruang pamer Anda cukup luas untuk ruang pamer mobil dengan penerangan yang baik dan ruang yang pamer yang bersih dan modern. Showroom yang lusuh akan memberikan citra kurang profesional.
  2. Pastikan mendapatkan produk dari tangan pertama
    Hindari membeli mobil dengan perantara karena keuntungan Anda tidak akan maksimal. Untuk itu, lakukan promosi pembelian mobil via koran, media sosial dan media penjualan online demi mendapatkan penjualan langsung. Pastikan Anda sudah memeriksa seluruh kelengkapan dan kondisi mobil dengan baik sebelum dealing, seperti masalah surat menyurat, kondisi mesin dan kelengkapannya hingga masalah fisik interior eksterior mobil. Pastikan pula Anda memahami perkiraan biaya reparasi dan restorasi yang diperlukan sebelum Anda menentukan harga beli. Jangan sampai harga jualnya nanti justru sama atau dibawah total harga beli dan biaya perbaikannya.
  3. Jalin kerjasama dengan jaringan otomotif
    Anda perlu menjalin hubungan yang baik dengan penyedia sparepart murah, bengkel hingga club-club mobil. Karena dari sini Anda mendapatkan kemudahan ketika Anda butuh perbaikan dan restorasi juga memudahkan Anda mendapatkan kendaraan bekas berkualitas dari tangan pertama sekaligus memudahkan penjualan.
  4. Kenali trend dan arah pasar
    Selalu berhaluan pada trend ketika Anda melakukan restock mobil bekas, pastikan setiap mobil yang Anda beli memiliki peluang besar untuk laku dengan cepat atau modal Anda akan mandek pada stok terlalu lama.
  5. Lakukan promosi rutin
    Manfaatkan kembali media koran, media sosial dan media penjualan online sebagai sarana penawaran stok mobil Anda. Cara ini sangat efekti mendatangkan konsumen, meski kadang kebanyakan dari mereka berawal dari sekedar mencari tau harga terbaru mobil bekas di pasaran.
  6. Kerjasama dengan pihak finance
    Bila Anda menjalin kerjasama dengan perusahaan pembiayaan, maka Anda bisa meluaskan pasar Anda pada konsumen yang bermodal kecil namun tertarik membeli mobil bekas. Tidak banyak usaha show room mobil bekas yang menyediakan sarana ini.

Itulah beberapa tips dalam menjalankan usaha showroom jual beli mobil bekas murah yang akan memandu Anda untuk memulai usaha ini dengan mulus. Siap menjadi juragan mobil bekas? -Tim Siap Bisnis-

1 COMMENT

  1. Bisnis jual beli mobil masih sangat menguntungkan seiiring meningkatnya gaya hidup masyarakat yang suka gonta ganti mobil.
    Setiap peluang berpotensi menghasilkn uang..

    #Langkah cerdas memulai bisnis showroom mobil dengan modal minim bahkan tanpa modal.. bisa meluncur ke http://www.formulabisnismobil.com/?id=dopamotor

LEAVE A REPLY