Trik Mempromosikan Restoran Via Instagram

Baca Juga :

Trik Mempromosikan Restoran – Aplikasi Instagram merupakan aplikasi media sosial yang kini tengah naik daun dan masuk ke dalam jajaran top media sosial seperti Facebook. Dapat dipastikan sebagian besar orang di muka bumi ini telah mendaftarkan diri di aplikasi Instagram sebagai pengguna dan pemilik akun, terutama kalangan Milenial.

Trik Mempromosikan Restoran Via Instagram

Bukan tanpa alasan, aplikasi Instagram ini sendiri merupakan salah satu aplikasi yang dapat dikatakan cukup komplit dimana semua dapat membagikan apa saja.

Mulai dari foto, vidio, story/cerita keseharian, bahkan kini hingga live video pun bisa. Maka dari itu tidak mengherankan bila sejak tiga tahun silam aplikasi Instagram tidak hanya sekedar menjadi tempat untuk share momen-momen, akan tetapi juga digunakan untuk mempromosikan produk-produk, termasuk oleh para pengusaha restoran.

Sebagai pengusaha, dengan adanya aplikasi Intagram tentu ini menjadi trik jitu yang dapat dimanfaatkan. Selain tidak berbayar alias gratis, aplikasi Instagram ini juga dilengkapi dengan adanya analytic tool pendukung yang membuat pemasaran menjadi lebih terkontrol.

Berikut ini merupakan trik dalam mempromosikan usaha restoran melalui aplikasi Instagram yang telah dilansir dari laman meeberpos.com:

1. Jangan Upload Foto Asal-asalan

Trik pertama yang harus dan wajib dilakukan yaitu menyediakan proper foto untuk feed di akun Instagram Anda. Hal ini bertujuan supaya foto-foto yang terpampang di akun bisnis Anda terlihat apik dan menarik.

Tentunya dengan tampilan foto-foto yang menarik ini akan membuat orang-orang tertarik, penasaran dan memfollow akun bisnis Anda serta kemungkinan besar akan mencari lokasi dan mengunjungi restoran Anda berada.

Namun perlu diingat jangan upload foto yang asal jepret dari ponsel bila ingin semakin banyak pengunjung yang datang ke restoran Anda. Anda dapat mencari seorang photographer atau membeli kamera sendiri.

2. Hashtag is a King

Hashtag (#) merupakan penanda terpenting di Instagram. Fungsi hastag ini tidak jauh berbeda dari keyword di kolom pencarian Google. Mencari foto atau pun video menjadi lebih mudah apabila kita menggunakan tanda hashtag.

Maka dari itu supaya restoran Anda lebih mudah ditemukan, Anda dapat menggunakan hashtag yang menarik namun mudah untuk ditemukan. Seperti menebak-nebak kata apa yang sekiranya digunakan oleh orang-orang agar mereka dapat sampai di laman Instagram Anda.

3. Cantumkan Lokasi Restoran di Tiap Foto

Usahakan untuk mencantumkan alamat atau lokasi restoran pada setiap konten yang diunggah di Instagram, karena ketika menggunakan hashtag orang-orang tidak hanya mampu mencari gambar/foto saja tetapi juga lokasi.

Pastinya ini memudahkan para pengguna twitter yang belum menjadi followers Anda untuk dapat menemukan akun bisnis Anda, lokasi resto, bahkan hingga review dari pengunjung langsung.

4. Buat Giveaway

Anda dapat menarik perhatian orang-orang dengan mengadakan kontes/kuis untuk mengunjungi laman Instagram Anda maupun datang langsung ke restoran. Terdapat berbagai macam cara, dapat dengan mencari like terbanyak, share terbanyak, maupun foto menu terbaik.

Pastikan hadiah atau imbalan yang Anda tawarkan itu menarik sehingga followers akan tertarik untuk ikut membagikan info tentang restoranmu. Contohnya dengan menawarkan paket menu bestseller secara gratis atau pun dapat juga berupa voucher potongan harga.

5. Instagram Advertising

Anda dapat mengubah profil akun Instagram Anda menjadi tampilan Instagram Ads. Supaya dapat menggunakan layanan ini pastikan Anda sudah mengubah akun dari Personal to Business.

Setelah itu Anda dapat menentukan tipe advertising apa yang sesuai, contohnya dengan foto atau video. Jangan lupa juga untuk cantumkan pula caption singkat, menarik, dan jelas. Untuk yang terakhir, pilihlah demografis user yang sesuai dengan target sasaran supaya tidak salah sasaran.

6. Analisa Data Statistik Secara Berkala

Berbicara mengenai marketing online adalah menyangkut semua data, apapun yang Anda lakukan, baik itu menggunakan atau tanpa advertising, semua dapat dihitung dan dianalisa kemudian.

Sejak terintegrasi dengan Facebook kini aplikasi Instagram sudah memiliki analytic tool yang menyediakan beragam rekaman data, mulai dari followers, impression, most likes, dan lain sebagainya.

Dengan begini Anda dapat mengetahui apakah cara marketing yang sudah digunakan berhasil atau tidak serta sebagai pandangan dan pertimbangan bagaimana langkah pemasaran selanjutnya supaya dapat meningkatkan penjualan restoran. Demikianlah artikel mengenai trik mempromosikan produk di Instagram. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca Juga :