Tips Cepat Kaya Walau Gaji Pas – Pasan

0
1508

Tips cepat kaya – Gaji pas-pasan bukanlah salah satu faktor penghambat agar dapat memiliki kekayaan lebih. Yang salah bukanlah jumlah gajinya, bisa jadi cara mengelolanya. Mungkin gaji yang didapat lebih tinggi dari orang lain, namun tetap saja dianggap kurang.

Anggapan seperti itu perlu diubah dengan tips cepat kaya walau gaji pas-pasan yang akan kami bagikan. Simak terus tips-tips mudah dan efektif ini untuk mewujudkan keinginan Anda menjadi orang kaya.

Sebelum masuk ke poin pertama pada tips cepat kaya dari gaji pas-pasan, coba bandingkan dulu tingkat pendapatan Anda dengan pendapatan orang terdekat yang gajinya dibawah gaji bulanan Anda.

Apakah mereka terlihat lebih terpenuhi kebutuhannya? Apakah mereka tidak pernah mengeluhkan kekurangan dan gaji minimnya? Mungkin mereka lebih pandai dalam mengelola gaji minim tersebut. Lalu bagaimana cara mengelola gaji yang baik?

Menabung di awal

Seorang pakar keuangan memberikan tips cepat kaya dengan menabung di awal. Menabung saat baru menerima gaji akan lebih efektif dibanding menabung di akhir bulan. Menabung di akhir bulan seringkali meleset dari planing awal, sehingga jumlah yang ditabung lebih kecil atau bahkan nol.

Orang akan mengeluarkan uang lebih banyak karena merasa masih ada uang yang bisa di gunakan, padahal itu uang yang akan ditabung sesuai planing yang ditetapkan.

Bagilah gaji ke pos-pos penting

Tips cepat kaya yang satu ini seringkali diabaikan para karyawan karena mereka berfikir kadang pengeluaran tidak dapat diprediksi. Solusinya, buat juga pos untuk pengeluaran lain-lain, sekitar 5 hingga 10 %. Pos untuk tabungan, minimal 10%.

Dan pos untuk konsumsi, transport, cicilan, rumah dll dapat dibagi sesuai dengan kebutuhan. Usahakan tidak menggunakan pos pengeluaran lain-lain jika tidak kepepet. Pos ini nantinya dapat digunakan untuk menambah tabungan.

Jangan berhutang

Jangan sekali-kali berhutang jika tidak terlalu perlu. Terutama jika hutang tersebut mematok bunga yang tinggi. Jumlah cicilan plus bunga hanya akan menambah beban keuangan. Boleh berhutang untuk barang produktif atau yang harganya akan selalu naik.

Nantinya barang ini akan mengembalikan modal melalui keuntungan atau disebut investasi. Barang produktif atau yang nilainya naik contohnya koin emas, deposito, reksadana dll.

Membuka pintu pendapatan lain

Pintu pengeluaran setiap orang tidak hanya satu, apalagi bagi yang sudah berumah tangga. Jika hanya mengandalkan gaji, berarti hanya punya satu pintu pemasukan. Seimbangkan dengan membuka pintu-pintu pendapatan yang lain.

Misal, kerja freelance yang tidak mengganggu pekerjaan utama, menyewakan kendaraan untuk ojek atau rental, menyewakan kamar, menjadi broker atau marketing freelance, reseller online atau dropship dan masih banyak lagi.

Memiliki bisnis sederhana

Tips cepat kaya dengan gaji pas-pasan berikut ini masih ada sangkutannya dengan tips di poin 4, yaitu membuka pintu pendapatan lain. Pintu pendapatan berikut ini berupa bisnis yang memerlukan modal.

Daripada dihamburkan, putar saja gaji bulanan menjadi bisnis yang menguntungkan. Misal, membeli franchise murah, membuka toko online yang dapat dikelola orang lain atau ikut menanam modal pada bisnis teman.

Celengan

Meskipun terkesan kuno, tapi tips cepat kaya berikut ini cukup efektif untuk mengatasi pengeluaran darurat. Masukan uang recehan ke celengan, dalam jenjang waktu tertentu jumlah celengan tersebut mungkin sudah cukup untuk membeli satu koin emas. Misal, menabung uang lima ribuan.

Setiap kali mendapat kembalian uang 5 ribuan, masukan saja ke celengan. Tidak harus setiap hari mengisi tabungan. Karena tujuannya untuk dana darurat, maka jangan digunakan jika tidak begitu perlu.

Baca Juga :

Selain menjalankan tips cepat kaya dengan gaji pas-pasan diatas, jangan lewatkan juga untuk proteksi atau asuransi. Baik asuransi kesehatan dan kecelakaan, rumah dan kendaraan atau pekerjaan.

Pilih proteksi yang dapat dicicil dan cukup murah. Proteksi ini akan sangat membantu saat keadaan darurat dan tidak terprediksi yang bersangkutan dengan biaya tiba-tiba terjadi.

Berniat untuk menjalankan tips cepat kaya diatas? Jika Anda pandai mengelola gaji dan terus menjalankan tips diatas, dapat dipastikan kekayaan akan menghampiri Anda. Salam sukses.

gaji kecil tapi kaya, cara menabung gaji pas pasan, gaji pas pasan, tips sukses karyawan gaji kecil, tips menabung dengan gaji pas-pasan
SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY