Berapa Modal Buka Usaha Jualan Roti Bakar Pinggir Jalan?

Baca Juga :

Modal Buka Usaha Jualan Roti Bakar – Roti bakar adalah salah satu jajanan yang memiliki banyak penggemar di masyarakat Indonesia. Roti bakar bukan saja memiliki rasa yang lezat tetapi konsumen juga bisa memilih rasa apa yang disukainya. Hal inilah yang membuat roti bakar banyak disukai. Jika anda mencari ide bisnis modal kecil dan dengan potensi keuntungan yang besar, usaha jualan roti bakar bisa menjadi solusinya.

Berapakah modal untuk membuka usaha roti bakar? Untuk membuka usaha roti bakar skala menengah anda perlu menyediakan modal awal sebesar Rp 15.500.000. Modal awal digunakan untuk menyewa dan renovasi tempat Rp 4.000.000, membeli etalase Rp 2,000.000, peralatan pembakaran Rp 1,000.000 dan lain lain.

Modal Buka Usaha Jualan Roti Bakar

Berapa modal usaha jualan roti bakar?

Jualan roti bakar merupakan bisnis kuliner yang memiliki prospek cerah. Hal ini disebabkan karena minat masyarakat yang begitu tinggi terhadap roti bakar, terutama yang berkualitas. Kebanyakan roti bakar masih di jual dengan alakadarnya seperti di gerobak pinggir jalan misalnya. Jarang sekali roti bakar yang di jual dengan konsep modern kekinian.

Usaha roti bakar adalah merupakan peluang usaha yang menjanjikan bagi anda yang ingin mendapatkan income harian. Untuk membuka usaha roti bakar, anda membutuhkan modal awal untuk membeli berbagai macam barang seperti di bawah ini:

Yang anda butuhkanHargaTotal
Sewa dan renovasi tempat per 6 bulanRp 4.000.000 
Etalase ukuran sedangRp 2.000.000 
Kompor, tabung LPG dan peralatan memasak lainnyaRp 1.000.000 
Alat pembakaran dari aluminium anti lengketRp 1.000.000 
Perlengkapan memasak seperti panci, pengaduk adonan dllRp 500.000 
Total Rp 8.500.000

Modal awal juga harus digunakan untuk memenuhi biaya operasional selama sebulan yang mencakup:

  • Belanja bahan baku dalam sebulan Rp 5.000.000
  • Biaya untuk air listrik dan gas LPG Rp 500.000
  • Dana cadangan untuk biaya tak terduga lainnya Rp 500.000
  • Gaji karyawan Rp 1.000.000
  • Total biaya bulanan Rp 7.000.000

Dimanakah lokasi membuka usaha jualan roti bakar?

Menjual roti bakar tidaklah susah karena ada banyak orang yang menyukai dan membeli roti bakar untuk dimakan sendiri maupun untuk hidangan tamu. Untuk membuka usaha roti bakar sebenarnya bisa dilakukan dimana saja asalkan konsumen bisa dengan mudah datang dan membeli roti bakar anda.

Namun bila anda ingin jualan roti bakar secara serius, carilah tempat jualan yang strategis. Lokasi jualan roti bakar paling strategis adalah di pinggir jalan raya, di sebuah pertokoan, dekat mall dan di pusat keramain. Orang yang berada di lokasi-lokasi tersebut kemungkinan besar akan membeli roti bakar untuk di bawa pulang.

Sama seperti membuka usaha kuliner lainnya, penjual roti bakar juga harus selalu memperhatikan kepuasan konsumen. Konsumen biasanya akan puas bila roti bakar yang dibelinya terasa enak dan lezat. Kualitas roti bakar yang anda jual harus lebih baik dari para pesaing yang ada di sekitar anda.

Improvisasi selalu dibutuhkan dalam setiap usaha kuliner. Demikian halnya dengan usaha roti bakar anda. Agar konsumen tidak merasa bosan, perkenalkan varian roti bakar baru yang belum pernah anda jual sebelumnya. Anda juga bisa menggabungkan bisnis anda dengan jualan jajanan lain seperti martabak mini, martabak telur, tahu sumedang dll.

Roti bakar merupakan salah satu hidangan yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Dengan menjalankan usaha roti bakar, anda bisa mendapatkan pemasukan rutin setiap hari.

Baca Juga :