Pelajari Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Berikut Ini

0
280

laporan keuangan perusahaan jasa – Seberapa penting si sebuah laporan keuangan itu? Laporan keuangan bisa dikatakan penting dikarenakan laporan keuangan ini adalah dasar untuk bisa menentukan atau untuk menilai posisi keuangan sebuah perusahaan.

Informasi tentangposisi keuangan yang terbaca di dalam laporan keuangan ini, berguna untuk pihak-pihak yang berkepentingan dalam mengambil keputusan. 

Namun, Apakah fungsi dari laporan keuangan perusahaan jasa ini? Laporan keuangan itu pada dasarnya merupakan hasil dari proses akuntansi yang bisa digunakan sebagai sebuah alat untuk bisa berkomunikasi antara data keuangan maupun aktivitas dari suatu perusahaan dan juga pihak-pihak yang berkepentingan pada data atau aktivitas di perusahaan tersebut.

Biasanya, laporan keuangan perusahaan jasa terdiri dari neraca, laporan laba atau rugi, dan laporan dari perubahan modal. Laporan laba atau rugi adalah laporan yang menggambarkan hasil-hasil yang telah dicapai oleh sebuah perusahaan serta beban yang terjadi dalam periode tertentu.

Laporan dari perubahan modal adalah laporan yang menunjukkan sumber dan juga penggunaan modal sebuah perusahaan. Neraca adalah laporan keuangan yang menunjukkan atau menggambarkan jumlah aktiva, hutang, dan juga modal dari suatu perusahaan di tanggal tertentu. Tetapi, untuk praktiknya selain dari ketiga laporan tersebut sering juga ada laporan lain yang sifatnya untuk membantu untuk memperoleh penjelasan yang lebih lanjut.

Contoh dari laporan keuangan perusahaan jasa adalah laporan perubahan modal kerja, laporan perubahan laba kotor, laporan biaya SDM, dan laporan arus kas. Mengenai hal tersebut, pada bab ini akan dibahas mengenai laporan laba atau rugi, laporan perubahan modal, neraca, danjuga  laporan arus kas.

Laporan Laba rugi atau (income statement)

Laporan laba/rugi adalah laporan keuangan perusahaan jasa yang bertujuan untuk mempresentasikan pendapatan beban dan laba/rugi perusahaan pada suatu periode tertentu. Dari laporan laba/rugi ini bisa diketahui kinerja keuangan dari perusahaan.

Laporan perubahan modal atau akuitas

Perusahaan memerlukan sebuah laporan perubahan modal karena Laporan perubahan modal itu diperlukan untuk mengetahui tentang maju mundurnya perusahaan itu. Bila modal perusahaan bertambah di akhir tahun berarti ada kemajuan, begitu juga sebaliknya. Bila modal awal lebih besar dibanding modal akhir maka hal tersebut menunjukkan perusahaan itu mengalami kemunduran.

Baca juga :

Usaha Sampingan Mahasiswa Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan

Jadi, laporan keuangan perusahaan jasaperubahan modal ini bisa menceritakan perubahan yang terjadi di modal (ekuitas) pemilik perusahaan tersebut. Modal bisa saja mengalami perubahan bertambah atau berkurang, perubahan tersebut disebabkan oleh hasil operasi perusahaan pada suatu periode tertentu.

Balance sheet atau neraca

Setelah kita membaca mengenaiadanya laporan laba rugi danlaporan perubahan modal, sebaiknya kita pelajari juga cara membuat neraca. Untuk mengingat kembali,  Neraca adalah laporan keuangan perusahaan jasa yang memberikan informasi tentang posisi keuangan perusahaan di tanggal tertentu. Neraca ini bisa disajikan dalam bentuk scontro atau staffel. Neraca bentuk scontro, modal pemiliknya diambil dari laporan perubahan modal. Kemudian laporan perubahan modal itu dibuat berdasar laporan laba/rugi.

Laporan arus kas atau cash flow statement

Laporan arus kas ialah laporan yang menunjukkan tentang perubahan kas dalam satu periode akuntansi. Apa saja si yang ada dalam laporan kas ini? Laporan kas sendiri memuat sumber perolehan kas serta pos-pos pengeluaran kas. Jadi, berdasar laporan arus kas bisa diketahui sumber dan juga penggunaan kas.Salah satu hal pokok laporan keuangan perusahaan jasa ialah laporan perubahan dari posisi keuangan; atau disebut dengan laporan sumber danpenggunaan dana. Laporan mengenai perubahan posisi keuangan bisa disajikan dalam bentuk laporan arus yang berisi laporan sumber dan penggunaan kas atau bisa dalam bentuk laporan sumber dan juga penggunaan modal kerja.

Laba bersih yang didapatkan perusahaan adalah sumber dana pada perusahaan perseorangan yang diperlakukan sebagai penambah modal pemilik. Dan, pengambilan prive pemilik dianggap sebagai pengurang modal. Dengan demikian sebuah perubahan besarnya modal yang tampak pada neraca ialah akibat adanya laba atau rugi dan juga pengambilan prive pemilik, jadi harus diinformasikan jadi sumber kas yang asalnya dari laba bersih dan juga penggunaan kas untuk kerugian dan juga pengambilan prive. Sekian laporan keuangan perusahaan jasa yang mesti kamu tahu.

SHARE
Founder sekaligus Content admin Siap Bisnis. Tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing sejak beberapa tahun yang lalu, salah satu visi blogging nya adalah selalu berusaha membuat artikel yang bermanfaat serta mudah untuk dipahami.

LEAVE A REPLY