Peluang Usaha Yang Menguntungkan Dengan Ikan Lele Asap

Sajian ikan memang bisa dibuat dalam beragam pilihan, mulai dari abon, pepes, pindang dan kini ada pula ikan asap. Inilah ide yang kami angkat sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Karena persaingan yang relatif kecil, sehingga memudahkan Anda memiliki tingkat penjualan yang lebih memuaskan.

Bicara soal peluang usaha yang menguntungkan ikan lele asap, sebenarnya ikan asap bukan cara baru dalam mengolah ikan. Cara pengasapan sudah lama dikenal dalam dunia kuliner Nusantara sebagai salah satu cara untuk mengawetkan makanan selain dengan cara pengasinan.

Peluang Usaha Yang Menguntungkan Dengan Ikan Lele Asap

Hanya saja berbeda dengan pengasinan yang biasanya lebih cocok diterapkan pada ikan jenis produk laut, maka teknik pengasapan bisa Anda lakukan pada dua jenis ikan, baik itu jenis ikan laut maupun jenis ikan darat atau ikan tawar.

Dan salah satu inovasi dari jenis ikan asap adalah menjadikan ikan lele sebagai produk ikan asap. Selama ini tak banyak orang memanfaatkan lele sebagai produk ikan asap. Meski produksi berlimpah, kebanyakan orang memilih menyajikan ikan lele sebagai sajian goreng biasa bersama sambal.

Padahal ada satu masalah menarik yang memberi Anda alasan kuat menjadikan lele sebagai pilihan ikan asap. Ikan lele cenderung mudah besar, pada usia lebih dari 1 tahun ukurannya akan sangat besar mencapai panjang setidaknya 50 cm. Pada ukuran ini lele cenderung tak lagi sedap diolah sebagai hidangan gorengan atau mangut. Akhirnya kebanyakan lele besar dibuang begitu saja.

Daripada membuang percuma lele besar, ada baiknya lele besar ini diolah menjadi hidangan lain, seperti ide abon ikan lele pada waktu sebelumnya, kini kami menemukan inovasi lain yakni dengan membuatnya sebagai ikan asap.

Adalah Al Iskandariyah atau biasa dijuluki Piko yang menjajal ide peluang usaha yang menguntungkan ikan lele asap ini sebagai bisnis. Demi mewujudkan peluang usaha yang menguntungkan ini, Piko sampai rela melepas pekerjaanya sebagai karyawan sebuah instansi pemerintahan. Pasalnya beliau yakin potensi dari bisnis lele asap ini sangat besar dan siap menghasilkan pundi uang lebih baik dari sekedar gajinya di kantor.

Bermodal 20 juta, Piko mulai usahanya dengan menyediakan lahan dan peralatan usaha. Peralatan penting yang harus Piko siapkan adalah oven pengering ukuran besar. Karena demi menyempurnakan pengeringan ikan, dibutuhkan proses pemasakan dengan oven . Menurutnya cara ini membantu meningkatkan daya tahan ikan lele beberapa kali lebih baik daripada sekedar mengandalkan matahari.

Berbeda dengan proses pembuatan ikan asin yang justru sangat mengandalkan proses pengeringan oleh sinar matahari, di sini proses pengeringan justru dianggap lebih efektif bila dilakukan dengan oven. Karena proses utama dari pengasapan bukan berada pada bagian pengeringan. Pengeringan hanya upaya menurunkan kadar air dari ikan lele segar.

Setelah kadar air ikan lele berkurang, ikan akan diasap pada tumpukan kayu bakar khusus dari jenis tanaman dengan buah manis. Sengaja di pilih jenis kayu dari tanaman buah manis untuk mendapatkan rasa ikan asap yang gurih dan tidak pahit. Biasanya dipilih kayu dari tanaman mangga atau rambutan.

Proses pengasapan ini membutuhkan waktu lama, karena ikan bukan dibakar, melainkan diasapkan perlahan selama kisaran 5 jam. Proses ini akan mematangkan ikan lele, membuatnya sedikit mengkerut dengan rasa dan aroma asap yang khas.

Baca juga: Modal Dan Biaya Bisnis Kue Rumahan Dengan Usaha Kue Cubit

Meski terbilang usaha yang baru dimulai, usaha ikan lele asap milik Piko ini sudah mencetak keuntungan hingga 40 juta tiap bulan. Sebuah pencapaian besar dari usaha rumahan kecil. Apa rahasia dari keberhasilan Piko dengan ikan lele asapnya?

  • Menjadikanya makanan signature
    Piko sengaja mempromosikan produk ikan lele asapnya sebagai makanan signature atau makanan khas dari kota asalnya Jambi. Ikan lele asap buatannya sengaja dijual di beberapa toko oleh-oleh di kota Jambi dan dipromosikan dalam beberapa kesempatan sebagai produk budaya daerah. Ini membuat produknya berkembang menjadi produk yang harus dibeli oleh pengnjung kota Jambi.
  • Pengemasan modern
    Kebanyakan orang ragu dengan produk buatan rumahan yang berkonsep produk khas. Demi menjawab kekhawatiran, Piko sengaja mengemas ikan lele asap dalam wadah dan kemasan modern dan higienis. Cara ini meyakinkan pasar produknya aman dan sehat. Apalagi cara ini juga semakin meningkatkan daya tahan ikan lele asap di dalam kemasan.

Ada banyak cara mencapai sukses, dan semoga ide Piko dengan mewujudkan peluang usaha yang menguntungkan satu ini sebagai sumber penghasilan utamanya bisa menjadi inspirasi bisnis bagi Anda.

Pencarian Terkait :

lele asap, pemasaran ikan asap, pasar lele asap, bisnis lele pepes, tantangan pembuatan lele asap, prospek bisnis perikanan di jambi, pemasaran lele asep, pemasaran lel, omset usaha lele asap, ikan lele asap, ikan lele as, contoh usaha rumahan terbuat dari asap, cara pemasaran membuat Lele asap, cara membuat ikan asap lele, bisnis rumah makan ikan asap